ips Pengaturan Wajib Untuk HP Android milik Anak dibawah umur - nissamaheswary.com

Pengaturan Wajib Untuk HP Android milik Anak dibawah umur

Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang, termasuk anak-anak. Jika tidak diajarkan pengunaannya anak – anak malah  bisa menjadi kudet dan tidak tahu teknologi alias mati gaya atau ketinggalan jaman dari teman – temannya.Tapi, orang tua juga harus sadar, bahwa ada beberapa pengaturan penting dan wajib dilakukan untuk Android anak.


Penggunaan smartphone bagi anak- anaktidak bolehterlepas dari pengawasan orang tuanya. Untuk itu artikel berikut ini akan membahas dan memberikan tips sederhana mengenai pengaturan android yang wajib diterapkan pada ponsel anak, terutama anak – anak di bawah umur. Mari simak.

1. Gunakan Google Family Link

Googletelah lebih dulu memperhatikan kebutuhan anak dengan membuat aplikasi yang mengakomodasianak usia di bawah 13 tahunyang belum dapat mendaftarkan akun Googlenya ketimbang memalsukan umurnya. Keuntungan aplikasi ini adalah anda dapatmemantaudanmengontrol aktivitas sang anak karena akun Google yang terhubungdalam aplikasi tersebut.

2. Mengaktifkan Parental Controls di Playstore

Berbagai aplikasi dalam Google Playstrore dibuat beragam dengan berbagai tujuan dan fungsi yang masing – masingnya berbeda. Namun beberapa di antara aplikasi tersebut ditujukan khusus untuk orang – orang dewasa dan tidak layak digunakan oleh anak. Sebagai orang tua anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke Play Store – pilih settings – Parental Controls – lalu pilih On. Anda dapat menyaring atau mengontrol aplikasi yang tidak cocok bagi anak anda.

3. Mengaktifkan parental control di Google Chrome

Kegunaan fitur ini tetap sama dengan penggunaannya dalam Google Play Store yaitu menyaring atau mengontrol aplikasi yang tidak cocok bagi anak anda. Yang membedakan adalah fitur Parental Control ini dapat di terapkan pada browser seperti Google Chrome yang tersedia pada Smartphone Android anak anda. Caranya dengan mengatur di Settings – Account & Privacy – lalu aktifkan opsi Safeseach.

4. Fitur Family Library

Ini mrupakan fitur yang bisa anda gunakan untuk mengontrol anak anda saat menggunakan smartphone Android yang ada pada Google Play Store. Family Library ini merupakan fitur yang memungkinkan anda serta anggota keluarga lainnya, termasuk anak anda yang masih dibawah umur untuk berbagi informasi tentang aplikasi. Artinya keluarga anda akan menjalin komunikasi yang dapat mengawasi aplikasi apa saja yang layak untuk dipakai oleh anak anda.

5. Youtube Kids

Youtube tentunya juga telah member perhatian akan kebutuhan hiburan yang aman bagi anak – anak dengan mengeluarkan versi khusus untuk anak-anak yang diberi nama Youtube Kids. Aplikasi khusus anak ini memberikan rekomendasi video yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga anda tidak perlu khawatir muncul video yang kurang layak untuk ditonton oleh mereka di YouTube.

Demikianlah 5 pengaturan android yang wajib  diterapkan untuk anak –anak anda yang masih  dibawah umur. Tentunya jangan sekali- kali meremehkan bahaya yang ditimbulkan dari Android anak – anak anda, dan bagikan informasi bermanfaat ini kepada saudara atau kerabat anda yang memiliki anak – anak yang masih harus diawasi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengaturan Wajib Untuk HP Android milik Anak dibawah umur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel