Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Baru dan Ampuh Mengembalikan Chat, File Foto, Dokumen Di Whatsapp Yang Terhapus Sebelum Di Backup.

Nissamaheswary.com - Anda masih bingung bagaimana cara mengembalikan isi chat atau pesan Whatsapp yang berisikan pesan teks atau obrolan biasa, foto, gambar, rekaman audio dan jenis dokumen apapun yang sudah terhapus, tepat sekali Anda menemukan artikel disini. Silahkan baca artikel dan simak baik-baik ya? Lanjut!

Dengan membaca artikel di sini berarti Anda sudah tepat, dan tentunya tidak akan kebingungan lagi bagaimana cara mengembalikan chat yang berisi file-file apapun yang sudah lama dikirimkan ke orang lain dan kita tetap bisa mengambil atau mendownloadnya lagi walaupun ada notifikasi bahwa file sudah tidak ada di perangkat Anda. 

Kita sebagai pengguna Whatsapp tentunya sering mengalami ketika kita mengirimkan pesan atau chat ke orang lain dan ketika kita ingin membutuhkan dan mengambil atau mendownload tiba-tiba tidak bisa ataupun file tersebut telah hilang, dengan notifikasi muncul “file atau pesan sudah tidak ada di perangkat HP Anda”

Dengan munculnya notifikasi seperti seperti itu, tentunya akan membuat kita merasa pusing pasalnya file-file berupa foto, gambar atau dokumen yang ingin kita ambil dengan ingin mendownloadnya tetapi sudah tidak dapat didownload ataupun sudah hilang di perangkat HP Android atau Smartphone Anda.

Berikut cara ampuh tips mengembalikan chat WhatsApp yang berisi pesan biasa, file foto, gambar video dan audio rekaman juga yang sudah terhapus sebelum di backup atau sama sekali kita lupa backup di pengaturan WhatsApp itu sendiri. Adapun caranya Anda harus menggunakan atau melakukan dengan tiga langkah seperti berikut ini: 

A. Langkah Pertama.

Pada langkah pertama ini yang harus Anda lakukan untuk mengembalikan kembali riwayat chat atau pesan atau file-file seperti foto, audio rekaman dan juga jenis dokumen yang sudah terhapus atau sudah tidak ada lagi di aplikasi WhatsApp, dengan cara berikut:

1. Silahkan cari dan buka aplikasi File Manager di perangkat Ponsel atau HP Android atau Smartphone Anda.

2. Selanjutnya masuk di Penyimpanan Internal atau memori Interal → Silahkan lanjut scrol kebawah dan pilih menu aplikasi WhatsApp → Lanjut pilih Databases, jika tidak menemukan aplikasi WhatsApp, silahkan pilih pada tampilan Semua → Lanjut pilih Databases. (setiap perangkat HP atau Smartphone mungkin sedikit berbeda)

cara mengembalikan file wa yang hilang tanpa dicadangkan
cara mengembalikan media whatsapp yang terhapus permanen

cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan android
cara mengembalikan file media whatsapp yang terhapus

cara mengembalikan chat wa yang terhapus permanen tanpa dicadangkan
cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan android

3. Setelah buka Databases, kemudian pada daftar tampilan yang bertulisan msgstore…., silahkan pilih file msgstore…., yang paling bawah, dan selanjutnya diganti namanya atau di rename, dengan cara:

  • Silahkan pilih msgstore…. paling bawah kemudian tekan dan tahan lalu diganti namanya atau rename menjadi: backup-msgstore.db.cryp maka secara otomatis file yang baru diedit namanya berpindah pada tampilan paling atas.
  • Selanjutnya lakukan sama seperti pada bagian pertama diatas, pilih paling bawah lagi msgstore…. silahkan ganti namanya menjadi: msgstore.db.cryp (tanggal file Anda)
cara mengembalikan chat wa yang hilang karena ganti hp
cara mengembalikan file wa yang hilang tanpa dicadangkan

B. Langkah Kedua.

Setelah melakukan dengan mengganti nama dua file msgstore…. seperti pada langkah pertama diuraikan diatas, langkah selanjutnya silahkan keluar pada tampilan File Manager dan Anda masuk ke Pengaturan Manajemen Aplikasi

Cara masuk ke pengaturan Manajemen aplikasi mungkin sedikit berbeda pada perangkat HP Android atau Smartphone Anda, itu semua tergantung merk atau type HP, dan pada intinya sama yaitu untuk menuju ke pengaturan Manajemen aplikasi. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Silakan buka pengaturan pada perangkat HP ataupun Smartphone Anda → Lanjut cari Manajemen aplikasi.

2. Selanjutnya silahkan cari aplikasi WhatsApp → Selanjutnya silahkan Hapus data dan tekan Ok., Jika Anda tidak menemukan Hapus data, silahkan buka pada Pengguna penyimpanan dan Hapus dataOk.

C. Langkah Ketiga.

Setelah Anda menghapus data pada aplikasi WhatsApp melalui pengaturan telepon dan Manajemen aplikasi selanjutnya silahkan keluar di pengaturan Manajemen aplikasi.

Langkah selanjutnya atau langkah ketiga yaitu silahkan buka aplikasi Whatsapp maka tampilannya seperti baru lagi seperti pada waktu Anda barusan mendownload di aplikasi Play Store, yang harus Anda lakukan yaitu:

1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp → Lanjut pilih Setuju dan Lanjutkan.

2. Lanjut pada tampilan Verifikasi nomor Anda, silahkan masukan nomor handphone Anda → Kemudian tekan Lanjut → Jika ada notifikasi verifikasi nomor telepon, langsung tekan Oke

3. Selanjutnya pada tampilan Pulihkan cadangan, silahkan pilih Pulihkan, tunggu proses pulihkan sedang berlangsung hanya beberapa detik → Kemudian pilih Lanjut.

4. Selanjutnya isi nama Anda pada tampilan Info profil → Tekan Lanjut.

5. Selanjutnya pada tampilan Cadangan Google Drive, silahkan pilih Jangan pernah dan Selesai.

Setelah Anda selesai menggunakan dengan WhatsApp seperti memulai baru seperti pada urutan langkah ketiga di atas, sekarang pesan atau chat Whatsapp yang berisi pesan teks biasa, foto atau gambar, video bahkan dokumen berjenis apapun akan kembali dan tampil di aplikasi WhatsApp Anda.

Baca Juga: Berikut Cara Ampuh Mengirim Atau Bagikan File Video Atau File Besar Dari Google Drive Hanya Melalui HP Atau Smartphone.

Perlu diingat juga.
Dalam melakukan untuk mengganti nama atau rename msgstore…. seperti pada langkah pertama di atas, Anda bisa menyesuaikan jenis file msgstore…. mana yang terhapus sesuai dengan tanggal yang tertera di riwayat tulisan msgstore…. tersebut.

Demikianlah bagaimana cara mengembalikan chat atau pesan Whatsapp yang berisi pesan atau obrolan teks biasa, file foto, dokumen, video dan juga rekaman audio dengan cara trik baru tanpa Anda mencadangkan di pengaturan whatsApp itu sendiri.

Kesimpulan, inti dan secara garis besar cara mengembalikan atau mendownload ulang pesan teks biasa, foto, rekaman audio dan jenis file dokumen apapun di whatsapp yang sudah lama yaitu:

  1. Langkah pertama, Anda harus mengganti nama atau me-rename pada riwayat msgstore… pada Databases WhatsApp, yaiutu masuk melalui aplikasi File Manager.
  2. Langkah kedua Anda harus menghapus data atau Hapus data aplikasi WhatsApp, melalui pengaturan Telepon dan masuk ke Manajemen aplikasi.
  3. Langkah ketiga atau langkah terakhir, Anda tinggal Login ulang ke WhatsApp, dan silahkan ikuti perintah-perintah selanjutnya, layaknya seperti menggunakan WhatsApp pertama kali setelah Anda mendownload di Play Store. 

Demikianlah cara atau trik baru bagaimana mengembalikan atau mendownload ulang pesan teks biasa, foto, rekaman audio dan jenis file dokumen apapun di whatsapp sebelum Anda membackup nya. Semoga dapat membantu.