Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Mendowload Dan Menyimpan File Data Dari SimDa Keuangan 2022.

Nissamaheswary.com - Sebenarnya cara mendownload dan menyimpan file dari SimDa Keuangan itu sama saja Anda mengekspor file data data baik berupa file Ms. Excel, PDF, Word dan jenis format file lainnya.

Dan tentunya cara mendownload dan mengekspornya jugadilakukan secara online, baik menggunakan kuota data internet dari Wi-Fi, Hotspot dari HP maupun berupa sambungan jaringan lainnya.

Sebelum mengulas tutorial cara mendownload ataupun ekspor file data dari SimDa Keuangan, di sini akan menjelaskan secara singkat padat dan jelas definisi atau arti dari SimDa Keuangan.

SimDa Keuangan adalah sebuah aplikasi untuk menginput data untuk pembayaran gaji, baik gaji pegawai negeri sipil atau honor-honor lainnya baik untuk pegawai negeri itu sendiri atau untuk tenaga honorer pada instansi pemerintah baik mulai dari pemerintah daerah sampai pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Selain untuk penginputan data untuk pembuatan atau pengajuan gaji dan honor, SimDa Keuangan juga dipakai untuk input data pembuatan SPJ atau Surat Pertanggung Jawaban untuk belanja operasional. Yang mana penggunaan aplikasi SimDa Keuangan itu dilakukan secara online.

Sangat berbeda sekali sebelum ada aplikasi SimDa ini di kembangkan atau digunakan, Sebelumnya dalam pembuatan atau input data gaji ataupun Honor dan juga pembuatan surat pertanggungjawaban untuk belanja operasional dan bukan secara manual dan ini tentunya tidak secara otomatis maupun secara tersistem.

Sehingga dalam penggunaan input data untuk penggajian serta pembuatan SPJ jika dilakukan secara manual maka tidak menutup kemungkinan akan kurangnya Validasi, Kurang efisien, Terlalu banyaknya waktu untuk mengoreksi seperti penjumlahan serta potongan-potongan dan beberapa koreksi lainnya yang perlu dilakukan.

Sehingga dengan demikian jika dilakukan secara manual maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama berbeda sekali dan menggunakan alat atau aplikasi yaitu SimDa Keuangan. Yang mana dalam pembuatan data Tagihan, Kontrak, SPP, SPM dan lain-lainnya yang mana pembuatanya mudah dilakukan karena sudah tersedia dengan menu-menu yang tersitem dan ter struktur.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Kembali Ke Nomor Satu Lagi Di Excel.

Cara Mendownload atau Mencetak Laporan di SimDa Keuangan.

Tidak hanya digunakan untuk penginputan data gaji honor dan pembuatan surat pertanggungjawaban, tetapi dengan aplikasi SimDa Keuangan sangat memudahkan Apabila kita ingin mencetak laporan.

Dalam mencetak laporan juga kita bisa mengambil laporan per jenis belanja seperti belanja langsung belanja tidak langsung dan juga kita bisa memfilter jenis laporan berdasarkan bulan dan berbagai jenis laporan secara terperinci ataupun detail.

Intinya aplikasi SimDa Keuangan Adalah suatu alat atau aplikasi yang digunakan untuk mempermudah, menyusun, perencanaan dan pembuatan gaji, honor serta pembuatan Surat pertanggungjawaban untuk belanja operasional.

Tips cara cara mendownload atau mengekspor file data dari SimDa Keuangan benar-benar berhasil dengan durasi yang sangat cepat dan tanpa gangguan aplikasi SimDa Keuangan yang sedang trouble atau permasalahan lainnya.


A. Langkah Pertama.

Langkah pertama yang harus diperhatikan dan Anda lakukan adalah:

Sebelum cara mendownload file data dari aplikasi SimDa Keuangan dan bagaimana cara menyimpannya, dengan dilakukan secara online, maka Anda harus memperhatikan kestabilitas jaringan kuota internet data yang Anda pakai.

Disini maksudnya, keberadaan jaringan internet kuota data yang sedang digunakan harus benar-benar bagus dan tidak mengalami seperti jaringan internet yang lelet, lemot, gangguan terputus-putus ataupun sejenis problem lainnya, yang intinya jaringan koneksi internet di laptop atau PC komputer harus bagus.

B. Langkah Kedua.

Setelah memperhatikan dengan cara melihat pengecekan stabilitas jaringan internet di laptop atau PC Komputer Anda benar-benar stabil atau bagus, sekarang tutorial cara mendownload dan menyimpannya file data dari aplikasi SimDa Keuangan 2022 dengan cara sebagai berikut:

Contoh di sini akan mendownload file data laporan rincian Surat Pertanggungjawaban atau SPJ.
  1. Silahkan buka laporan riancian SP di SimDa Keuangan Anda.
  2. Buka laporan Rincian SPJ klik Preview  Lanjutnya silahkan klik icon Export Report pada tampilan kiri atas  Lanjutnya pilih jenis file format yang akan Anda download → Lanjut tekan OK.
  3. Pada tampilan Ekspor option → Pilih AllOK.
  4. Lanjut pada Choose export file silakan kasih filename data yang mau didownload dan disimpan → Lanjut tekan SAVE.
  5. Selanjutnya klik tampilan tanda panah di tengah atas → From server to PC.
  6. Selanjutnya pada tampilan File Download → cari nama filename data tadi seperti pada poin no 4 diatas → Lanjut letakan kursor mouse ke filename data dan tekan OPEN atau langsung bisa klik Double Klik di filename data tadi.
Cara Mendowload File data di SimDa Keuangan

Cara Mendowload Dan Menyimpan File Data di SimDa Keuangan

Cara Mendowload Dan Menyimpan File Data di SimDa Keuangan

Setelah double klik pada filename data tadi, maka secara otomatis langsung ter download dan tersimpan di laptop atau PC komputer Anda (lihat hasil download di tampilan kiri bawah layar windows Anda).


Berikut tampilan di bawah ini adalah hasil download Data dari SimDa Keuangan berupa file format PDF.

Cara Mendowload Dan Menyimpan File Data di SimDa Keuangan

Jika Anda ingin mendownload dan menyimpan file data dari SimDa Keuangan berupa file berformat Microsoft Excel, MS Word dan beberapa jenis format lainnya, cara Langkah-langkahnya sama seperti pada penjelasan uraian di uraian di atas.

Perlu diperhatikan lagi sebenernya cara mendownload dan menyimpan file data dari SimDa Keuangan sama saja mengekspor laporan dari SimDa Keuangan ke Excel, PDF Word atau jenis format lainnya.

Nah inilah hasil download data dari SimDa Keuangan lebih kenal dengan nama data softcopy, dimana dengan data softcopy inilah kita akan mudah mengedit mendesain tampilan untuk membuat berkas pengajuan juga di Ms Word, untuk lebih jelasnya Anda juga bisa menonton video tutorial Di Sini. Semoga dapat membantu!