Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Menyimpan File-file Gambar, Foto, Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone Dan Laptop.

Nissamaheswary.com - Apa itu Drive atau Google Drive, Drive adalah aplikasi ruang penyimpanan yang diberi atau disuguhkan oleh Google untuk para pengguna HP Android ataupun smartphone dan juga pengguna Laptop, dengan catatan Anda harus mempunyai akun Gmail ataupun Email.

Untuk perangkat HP atau smartphone keluaran terbaru sudah menyuguhkan aplikasi Drive, sehingga kita tidak perlu lagi harus mendapatkan melalui Play Store, itulah kecanggihan aplikasi milik Google yang semakin terbaru dan peduli sekali terhadap para penggunanya.

Beberapa alasan penting yang harus Anda lakukan dari sekarang juga untuk simpan semua file foto, video, dokumen dan beberapa file-file lainnya yang menurut Anda sangat penting dan privasi. 

Alasan penting dan wajib Anda lakukan yaitu Anda akan mendapatkan kelebihan dan keuntungan dengan menyimpan, memindahkan atau mengirim file-file seperti foto, gambar, video dan dokumen lainnya, berarti Anda sudah menyelamatkan atau mengamankan dengan mendapatkan kelebihan dan keuntungan seperti berikut ini:

  1. Secara tidak langsung Anda sudah memindahkan untuk mengamankan semua file yang menurut Anda penting dan sangat privasi.
  2. Dengan menyimpan semua file dari HP ke Google Drive, Anda tidak membutuhkan perangkat USB atau flashdisk, kabel data, mengirimkan melalui WhatsApp dan cara lama yang membutuhkan alat atau aplikasi. 
  3. Setelah Anda menyimpan semua file foto gambar video dan jenis file dokumen lainnya Anda dapat membuka di semua perangkat laptop ataupun HP dimanapun dan kapanpun Anda berada.
  4. Kapasitas ruang penyimpanan Google Drive sangat besar yaitu dari kapasitas 15 GB sampai dengan 2 TB.
  5. Semua jenis file-file foto, gambar, video dan jenis file dokumen lainnya ukurannya tidak akan berubah ataupun berkurang, alhasil file-file seperti foto, gambar dan video tidak akan pecah, buram dan tetap beresolusi tinggi ataupun HD Sesuai dengan File aslinya

Dan beberapa kelebihan dan keuntungan lainnya yang tidak Anda dapatkan dengan cara memindahkan file file seperti foto video dan file dokumen lainnya yang cara lama yang biasa menggunakan dengan USB flashdisk, kabel data mengirim dengan Whatsapp dan cara-cara lainya yang membutuhkan perangkat tambahan ataupun aplikasi. 

Baca Juga: Begini Cara Memblokir Notifikasi Iklan Pop-up Google Chrome Baik Di Laptop, HP Android dan Smartphone.

Penyebab atau alasan penting lainnya Anda harus menyimpan semua file-file dari HP ataupun laptop ke Google Drive, seperti berikut ini:

  • Jika suatu saat HP Anda hilang atau rusak, maka semua file-file data Anda akan selamat karena sebelumnya Anda sudah menyimpannya ke Google Drive.
  • Jika HP Anda ke reset karena di situ mungkin Anda lupa pada pola atau penguncian ponsel Anda sehingga harus mereset dan tentunya akan menghapus semua file-file foto, video dan dokumen lainnya di ponsel atau HP Android Anda.

A. Cara Simpan Atau Upload File Foto, Gambar Video Dan Dokumen Lainnya Ke Google Drive Lewat Hp Atau Smartphone.

Pada artikel ini, penulis akan memberikan tips cara menyimpan atau mengupload file-file penting seperti foto, video dan dokumen lainnya dari Galeri ke Google Drive di ponsel atau HP Android, ada dua langkah yang harus Anda lalui, adapun kedua langkah tersebut seperti berikut ini:

I. Langkah Pertama.
  • Sebelum Anda memulai menyimpan atau upload semua file foto atau video Anda ke Drive, silahkan gunakan Email yang mau dipakek untuk masuk ke Drive atau Google Drive.
Cara Menyimpan File Gambar, Foto Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone danLaptop.
cara simpan file foto, video dari galeri ke drive
  • Sebelumnya dan bagusnya Anda harus membuat nama Folder Baru, tujuannya untuk memudahkan Anda membuat nama ruang penyimpanan sesuai jenis file Anda.Adapun caranya seperti berikut ini: Silahkan buka Drive → Lanjut pilih ikon gambar + (ples) → Pada tampilan Creat New, silahkan pilih Folder → Lanjut ketikan nama folder baru dan Tap Creat.
Cara Simpan File Gambar, Foto Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone Atau Laptop.
cara simpan file foto, video dari galeri ke drive di hp dan laptop


II. Langkah Kedua.

Setelah membuat Nama Folder, sekarang saatnya menuju langkah kedua yaitu untuk menyimpan file-file penting seperti foto video dan lain sebagainya ke Google Drive, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

1. Silahkan buka Google Drive yang ada di handphone atau Smartphone Anda, jangan lupa pada pojok kanan atas pilih Email yang mau digunakan.

2. Lanjut pilih danTap ikon Nama Folder yang barusan Anda buat, maka tampilan isi foldernya masih kosong “This folder is empty” → Lanjut pilih dan Tap tanda + (plus) → Lanjut pilih dan Tap Upload.

Cara Simpan File Gambar, Foto Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone Atau Laptop.
cara simpan file-file foto video dari galeri ke drive

Cara Simpan File Gambar, Foto Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone Atau Laptop.
cara menyimpan file foto, video dari galeri ke drive

Cara Simpan File Gambar, Foto Video Dari Galeri Ke Drive Di HP Android, Smartphone Atau Laptop.
cara upload file foto, video dari galeri ke drive

3. Lanjut silahkan pilih file Foto atau Video di penyimpanan Galeri HP yang akan disimpan atau di upload ke Google Drive atau Drive.

4. Silahkan pilih ikon garis tiga pojok kiri atas → Lanjut silahkan cari dan pilih file Foto atau Video → Lanjut langsung Tap atau Tekan file Foto atau Videonya, maka secara otomatis akan Terupload dan tersimpan dalam Folder baru di Drive

Jika Anda kebingungan letak posisi penyimpanan Foto atau Video atau file dokumen lainnya, Anda bisa mencari di Manajer File atau File Manajer → Lanjut pilih ruang lokasi memori Internal atau Eksternal.

Baca Juga: Wajib Baca! Berikut Ini Pengertian Kartu Kredit Online Atau Kartu Debit Online. 

B. Cara Simpan atau Upload File Foto, Gambar Video dan Dokumen Lainnya ke Google Drive Lewat Laptop atau PC Komputer.

Untuk simpan file-file Gambar foto video dan file dokumen lainnya dan bertipe apapun, Sebenarnya cara atau langkah-langkahnya pun sama seperti cara simpan file foto video seperti di HP ataupun smartphone seperti pada uraian penjelasan di atas.

Namun untuk lebih jelasnya supaya meyakinkan Anda bisa mengetahui cara langkah-langkahnya cara simpan file-file dari laptop ke Google Drive yaitu seperti langkah berikut ini:

1. Silahkan buka Google Chrome di laptop atau PC komputer → Lanjut setelah tampilan pencarian google.com aktif, selanjutnya silahkan pilih pada menu kanan atas Aplikasi Google → Lanjut pilih Drive.

2. Lanjut pilih ikon gambar Baru + (ples)FolderFolder Baru, atau silahkan ketikan Nama Folder, kemudian klik Buat  Selanjutnya silahkan Double Klik untuk membuka Folder Baru yang barusan Anda buat.

3. Lanjut silahkan pergi ke ke Windows Explorer dan cari file foto atau video atau file dokumen lainnya → Selanjutnya klik kiri dan tahan file yang sudah Anda pilih, lalu drag atau seret ke Taskbar dimana Chrome yang sudah terbuka dan sudah dibuat Folder Baru di Drive tadi.

Langkah selanjutnya Jika Anda ingin menyimpan dengan mengupload berjumlah banyak file foto atau video ke Folder Baru di Drive tadi, Anda buka windows eksplorer dan cari file-filenya dan tinggal mengeblok nya kemudian Anda tinggal klik kiri dan tahan lanjut Drag atau seret ke Folder Baru Drive seperti pada poin nomor 3 di atas ini.

Berikut ini Video Tutorial Cara Simpan File Foto, Video Ke Goolge Drive Di HP Android, Smartphone Dan Laptop.


Begitulah cara simpan atau upload file ke link google Drive lewat HP atau laptop. Semoga dapat membantu dan bermanfaat selalu.