Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Melihat Atau Cek NTPN Bukti Setor Pajak Yang Sudah Dibayar.

Nissamaheswary.com - Anda kebingungan bagaimana cara mengecek ataupun melihat Id billing dan NTPN pajak yang sudah dibayar dikarenakan Anda lupa ataupun tegas ID billing hilang. Jika memang demikian berarti Anda tepat sekali dengan membaca artikel di sini.

cara cek ntpn di rumah konfirmasi
cara melihat pajak yang sudah dibayar di djp online

Cara melihat pajak yang sudah disetor atau dibayar di djp online beserta NTPN dan kode billing nya, Sebenarnya sangat mudah sekali, untuk kita menggunakan fitur layanan ke Rumah Konfirmasi NTPN.

Rumah Konfirmasi NTPN.

Apa itu Rumah Konfirmasi NTPN, Rumah Konfirmasi NTPN adalah fitur layanan yang disediakan oleh pajak online yang dimana berfungsi ataupun berguna sekali untuk mencari bukti setor pajak yang sudah kita bayar, Yang mana pencariannya bisa berdasarkan dengan kode billing dan NTPN.

Dengan fitur Rumah Konfirmasi NTPN yang disediakan oleh pajakonline.go.id sangat membantu sekali ketika kita kehilangan bukti setor pajak atau berkas ID e-billing yang Merupakan bukti setor pajak tetapi kita lupa menyimpannya atau pun hilang.

Perlu diperhatikan, untuk akun NPWP baik perorangan, kantor, Badan dinas, sebelumnya user atau adminnya harus menyeting di pengaturan Rumah Konfirmasi NTPN, Supaya Rumah Konfirmasi dokumen ataupun NTPN bisa digunakan atau bisa muncul di layanan.

Maksud tujuan kita mengaktifkan Rumah Konfirmasi NTPN supaya melihat atau mengecek Bukti setor pajak yang sudah dibayar dengan mengetikkan kata kunci pencarian baik dengan kata kunci kode billing atau juga NTPN. 

Dengan Rumah Konfirmasi NTPN, sekarang Anda tidak usah khawatir lagi atau bingung dengan berkas id billing ataupun bukti setor pajak yang hilang atau lupa menyimpannya, dan sekarang bisa melaporkan bukti setor pajak atau id billing yang sudah lengkap dengan NTPN nya.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan layanan Rumah Konfirmasi NTPN sebelum Anda bisa mengecek atau melihat bukti setor pajak yang sudah dibayar lengkap dengan kode billing dan NTPN nya. 

I. Cara Pertama.

Adapun langkah-langkah cara mengaktifkan untuk mendapatkan layanan Rumah Konfirmasi NTPN di website https://pajak.go.id. Adapun langkah-langkahnya yaitu dengan cara berikut ini:

  1. Silakan Login menggunakan NPWP dan Password di website https://pajak.go.id. 
  2. Selanjutnya silahkan pilih Profil → Lanjut pilih Aktivasi Fitur.
  3. Lanjut Pada tampilan Aktivasi Fitur yaitu Aktifkan fitur untuk saya → Silahkan aktifkan ataupun centang dengan checklist Rumah Konfirmasi.
  4. Untuk lebih bagusnya silakan ceklist atau centang semuanya pada layanan di Aktifkan fitur untuk saya

Setelah Anda mengaktifkan salah satu fitur layanan Rumah Konfirmasi, berarti Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Rumah Konfirmasi NTPN yang mana entar digunakan untuk melihat atau cek bukti setor pajak yang sudah dibayar lengkap dengan kode billing dan NTPN.

Baca Juga: Berikut 3 Cara Mudah Bagaimana Melihat Kata Sandi Atau Password WiFi di Windows 10 Secara Ampuh.

II. Cara Kedua.

Adapun Cara Kedua cara mengaktifkan fitur layanan Rumah Konfirmasi NTPN, Anda bisa mengunjungi langsung website nya di https://rumahkonfirmasi.pajak.go.id. Setelah membuka website, tentunya harus terlebih dahulu Login dengan menggunakan NPWP dan Password nya.

Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan layanan Rumah Konfirmasi seperti pada penjelasan diuraikan cara pertama di atas, yaitu pilih bagian Profil, lanjut pilih Aktivasi Fitur dan situ ada tinggal ceklis atau centang semuanya pada Aktivasi fitur untuk saya.

Cara Cek Id Billing Bukti Setor Pajak Yang Sudah Dibayar Beserta NTPN Di Pajak Online.

Rumah Konfirmasi NTPN sudah aktif di layanan akun NPWP Anda Sekarang saatnya Anda bisa mencari bukti setor pajak yang sudah dibayar lengkap dengan kode billing dan NTPN nya.

Oke langsung saja, berikut ini langkah-langkah cara melihat bukti setor pajak yang sudah dibayar di djp online beserta NTPN dan kode billing nya, adapun caranya sebagai berikut ini:

  1. Silahkan kunjungi Login dengan NPWP dan Password di website https://pajak.go.id. 
  2. Setelah tampilan beranda DJP Online pada akun NPWP Anda → Lanjut pilih Layanan.
  3. Selanjutnya pilih Rumah Konfirmasi Dokumen → Lanjut pilih Rumah Konfirmasi NTPN.
  4. Lanjut pada Pencarian Berdasarkan → Silahkan pilih dengan menggunakan Kode Billing atau NTPN.
  5. Lanjut pada Kata Kunci → Ketika sesuai Kode Billing atau NTPN.
  6. Lanjut Isikan Kode Keamanan yang sudah tertera pada Gambar Kode Keamanan di atasnya → Selanjutnya Pilih dan Klik tombol Cari.
ntpn tidak ditemukan padahal sudah bayar
cara cek billing pajak yang sudah dibayar

ntpn tidak ditemukan padahal sudah bayar
cara cek billing pajak yang sudah dibayar

Setelah klik tombol Cari, maka secara otomatis DJP online akan menampilkan bukti setor pajak yang sudah dibayar lengkap dengan Kode Billing, NTPN, Tanggal Bayar, Jenis Pajak dan beberapa detail lainnya yang sesuai seperti berkas bukti setor pembayaran dari Bank.

Langkah selanjutnya Anda tinggal Screenshot dengan menekan tombol keyboard Windows + prt sc sysrq atau langsung tekan ctrl + P untuk ngeprint, sebagai bukti setor pajak yang sudah dibayar untuk pelaporan dan sekaligus sebagai pengganti berkas Id Billing Anda yang hilang. Ok semoga dapat membantu dan bermanfaat. 

Perlu Diperhatikan!
Kode Billing harus Anda siapkan terlebih dahulu untuk melihat, mencari atau cek bukti setor pajak yang sudah dibayar, jika menggunakan NTPN sebagai Kata Kunci Pencarian sepertinya tidak mungkin. Karena secara logika, “bagaimana mau cek NTPN nya, jika Berkas Id Billing atau bukti setor saja hilang” 

Jika Anda lupa letak penyimpanan pembuatan kode billing untuk pembuatan pembayaran potong pajak di DJP Online, Coba Anda cari di file unduhan ataupun download di laptop ataupun PC komputer Anda. 

Anda Juga Dapat Menonon Tutorial Vedo Bagaimana Cara Melihat Atau Cek NTPN Bukti Setor Pajak Yang Sudah Dibayar Di DJP Online Dengan Mudah, di bawah ini:


Kode Billing langkah paling awal dibuat untuk membuat pembayaran bukti potong pajak di DJP online, dengan demikian jika transaksi pemotongan pajak selesai, maka akan mendapatkan NTPN nya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.