Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Input Data Bulan Imunisasi Nasional 2022, BIAN 2022 Versi Terbaru.

Nissamaheswary.com - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apa kabar Saudariku terutama sebagai profesi seorang Bidan di seluruh Indonesia, semoga tidak lama lagi Anda sebagai bidan non PNS akan segera diangkat dan tentunya akan menjadi ASN atau PNS atau kalau tidak sebagai P3K. Aminnn Ya Robbal Alaminn.

Input Data Bulan Imunisasi Nasional 2022
cara input data BIAN 2022  versi terbaru.


Seperti yang diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, selama penerapan, pencanangan dan penerapan atau berjalannya Bulan imunisasi Anak Nasional 2022 (BIAN) diharapkan segera mungkin semua orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin. 

Ini semua harus dilakukan dan wajib tentunya bagi orang tua untuk balita atau anak-anaknya untuk mengikuti imunisasi, jenis vaksin imunisasi yang akan diterima seperti : Campak Rubella,IPV, OPV, DPT-HB-Hib. Dimana upaya ini untuk membackup serta menggenjot cakupan sasaran imunisasi yang dilakukan rutin untuk anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

Anda sebagai NaKes atau Tenaga Kesehatan sekaligus sebagai admin user ataupun operator untuk input data BIAN 2022 masih bingung bagaimana cara input data Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 di website https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id, oke silahkan ikuti tata caranya, dengan langkah-langkah berikut ini:

I. Langkah Pertama.

1. Pertama silahkan masukkan nama pengguna dan kata sandi sesuai untuk login di daerah wilayah kerja daerah puskesmas masing-masing.

2. Langkah selanjutnya silahkan klik menu Tambahkan Anak di pojok kanan atas.

3. Selanjutnya tunggu proses loading hingga selesai proses loading cepat tergantung pengguna website di seluruh Indonesia dan jaringan kuota data Anda.

Sebagai Catatan:
Anda harus login dua kali, masukkan nama pengguna dan kata sandi, dalam pengertian dua kali memasukkan nama pengguna dan kata sandi, disini maksudnya:
 
- Bagian Pertama, Anda login dengan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke website https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id.

- Bagian Kedua, Anda login kembali dan menggunakan: 

  • Nama User atau Nama Pengguna,
  •  Nomor NIK Nomor
  •  HP ataupun Nomor WhatsApp. 

Untuk Bagian login Kedua, ini maksudnya Anda login di di akun website pada daerah-daerah kerja Anda masing-masing dan ini biasanya menggunakan akun yang sama oleh verifikator nya ataupun koordinator NaKes di Puskesmas atau Kantor Dinas Kesahatan oleh ketua yang membidangi Tenaga Kesehatan di daerah Anda masing-masing. 

B. Langkah Kedua.

Setelah langkah pertama Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi sudah selesai dilakukan, sekarang saatnya untuk menginputkan data yang dijadikan sebagai database di website https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id.

Adapun langkah-langkahnya cara input data BIAN 2022 atau Bulan Imunisasi Anak Nasional tahun 2022 di Website terbarunya dengan cara berikut:

1. Silahkan tekan tombol Tambah Anak pada pojok kanan atas beranda https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id.

2. Langkah selanjutnya isikan Data Identitas Anak pada kolom-kolom yang sudah disediakan, seperti masukan:

  • NIK Anak.
  • Nama Anak.
  • Jenis Kelamin.
  • Tahun, Bulan dan Tanggal Lahir Anak.
  • Tempat Lahir.

3. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan alamat domisili data anak yang sudah tertera di kartu keluarga. Silahkan isi alamat domisili pada kolom-kolom yang sudah disediakan seperti memasukan: 

  • Nama Povinsi.
  • Kabupaten.
  • Kecamatan.
  • Kelurahan/Desa 
  • Serta Alamat seperti menyertakan Jl, RT/RW dan sejenisnya. 
Sebagai Catatan! 
Data identitas anak berada diluar wilayah daerah Anda, Anda bisa memilih dan ceklis atau centang pada tombol domisili luar wilayah, Dengan memilih domisili luar wilayah berarti Anda bisa mengedit berdasarkan seluruh provinsi kabupaten kota kecamatan dan kelurahan atau desa.

Tetapi jika Anda memilih di luar domisili luar wilayah, mungkin dikarenakan Kartu Keluarga (KK) belum pindah tetapi sudah menempati di daerah Anda, maka Anda bisa menyesuaikan untuk input data untuk database BIAN 2022 tetap berdasarkan domisili tempat tinggal sekarang.

Karena untuk memudahkan sebagai operator atau koordinator tenaga kesehatannya untuk mendata ke rumah-rumah yang sesuai dengan alamat domisili nya bukan dari alaati Kartu Keluarga yang mungkin belum sempat dipindahkan.

4. Langkah selanjutnya Anda tinggal memasukkan NIK ibu dan Nama Ibu nya. Pada langkah keempat ini Perlu Diperhatikan Juga: Tidak semua di KK atau kartu keluarga merupakan ibu kandung dari si Anak yang akan di input untuk database BIAN 2022. 

Bisa disesuaikan NIK dan Nama ibu yang tertera di keluarga (KK) merupakan identitas ibu, mungkin merupakan ibu angkat atau anak tersebut sebagai sanak family lain atau anak angkat. Intinya masih ada hubungan dan tertera dalam satu keluarga (KK).

Harap cek terlebih dahulu pada langkah 1 sampai langkah 4 seperti di uraian di atas, harap teliti dan cek apakah NIK sudah benar sesuai dengan Nama Anak, atau jumlah NIK kurang atau lebih, begitu juga dengan NIK Ibu dan Nama Ibu.

5. Langkah selanjutnya pada Status Verifikasi , Silahkan pilih Diverifikasi.

Kemudian pada jenis: Imunisasi yang akan diterima → Pastikan memilih dengan mencentang dengan benar → Lanjut tekan tombol SIMPAN di bagian kanan bawah.

Jika tidak ada kesalahan, baik dari semua data Identitas Anak dan data Identitas Ibu sudah benar serta kolom-kolom lainnya sudah terisi dengan benar, begitu juga jika tidak ada trouble pada situs atau website https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id. serta jaringan kuota data internet Anda bagus maka input data BIAN 2022 akan berhasil.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Memasukan Atau Menambahkan Video Ke Word Dan Excel.

Untuk Lebih Jelasnya Anda Dapat Menonton Video Tutorial Cara Input Data BIAN 2022, Dibawah Ini:



Sedangkan Video Tutorial Input Data BIAN 2022 Dengan Versi Fitur Terbarunya Silahkan Tonton Videonya Dibawah Ini:


Oke demikianlah bagaimana cara input data ke database Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 (BIAN) di website https://sehatindonesiaku.kemkes.go.id dengan versi ataupun fitur terbarunya. Untuk Anda para NaKes atau Tenaga Kesehatan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat .Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.