ips Wajib Baca Cara Menghindari Aplikasi Android Yang Berbahaya - nissamaheswary.com

Wajib Baca Cara Menghindari Aplikasi Android Yang Berbahaya

Banyaknya aplikasi yang bermunculan dalam Google Playstore seperti games, edit foto, desain grafis, video dan sebagainya mengundang penjahat cyber agar dapat menyusup ke perangkat anda  melalui aplikasi yang dapat anda download secara resmi dari Google Play Store. Berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan keamanan perangkat dan cyber VPN Pro, aplikasi yang berbahaya tersebut meliputi aplikasi cuaca hingga fungsi kamera yang memang sering digunakan kebanyakan orang.


Aplikasi tersebut berbaya karena sudah terdata namun meminta izin praktik yang tidak sesuai dengan kegunaanya. Misalnya, aplikasi antivirus meminta izin pemakaian kamera, akses lokasi atau akses penyimpanan internal. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan agar dapat terhindar dari bahaya aplikasi android tersebut:

1. Cek sumber aplikasi

Lakukan pengecekan sumber aplikasi  atau perusahaan penerbitnya yang biasanya terdapat pada bagian ‘Info Aplikasi’ paling bawah. Setelah itu, cek kembali informasi tentang penerbit yang anda temukan di mesin pencarian google. Meskipun  cara ini terbilang cukup namun anda dapat mengetahui reputasi dan sumber kebenaran dari perusahaan penerbit aplikasi sehingga anda dapat mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut aman atau tidak

2. Memastikan izin penggunaan aplikasi sesuai dengan fungsi

Masih banyak pengguna ponsel yang asal mengunduh aplikasi tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan izin aplikasinya. Sebuah aplikasi seharusnya memiliki izin akses sesuai dengan fungsinya. Seperti pada aplikasi edit foto atau video yang dapat mengambil gambar dan video secara langsung kemudian diedit, memerlukan akses galeri foto dan video yang terdapat pada penyimpanan internal dan eksternal dan lainnya.

3. Perhatikan ulasan dari pengguna lain

Baik atau tidaknya sebuah aplikasi dapat dinilai setelah aplikasi tersebut digunakan. Namun, untuk menghindari aplikasi yang berbahaya, maka sebaiknya sebagai pengguna, anda dapat terlebih dahulu melihat penilaian berupa bintang dan ulasan komentar yang diberikan oleh pengguna lain di kolom komentar dan ulasan yang tersedia.

4. Mengaktifkan ‘ Google Play Protect’

Google Play Protect adalah aplikasi keluaran google  yang menjalankan pemeriksaan keamanan pada aplikasi Google Play Store sebelum pengguna mendownload sebuah aplikasi, memeriksa perangkat untuk mendeteksi aplikasi yang berpotensi berbahaya dari sumber-sumber yang tidak jelas, memperingatkan pengguna jika mendeteksi adanya aplikasi yang berpotensi membahayakan dan langsung menghapus aplikasi tersebut dari perangkat.

Karena saat ini masih banyak pengguna ponsel yang mendownload suatu aplikasi tanpa memperhatikan keamanan dari aplikasi tersebut, maka untuk menghindari hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan yang tidak diinginkan, pengguna perlu cermat sebelum mengunduh aplikasi – aplikasi yang belum jelas atau belum cukup popular dengan memperhatikan cara- cara di atas, dan sebaiknya pengguna hanya mengunduh aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Baca Cara Menghindari Aplikasi Android Yang Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel