Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaturan Penomoran Halaman di Microsoft Word: Memulai dari Nomor yang Ditentukan.

Nissamaheswary.com - Dalam memberi penomoran halaman atau Page Number di Ms Word, ada kalanya Anda pernah menemukan permasalahan seperti kesalahan nomor, pengurutan nomor dan beberapa masalahan lainnya dalam penomoran halaman di Ms Word.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan jelas dan mudah tentang pengaturan penomoran halaman di Microsoft Word mulai dari nomor yang ditentukan. Dengan kata lain kita ingin setting penomoran halaman di Ms Word mulai dari penomoran lanjutannya.

Cara mudah membuat atau seting Penomoran Halam atau Page Number di Ms Word dari mulai nomor yang ingin kita tentukan, disini sebagai contoh:

I. Ketika Anda sudah print out halaman penomoran yang sudah dibuat sebelumnya yaitu dari nomor 01 sampai dengan 50, tetapi jumlah total halaman 70 halaman atau lembar.

II. Dengan jumlah 70 lembar halaman berarti yang belum di keluarkan atau print 20 halaman. Dengan alasan lainnya:

  • Karena Anda sudah membuat Daftar Isi sebelumnya dan berjumlah halaman sampai penomoran 70 halaman.
  • Karena halaman mulai dari 51 sampai nomor 70 hilang, kehapus atau permasalahan lainnya?

III. Selanjutnya bagaimana jika kita membuat dokumen baru lagi dan memberi penomoran halaman dimulai dari nomor yang ingin kita tentukan atau kita lanjutkan yaitu  mulai dari 51 sampai dengan 70 ?,  

Ok langsung saja, untuk mengatur penomoran halaman di Microsoft Word dari nomor yang ditentukan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan buka dokumen Word yang ingin Anda atur penomoran halamannya.

2. Lanjut pada bagian bawah halaman atau Footer silahkan klik 2 kali atau double klik.

3. Lanjut silahkan atur penomoran ke center atau bagian tengah/bisa bagian kiri dan kanan bawah (bisa menyesuaikan).

4. Lanjut arah kursor mouse ke kiri atas dan pilih Page Number → Lanjut pilih Bottom of Page dan pilih Simple (Plain Number 1) → Maka secara otomatis nomor akan tampil mulai dari 1 (satu).

5. Langkah selanjutnya silahkan blok bagian nomor satu tadi → Lanjut klik kanan dan pilih Format Page Numbers. Jika tidak muncul Format Page Number, silahkan arahkan Kursor Mouse ke kiri atas dan pilih Menu Bar Page Number → Lanjut pilih Format Page Number.

6. Setelah tampilan Format Page Number muncul, selanjutnya pada bagian kolom Start at: isikan Mulai Penomoran yang ingin Anda inginkan, contoh 51 dan pilih klik OK.

Untuk lebih jelasnya Andabisa melihat Tutorial dibawah ini: 

Pengaturan Penomoran Halaman di Microsoft Word: Memulai dari Nomor yang Ditentukan.

Selanjutnya, silahkan lihat dan cek nomor yang sudah Anda tentukan dengan mengaturnya sepertipada penjuelasan uraian diatas ini.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengatur penomoran halaman di Word mulai dari nomor yang ditentukan atau untuk meneruskan penomoran yang Anda inginkan. 

Selain itu Anda juga dapat mendesain letak posisi penomoran baik pada bagian paling kiri, tengan dan paling kanan tentunya semua itu terletak pada bagian bawah di setiap halaman atau Footer.

Kesimpulan:

Dengan memberi dan mengatur penomoran halaman di Microsoft Word dapat menjadi hal yang berguna dalam mengatur dokumen dengan baik baik dari segi tampilan dan kemudahan untuk melihat jumlah serta letak posisi halaman. 

Semoga dengan penjelasan artikel diatas, dapat membantu Anda dalam mengatur penomoran halaman di Word terkhusus untuk Anda ingin meneruskan sebuah penomoran dengan memulai penomoran yang Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Dengan menggunakan fitur penomoran halaman di Word, Anda dapat memastikan bahwa dokumen Anda memiliki penomoran yang konsisten dan profesional. Semoga membantu!