Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menghapus Definisi Nama (Define Name) atau Database di Ms Excel.

Cara Menghapus Definisi Nama di Excel dengan Menggunakan Langkah-langkah Praktis dan Simpel.

Nissamaheswary.com - Ketika bekerja dengan lembar kerja Excel yang kompleks, pengguna sering kali menggunakan definisi nama (Define Name) untuk memberi label pada sel atau rangkaian sel tertentu.

Namun, ada kalanya definisi nama tersebut perlu dihapus untuk memperbarui atau membersihkan lembar kerja. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk menghapus definisi nama di Excel.

Penggunaan definisi nama dalam Excel dapat sangat bermanfaat, tetapi pemeliharaan dan penghapusan definisi nama yang tidak lagi diperlukan juga penting. Dengan mengikuti panduan sederhana ini, Anda dapat dengan mudah menghapus definisi nama yang tidak perlu dalam lembar kerja Anda.

Sebagai Contoh:

Pertama.

Untuk kasus soal lembar kerja di Excel yang menggunakan fungsi logika Vlookup yang biasa ada dua tabel data yang saling berhubungan untuk pemanggilan data tabel dari nama-nama barang, karyawan atau nama tabel lainnya.

Kedua.

Dengan penjelasan sebagai contoh pertama uraian diatas, dengan adanya nama tabel seperti nama tabel karywan, tabel barang dan contoh nama tabel alinnya, nama-nama tabel tersebut bisa kita buat terlebih dahulu nama tabel yang komplek yaitu namanya kita rubah atau dinamai dengan database yang baru, contoh Data Kryawan, Data Barang, Data Pegawai dan nama database lainnya.

Dengan pergantian nama tabel untuk dibuat database dengan data karyawan, data barang, data pegewai dan nama database data lainnya akan membuat kita mudah untuk menggunakan rumus atau fungsi di logika Vlookup.


Cara Mudah Hapus Definisi Nama (Define Name) atau Database dengan Mengguakan Menu bar Name Manager di Excel.

Tetapi adakalanya juga kita ingin menghapus nama-nama databse yang sudah kita buat, alasan ini karena kita telah mengkopikan data-data soal tersebut untuk membuat soal kerja lain di Sheet baru, maka secara otomatis juga databasenya masih ada dan pada saat itu kita sudah tidak membutuhkan lagi databasenya, maka kita harus Hapus atau Delete nama databasenya.

Dengan adanya Database nya maka kita yang masih pemula dalam dunia lembar kerja excel, maka akan merasa kesulitan untuk menghapus Database yang sudah kita buat yaitu melalui Define Name pada suatu tabel data. Perlu Anda ketahui, sebenarnya sangat mudah sekali cara menghapus Definisi Nama (Define Name) yang biasa disebut Databse di Ms Excel.

Ok berikut ini cara mudah hapus database atau Definisi Nama di Excel dengan simpel, yaitu dengan  cara seperti langkha berikut ini:

Caranya Mengakses Menu Name Manager di Menubar atas Excel.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silakan buka lembar kerja Excel Anda yang berisikan Data Karyawan, Data Barang atau Nama Data lainnya sesuai nama data Anda yang sebelumnya Anda sudah buatkan Definisi Nama atau Databasenya.

2. Lanjut arahkan kursor mouse Anda ke Menu “Formula” --> Lanjut pilih menu Name Manager.

Cara Hapus Definisi Nama (Define Name) atau Database dengan Mengguakan Menu Name Manager di Excel.


3. Lanjut pada tampilian "Name Manager", ini akan membuka jendela "Name Manager" yang berisi daftar semua definisi nama dalam lembar kerja.

4. Selanjutnya pada tampilan Name Manager, silakan pilih dengan Klik nama Database atau Definisi Nama --> Lanjut klik kombol Hapus atau Delete.

Cara Mudah Hapus Definisi Nama (Define Name) atau Database dengan Mengguakan Menu bar Name Manager di Excel.


Dengan mengikuti langkah demi langkah yang simpel diatas, maka selesai sudah dan berhasil Anda telah menghapus Definisi Nama (Define Name) yang mudah disebut Databasenya.

Menghapus definisi nama (Define Name) di Excel adalah langkah penting dalam memastikan lembar kerja tetap rapi dan efisien. Dengan menggunakan menu Name Manager dan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan cepat menghapus definisi nama yang tidak lagi diperlukan.

Dengan membuat Definisi Nama ini akan membantu menjaga kejelasan lembar kerja dan memfasilitasi kerja lebih lanjut dengan Excel. 

Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menghapus definisi nama, karena perubahan ini dapat mempengaruhi referensi dalam lembar kerja, akan tetapi cara buat Definisi Nama juga sangat simpel. Semoga dapat membantu.