Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman dengan Mudah Tanpa Online Simpel dan Cepat.

Nissamaheswary.com - Sesuai dengan kebutuhan dan bidang pekerjaan kita sehari-hari menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu tampilan halaman bisa menjadi kebutuhan penting untuk berbagai keperluan.

Tetapi dalam menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu tampilan atau satu halaman saat ini hanya bisa dan selalu menggunakan dengan bantuan situs atau aplikasi online yang bertebaran di internet, nah dari situlah kita pastinya membutuhkan koneksi internet yaitu kuota data internet pastinya.

Lantas bagaimana jika kita terburu-buru ingin menggabungkan beberapa file PDF yang dijadikan satu tampilan halaman sedangkan kita tidak punya kuota data atau koneksi internet alias tanpa online? maka yuk lanjut baca artikel ini yang menjelaskan sangat mudah simpel cepat dan dijamin joss tentunya.

Anda gak usah khawatir di sini caranya sangat cepat yaitu menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu tampilan halaman menggunakan aplikasi Photoshop, dan Anda bagi pemula pun ataupun belum pernah mengoperasikan Photoshop di sini caranya sangat simpel dijamin langsung bisa.

Berikut Langkah-langkah cara menggabungkan beberapa file PDF dengan cepat tanpa online yaitu dengan menggunakan aplikasi Photoshop.

A. Langkah Pertama.

Setelah Anda buka tampilan Photoshop langkah selanjutnya yaitu silahkan masukan file-file PDF yang sudah ada sediakan sebelumnya ke photoshop melalui menu file open ataupun bisa menekan shortcut keyboard ctrl + O.

1. Selanjutnya pada tampilan Impor PDF silahkan pilih bagian Images dan tekan Ok ataupun Enter.

Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman dengan photoshop

2. Lanjut Anda masukkan beberapa file PDF seperti pada uraian poin nomor satu di atas ini selalu menekan Ok ataupun Enter sampai beberapa file PDF selesai dimasukkan di tampilan beranda Photoshop.

B. Langkah kedua

Pada Langkah kedua ini di sini mulai kita akan Menggabungkan beberapa file PDF untuk Menjadi tampilan suatu halaman yaitu dengan cara:

1. Selanjutnya arahkan kursor mouse ke bagian menu kiri atas “File” → Lanjut pilih "Automate" dan pilih "PDF Presentation".

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman dengan Mudah Tanpa Online

2. Lanjut pada tampilan “PDF presentation”“Source Files” pilih “Adds Open Files” dan pada tampilan Adds Open Files, silakan atur terlebih dahulu letak posisi file pada urutan yang pertama tengah dan paling bawah sesuai nama filename nya.

3. Selanjutnya pada menu Output Option silakan pilih atau checklist Multi-Page Document dan pilih Save.

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman dengan Mudah Tanpa Online Simpel dan Cepat.

4. Lanjut pada tampilan Penyimpanan atau Save, Lanjut tuliskan nama file name atau nama berkas yang akan menjadi satu tampilan dan silahkan simpan di letak posisi folder yang Anda inginkan. Pada bagian type format abaikan saja dan tekan Save.

Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman

C. Langkah Ketiga

Setelah Anda melakukan tombol Save seperti pada uraian langkah kedua di atas, maka secara otomatis akan ada tampilan Save Adobe PDF,  dan langsung saja silahkan tekan Save PDF.

Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu Tampilan Halaman dengan Mudah Tanpa Online

Dan Sekarang Photoshop lagi merending ataupun memproses penggabungan beberapa file PDF menjadi tampilan satu halaman. Langkah selanjutnya silahkan Anda buka file sesuai dengan nama file name yang Anda buat untuk menjadi satu tampilan halaman.


Perlu diperhatikan.
  • Dalam Menggabungkan beberapa file PDF yang lebih dari 1, 2 dan banyak file tentunya untuk menjadi satu tampilan halaman ini Anda bisa menggunakan aplikasi Photoshop yang sudah disediakan bawaan laptop ataupun PC Anda tidak perlu photoshop berbayar dan atau versi yang CS6 ataupun di atasnya.
  • Tidak hanya beberapa file PDF contoh beberapa file tersebut selain PDF ada yang tipe JPG ataupun JPG bisa juga dijadikan satu tampilan halaman seperti tutorial langkah-langkah di atas.

Kesimpulan
Begitulah uraian atau tutorial cara menggabungkan beberapa atau banyak file PDF menjadi satu tampilan halaman menggunakan Adobe Photoshop melalui fitur PDF Presentation adalah metode yang efisien dan tidak memerlukan koneksi internet atau tanpa Online.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah menggabungkan file PDF atau JPG dengan hasil yang rapi dan profesional tanpa bantuan situs online. 

Adobe Photoshop menyediakan fleksibilitas lebih dalam pengaturan dan pengeditan sebelum menggabungkan file PDF, menjadikannya pilihan yang baik untuk tugas Anda sehari-hari. Semoga membantu.