Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Ini Ternyata 5 Penyebab Ruang Memori Pada HP Samsung Cepat Penuh Dan Berikut Cara Mengatasinya.

Pada artikel kali ini Nissamaheswary.com akan berbagi pengetahuan yaitu 5 penyebab ruang memori pada HP Samsung cepat penuh dan bagaimana cara mengatasinya supaya ruang penyimpanan internal HP Samsung kembali lega.

Penyebab ruang memori samsung cepat penuh
berikut ini penyebab ruang memori hp samsung cepat penuh

Yang sebagai contoh penjelasan di artikel ini adalah Samsung J2 prime, J7, J3 Pro dan beberapa tipe lainnya yang jelas dari merek Samsung, dimana menurut para penggunanya Ponsel ini sangat rentan sekali ataupun sangat cepat sekali kehabisan ruang penyimpanan internal di HP Samsung.

Tips jitu bagaimana mengatasinya supaya ruang penyimpanan tidak penuh di HP Samsung seperti J2 prime, J7, J3 Pro dan tipe lainnya, sebenarnya sangat mudah sekali kita hanya pergi di pengaturan ataupun ruang internal penyimpanan dan itu sama sekali tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun.

Oke langsung saja berikut tips jitu dan tokcer cara membersihkan memori cepat penuh di HP Samsung seperti J2 prime, J7, J3 Pro dan tipe lainnya dijamin ampuh!

I. Terlalu Banyaknya File-File Menumpuk Juga File Sampah Di Aplikasi WhatsApp.

Kita tahu sendiri WhatsApp adalah aplikasi sosial media yang paling sering digunakan baik di perangkat HP Android ataupun di perangkat iPhone.

Tanpa kita sadari dengan penggunaan aplikasi WhatsApp yang setiap hari bahkan setiap jam kita menggunakan untuk berkomunikasi seperti mengirim pesan chat yang berisi file-file pesan biasa, foto, file dokumen dan file file lainnya.

Dengan demikian file-file tersebut yang tiap jam kita terima ini tentunya akan menumpuk di sistem penyimpanan memori internal perangkat HP Samsung kita. 

Secara berkala kita harus menghapusnya file-file tersebut yang tidak penting ataupun jika dirasa penting kita bisa memindahkan ke memori eksternal, bisa dilakukan dalam waktu satu minggu sekali ataupun satu bulan sekali.

Kita menghapus yang tidak penting atau memindahkan tujuannya adalah untuk mengurangi ruang penyimpanan internal perangkat HP kita, dengan demikian kita setelah memindahkan atau menghapus file yang tidak penting, maka ruang penyimpanan internal kita akan lebih besar dan akan mempercepat kinerja Ponsel.

Berikut cara mengatasi dengan membersihkan ruangan penyimpanan internal di HP dengan hapus file yang tidak penting ataupun memindahkan file-file dari aplikasi WhatsApp yaitu dengan cara berikut ini:

1. Silahkan buka menu File SayaPerangkat sayaWhatsAppMediaWhatsApp Images

2. Selanjutnya silahkan pilih file-file seperti foto yang tidak penting untuk dihapus ataupun Anda bisa memindahkan ke memori eksternal ataupun memory card.

3. Untuk menghapus atau memindahkan file-file yang Anda inginkan, yaitu dengan cara menekan dan tahan satu-persatu, jika Anda menghapus semua atau ingin memindahkan semua, silahkan ceklis pada bagian kiri atas.

4. Selanjutnya jika Anda ingin menghapus silahkan pilih tombol HAPUS dan jika ingin memindahkan silahkan pilih menu Pindahkan pada bagian kanan atas.

Setelah Anda melakukan dengan cara membersihkan ruang penyimpanan internal yaitu pada bagian aplikasi WhatsApp seperti pada uraian diatas, maka ruang penyimpanan internal di perangkat Ponsel Samsung Anda akan bertambah sangat banyak sekali, apalagi yang Anda pindahkan atau hapus berukuran bergiga-giga byte.

Baca Juga: Inilah Kode Tombol Rahasia Dan Fitur Yang Tersembunyi Pada HP Samsung Yang Jarang Banyak Orang Ketahui.

II. Terlalu Juga Banyak File-File Yang Menumpuk Di Aplikasi Shareit

Selain WhatsApp aplikasi Shareit juga paling sering digunakan untuk mengirim atau menerima file foto ataupun berupa gambar.

Dengan seringnya mengirim atau bertukar file-file seperti foto atau gambar melalui aplikasi Shareit, maka akan otomatis terdownload dan tersimpan di memori internal atau ruang penyimpanan perangkat Anda.

Seperti penjelasan pada bagian pertama yaitu aplikasi WhatsApp pada uraian diatas, jika Anda tidak mengeceknya di aplikasi Shareit secara berkala, maka file tersebut akan semakin bertambah banyak dan ini tentunya akan ruang memori cepat penuh.

Cara mengatasi yaitu dengan menghapus memori penuh sistem HP Samsung J2 prime, J3 Pro, J7 dan tipe merk Samsung lainnya, yaitu lakukanlah dengan cara menghapus file-file yang tidak penting atau memindahkan file-file yang menumpuk di aplikasi Shareit.

Cara melakukannya untuk menghapus atau memindahkan file-file pada aplikasi Shareit seperti pada contoh cara menghapus atau memindahkan file-file di aplikasi WhatsApp pada bagian pertama seperti pada uraian di atas.

III. Aktifnya Pembaruan Aplikasi Secara Otomatis.

Sengaja ataupun tidak sengaja kita sering mendownload aplikasi di Play store maka fitur pembaruan aplikasi sudah aktif secara otomatis. Apalagi perangkat HP kita sering digunakan oleh buah hati kita untuk mendownload seperti aplikasi game atau aplikasi permainan-permainan sejenisnya.

Semakin banyak aplikasi sudah terdownload dan terinstal di perangkat HP Samsung Anda, maka secara langsung fitur pembaruan otomatis akan aktif di semua aplikasi aplikasi yang selama ini sudah didownload.

Pembaruan aplikasi secara otomatis pasti akan terjadi ketika aplikasi- aplikasi sudah di download merilis pembaruan untuk mengupdate versi terbarunya, makanya ini akan mempengaruhi kinerja Smartphone dan mempercepat penuhnya ruang memori. 

Dan apabila masih dirasa aplikasi masih dibutuhkan silakan menonaktifkan sistem pembaruan otomatis di Play Store

Cara untuk melihat aplikasi apa saja yang pembaharuannya aktif, Anda bisa ngeceknya atau melihatnya di Play Store, berikut caranya: 

1. Silahkan buka aplikasi Play Store → Lihat bagian kiri atas pilih ikon garis tiga → Lanjut pilih Setelan atau Pengaturan → Lanjut pilih Update aplikasi secara otomatis → Lanjut pilih dan ceklis Jangan update aplikasi secara otomatis.

Setelah pilih Jangan update aplikasi secara otomatis maka setiap aplikasi aplikasi yang sudah terdownload jika dan ketika aplikasi-aplikasi mengupdate versi terbarunya maka tidak akan ada pembaruan secara otomatis di akun Play Store kita, karena kita sudah memilih Jangan update aplikasi secara otomatis

Baca Juga: Begini Cara Memindahkan Chat WhatsApp Dari Android Ke iPhone Tanpa Menggunakan Laptop, PC Komputer Dan Kabel Data.

IV. Menghapus Atau Uninstal Aplikasi Dengan Cara Yang Salah. 

Karena sudah merasa sangat banyak sekali aplikasi-aplikasi di download di perangkat HP Samsung Anda, maka Anda akan menghapusnya aplikasi-aplikasi tersebut dengan cara biasa, yaitu dengan cara menekan dan menahan aplikasi, kemudian pilih menu Hapus, ini merupakan cara menghapus aplikasi yang salah.

Karena dengan cara menghapus seperti itu, hanya terhapus aplikasinya saja. Sedangkan dalam sistem di perangkat Smartphone atau Ponsel Anda, file-file berupa sisa-sisa pembongkaran cache dan file-file sampah tetap masih tersimpan di dalam ruangan penyimpanan internal di Ponsel Anda.

Berikut ini cara yang benar menghapus atau menguninstall aplikasi HP Android Samsung ataupun Smartphone, yaitu dengan dengan cara:

1. Silakan masuk di Pengaturan HP Anda → Pilih Aplikasi ataupun Manajemen aplikasi → Lanjut pilih Aplikasi mana yang ingin Anda hapus. 

2. Langkah selanjutnya setelah pilih menu Aplikasi → Lanjut pilih Penyimpanan → Selanjutnya silahkan pilih HAPUS DATA → Kemudian kembali lagi ke menu sebelumnya dan lanjut pilih HAPUS INSTALAN.

Silakan lakukan untuk menghapus aplikasi aplikasi lainnya yaitu dengan cara seperti uraiain di atas ini, dengan cara menghapus aplikasi ini langsung dari Pengaturan HP Anda, maka aplikasinya sudah terhapus secara permanen begitu juga isi file-file seperti sisa pembongkaran dan file-file sampah lainnya.

V. Penuhnya Ruang Hasil Download.

Bagi Anda yang sering hobi mendownload file-file berupa foto, gambar melalui Google Chrome atau Browser lainnya maka secara otomatis akan tersimpan dalam sistem ruang penyimpanan internal pada Perangkat HP Anda yaitu di ruang hasil download tepatnya di Folder Download.

Berikut cara mengatasi supaya ruang penyimpanan memori tidak penuh di HP Samsung ada silahkan pindahkan hasil atau hapus Jika tidak terlalu penting Yaitu dengan cara seperti berikut ini:

1. Silakan buka menu File Saya atau File Manager → Lanjut pilih Perangkat saya atau Penyimpanan internal → Selanjutnya pilih dan buka menu folder Download.

2. Langkah selanjutnya silahkan pindahkan file-file berupa foto, gambar atau dokumen lainnya yang dirasa penting ke memori eksternal. 

Berikut cara memindahkan file-file tersebut yaitu: 
1. Silahkan tekan dan tahan file-file data yang ingin Anda pindahkan beberapa saja atau jika ingin memindahkan semua silahkan tekan dan tahan kemudian pilih semua dengan ceklis pada bagian kiri atas yaitu Semua.

2. Selanjutnya pindahkan ke memori eksternal atau memory card.

3. Jika dirasa file-file tersebut tidak penting, silahkan hapus dengan menekan dan tahan, selanjut di bagian kiri atas silahkan ceklis semuanya, lanjut tekan ikon HAPUS pada bagian kanan atas. 

Kesimpulannya: Lakukanlah secara berkala baik dalam waktu seminggu sekali ataupun satu bulan sekali Anda memindahkan file-file tersebut ke memori eksternal ataupun Anda bisa memilihnya file-file yang tidak penting dengan menghapusnya. 

Oke demikianlah tips jitu cara mengatasi ruang penyimpanan atau memori cepat penuh pada HP Android Samsung dan terkhusus untuk HP Samsung dengan harga dua juta kebawah sudah dipastikan ruang menyimpannya rentan sekali cepat penuh. Semoga Bermanfaat.