Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut ini 17 Daftar Kode Rahasia Shortcut Keyboard di Windows yang Berguna Sekali dan Jarang Diketahui.

Kode Rahasia Shortcut Keyboard di Windows yang Berguna Sekali dan Jarang Diketahui.

Nissamaheswary.com - Dalam era digital saat ini, penggunaan keyboard merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam melakukan pekerjaan di depan komputer.

Seiring dengan itu, banyak sekali shortcut keyboard di Windows yang dapat memudahkan penggunaan keyboard dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Namun, tidak semua orang tahu tentang shortcut-keyboard yang berguna dan jarang diketahui.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas beberapa shortcut keyboard di Windows yang mungkin berguna bagi Anda dan jarang diketahui. Beberapa shortcut keyboard ini dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

Dalam pembahasan artikel kali ini,  akan membahas 17 daftar Shortcut atau Kode Rahasia Keyboard di semua versi Windows yang berguna dan jarang diketahui. 

1. Win + . atau Win + 

Untuk bagian pertama ini, kita dapat menggunakan shortcut Win + . atau Win + ; untuk membuka panel emoji yang memungkinkan kita untuk dengan cepat memasukkan emoji ke dalam dokumen atau pesan teks tanpa harus membuka papan ketik emoji terpisah.

2. Win + Shift + S (screenshot dengan fitur Snipping Tool)

Bagian kedua Shortcut Keyboard rahasia, kita dapat menggunakan shortcut Win + Shift + S untuk menggunakan fitur Snipping Tool dalam menangkap layar. (ini menagkap layar pada area yang kita pilih atau sebagian)

Shortcut ini membuka alat penangkapan layar baru yang disebut Snip & Sketch. Anda dapat memilih area layar yang ingin Anda tangkap dan mengedit gambar sebelum menyimpannya.

3. Win + prt sc sysrq

Sedang pada bagian ketiga ini sama fungsi seperti pada bagian ke dua diatas, untuk menangkap layar atau Screenshot tetapi full layar atau penuh. Contoh jika kita menekan Win + Win + prt sc sysrq (terletak pada kanan atas) maka layar windows yang kita buka akan terfoto atau tersecreenshot layaknya aslinya.

4. Win + Ctrl + D

Selain itu, kita juga dapat menggunakan shortcut rahasia di windows yaitu Win + Ctrl + D untuk membuat desktop baru dan mengatur tugas yang berbeda atau bisa kembali kelayar Dekstop atau layar beranda semula

5. Win + Tab (multitasking)

Berikutnya yaitu dengan menggunakan shortcut Win + Tab untuk membuka tampilan tugas yang memungkinkan kita untuk dengan cepat melihat semua aplikasi yang sedang berjalan pada desktop kita dan dengan cepat beralih antara beberpa apliaksi seperti Word, Excel dan beberapa palikasi lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mencari dan Menghapus Data Ganda di Ms Excel.

6. Win + L

Kode rahasia Keyboard atau shortcut Win + L untuk mengunci komputer kita saat meninggalkan tempat kerja dan Win + X untuk membuka menu Power User yang memberi kita akses cepat ke berbagai fitur penting seperti Control Panel, Task Manager, dan Command Prompt.

7. Ctrl + Shift + T

Kode rahasia Shorcut selanjutnya dengan mengguakan shortcut Ctrl + Shift + T untuk membuka tab terakhir yang ditutup di browser web kita, jika terakhir kita membuka YouTube maka dengan menenkan Ctrl + Shift + T akan kembali lagi YouTube yang terkhir kita tonton, begitu juga kita bisa membuka browsing terkhir yang kita kujungi.

8. Ctrl + Shift + Esc / Ctrl + Alt + Delete

Fungsi Shorcut ini untuk membuka Task Manager yang biasanya kita gunakan untuk meghentikan atau mengakhiri sebuah aplikasi atau software yang sedang error atau tidak merespon.

9. Win + L (mengunci komputer Anda)

Shortcut ini adalah cara cepat untuk mengunci komputer Anda saat meninggalkan tempat kerja. Ini akan membutuhkan kata sandi untuk membuka kembali komputer, jika sebelum Anda sudah membuat sandi atau Passordnya jika belum maka tinggal Enter saja Laptop atau PC Anda akan terbuka kembali.

10. Win + X (membuka menu Power User)

Fungsi dari Shortcut Win +X ini membuka menu Power User yang memberi Anda akses cepat ke berbagai fitur penting seperti Control Panel, Task Manager, dan Command Prompt.

11. Win + P (mengatur tampilan layar)

Dengan menggunakan Shortcut Win + P ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat memilih cara menampilkan layar pada komputer Anda, misalnya menampilkan layar pada monitor eksternal atau menggunakan mode presentasi.

12. Win + E (membuka File Explorer)

Dengan menekan Shortcut ini membuka File Explorer yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat menavigasi ke file dan folder yang berbeda pada komputer Anda. Ini sangat cocok sekali jika Icon Explorer belum Anda buat, seting atau tambahkan di Taskbar windos Anda.

13. Win + R (membuka jendela Run)

Dengan menggunakan Shortcut Win + Run maka akan membuka jendela Run yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat menjalankan, mengeksekusi program atau skrip tertentu pada komputer Anda.

Baca Juga: Tips Ampuh Supaya Cepat Paham dan Berhasil Belajar Ms Word dan Ms Excel Bagi Pemula.

14.  Ctrl + Shift + N 

Jika Anda ingin membuat folder baru pada Laptop atau PC komputer Anda, Anda dapat menggunakan shortcut ini untuk membuat folder baru di lokasi yang sedang Anda jelajahi. 

Contoh jika Anda sedang browsing atau membuka Chrome, Mozilla atau peramban lainnya dengan menekan Shortcut maka akan membuka tampilan jendela Browser atau Peramban baru.

15. Alt + F4 

Shortcut ini adalah cara cepat untuk menutup atau untuk melakukan perintah tertentu di  Laptop atau PC Anda seperti, Shut down, Restart, Sleep, Sign Out, Switch user dan pilihan lainnya.

16. Win + D (beralih ke berenda desktop/layar utama)

Shortcut ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat beralih ke desktop Anda, yang berguna jika Anda ingin menyembunyikan atau menimise jendela atau program yang sedang  terbuka atau berjalan.  Ini sangat cocok sekali jika kita sedang membuka program atau aplikasi banyak.

17. Win + I (membuka pengaturan Windows)

Yang terakhir daftar  Shortcut atau tombol Keyboard Rahasia yang tersembunyi di windows adalah Win + I berfungsi untuk membuka aplikasi Pengaturan di Windows yang memungkinkan Anda untuk mengubah berbagai pengaturan pada komputer Anda. Dengan menekan Win + I kita tidak susah-harus masuk dari cara yang lama.

Demikianlah 17 Kode Rahasia Shortcut atau tombol Keyboard yang tersembunyi dan banyak para penggunanya belum tahu dan sangat membantu untuk pekerjaan Anda.  Semoga dengan daftar beserta uraian Shortcut keyboard di Windows diatas dapat bermanfaat dan membantu meningkatkan produktivitas Anda.