Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Tata Cara Pendelegasian Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.

Nissamaheswary.com - Berikut ini bagaiamana langkah-langkah atau tata Cara Pendelegasian Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.

Dalam sistem informasi rencana umum pengadaan secara elektronik pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) atau yang lebih dikenal dengan SiRUP LKPP dimana PA bisa merangkap sebagai PPK atau bisa menunjuk pejabat lain untuk dijadikan PPK. 

Namun semua itu tetap ada tanggung jawab oleh pengguna anggaran dan tetap mempunyai kewenangan terhadap semua program-program kegiatan dan sub-sub kegiatan yang ada di OPD atau Organisasi Perangkat Daerah tersebut walaupun telah menentu orang lain atau pejabat lain sebagai PPK nya.

Delegasi atau pendelegasian adalah, pelimpahan kewenangan semua program kegiatan dari PA ke PPK

Pendelegasian harus dilakukan setelah input data dengan Penarikan RKAD secara Integrasi atau secara Manual sebelum untuk menayangkan atau umumkan semua kegiatan atau paket baik Swakelola atau Penyedia.

Sebelum ke pembahasan pendelegasian kegiatan-kegiatan Ke PPK pada SiRUP LKPP versi terbaru di tahun 2002 ini Anda harus mengerti sedikit apa itu PPK dan PA.

PA adalah Pengguna Anggaran, sedangkan PPK adalah kepanjangan dari Pejabat Pembuat Komitmen.

Oke Langsung saja berikut langkah-langkah cara pendelegasian semua sub-sub kegiatan dari PA ke PPK pada aplikasi SiRUP LKPP 2022.

A. Langkah Pertama.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus terlebih dahulu login dengan menggunakan Username dan Kata Sandi di SiRUP LKPP di OPD Anda masing-masing. 

B. Langkah Kedua.

Langkah kedua setelah Anda login dengan Username dan Kata sandi, sekarang saatnya cara mendelegasi semua Kegiatan-kegiatan ke PPK dengan langkah-langkah berikut ini: 

  1. Arahkan kursor pada menu di atas → Pilih menu Kelola DataKelola PKS.
  2. Selanjutnya pada tampilan KELOLA PROGRAM, silahkan pilih Nama Program yang ingin didelegasikan → Lanjut klik di menu Daftar Kegiatan pada tampilan sebelah kanan bergambar ikon garis tiga.
  3. Lanjut pada tampilan KELOLA KEGIATAN pilih Nama-nama Kegiatan, silahkan pilih yang mau didelegasikan dengan pilih dan klik Daftar Sub-kegiatan pada tampilan sebelah kanan bergambar ikon garis tiga.
  4. Pada bagian terakhir yaitu tampilan KELOLA SUB KEGIATAN, pilih Daftar Sub-kegiatan → Pilih Ubah Sub-kegiatan pada tampilan sebelah kanan bergambar ikon Pensil.
Cara Delegasi Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.


Cara Delegasi Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.


Cara Delegasi Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.

C. Langkah Ketiga.

Untuk langkah ketiga atau terakhir ini, berikut cara Delegasi ke PPK di Formulir Sub Kegiatan.

  1. Pada kolom Alasan Revisi paling atas, silahkan pilih → Delegasi kepada PPK.
  2. Pada pilihan Tahun anggaran, Nama Sub-kegiatan, Kode Sub-kegiatan dan Pagu, biarkan saja karena sudah terisi otomatis. 
  3. Lanjut pada Delegasi Kepada paling bawah, silahkan pilih nama PPK yang sudah Anda buat di OPD Anda. 
  4. Selanjutnya silahkan klik tombol SIMPAN dua kali. 
Cara Delegasi Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.

Untuk mendelegasikan sub-sub kegiatan lainnya ke PPK, silahkan lakukan cara seperti uraian diatas yaitu dari Langkah Kedua dan Langkah Ketiga.

Cara delegasi kegiatan dari PA atau Pengguna Anggaran ke PPK atau Pejabat Pembuat Komitmen yang terpenting harus digaris bawahi Anda bisa memahami alur langkah-langkahnya pada aplikasi SiRUP LKPP 2022. 

Rumus langkah-langkah yang paling mudah dipahami ataupun penting Anda ketahui cara mendelegasikan kegiatan-kegiatan dari PA ke PPK, yaitu dengan langkah berikut ini:
  1. Buka menu Kelola Data → Kelola PKS.
  2. Pilih Nama Program → Pilihan Action, Klik Daftar Kegiatan → Pilihan Action, Daftar Sub-kegiatan.
  3. Pada Sub Kegiatan ini Anda tinggal mengubah dengan Klik tampilan ikon gambar Pensil.
  4. Langkah selanjutnya Anda tinggal mendelegasikan ke PPK Seperti penjelasan di Langkah Ketiga pada uraian di atas, yaitu Delegasi ke PPK di Formulir Sub Kegiatan.

Perlu diingat atau sebagai catatan, biasanya waktu perubahan penyimpanan dalam mendelegasikan nama-nama Sub-kegiatan dari pelimpahan PA ke PPK, membutuhkan waktu antara 15 detik 30 detik bahkan sampai 1 menit.

Dalam perubahan penyimpanan pendelegasian PA ke PPK membutuhkan durasi waktu yang agak lama tidak hanya dari segi jaringan kuota internet Anda tetapi juga dari aplikasi SiRUP LKPP yang mungkin digunakan banyak user ataupun admin di seluruh Indonesia. 

Biasanya pada awal tahun dari Januari sampai bulan Maret aplikasi SiRUP LKPP mengalami penginputan data sehingga tidak menutup kemungkinan situs atau website SiRUP LKPP mengalami sering trouble ataupun loading lama.

Dengan mengingat kesibukan para admin dan user di seluruh Indonesia dalam penggunaan situs atau aplikasi SiRUP LKPP, sebaiknya pada waktu jam-jam istirahat saatnya menggunakan waktu di malam hari ataupun waktu-waktu itu di luar jam kerja. Pasalnya dengan waktu-waktu tersebut akan mempercepat pekerjaan Anda.

Tarik RKAD SIPD di Aplikasi SiRUP LKPP 2022.

Dengan menarik RKA SIPD lebih bagus daripada input data secara manual di aplikasi SiRUP LKPP tahun 2022. Karena untuk meminimalisir kesalahan seperti jumlah Pagu Anggaran dan kesalahan-kesalahan lainnya yang harus Anda ketahui.

Selain meminimalisir kesalahan seperti jumlah Pagu Anggaran, jika melakukan input data secara manual di aplikasi SiRUP LKPP 2022, biasanya sering mengalami gangguan atau sering trouble di aplikasi.

Contoh trouble ataupun gangguan yang sering dijumpai adalah ketika memilih nama-nama program dan ataupun daftar kegiatan maka isi dari sub kegiatan tersebut tidak ada ataupun tidak tampil.

Inilah kelemahan jika melakukan input data secara manual di SiRUP LKPP 2022. Salah satunya yang secara otomatis adalah Anda harus melakukan dengan menarik RKA SIPD, Cara ini dinamakan secara otomatis atau secara Integrasi. 

Admin atau User SiRUP LKPP 2022, diharapkan paham atau mengerti dan benar dalam langkah-langkah baik untuk Input Data, Pendelegasian, Generate Paket, Final kan nama-nama kegiatan atau Sub-kegiatan sampai Tayang ataupun Umumkan semua paket-paket ataupun nama-nama kegiatan pada masing-masing OPD.

Dibawah ini Tutorial Viedo menjelaskan pentingnya Inpt Data pada aplikasi SiRUP LKPP 2022 dengan cara Tarik RKA dari SIPD  dibandadingkan dengan cara Manual.


Demikianlah bagaimana langkah-langkah cara mendelegasikan semua Nama Program, Kegiatan sampai detail nama-nama Sub-kegiatan ataupun paket-paket baik Swakelola atau Penyedia dari PA ke PPK. Semoga dapat membantu!