Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Mengamankan, Mengunci dan Menghapus Data Pada Perangkat HP Android atau Smartphone Dari Jarak Jauh.

Menemukan, mengunci, atau menghapus data perangkat Android yang hilang dari jarak jauh
hapus data, menemukan, kunci, hp atau smartphone dari jarak jauh

Nissamaheswary.com - Siapapun pengguna HP Android atau Smartphone pasti pernah mengalami kehilangan HP baik karena kehilangan sendiri seperti jatuh, ketinggalan, lupa tempat, dicuri ataupun diambil orang dan beberapa perihal penyebab lainnya. 

Intinya dengan HP yang telah hilang atau dicuri, maka biasanya yang paling dikhawatirkan adalah data yang ada didalamnya lebih penting dibandingkan Smartphonenya itu sendiri.

Pertanyaan Umum:
Apakah benar data-data yang tersimpan dalam HP yang telah hilang tersebut lebih penting dari pada Perangkat ataupun HP yang telang hilang?

Jawabanya:
Tentu jawabannya juga tepat ataupun benar, karena bisa saja di dalam HP atau Smartphone tersebut tersimpan data rahasia atau privasi sekali seperti data-data perbankan, file dokumen, foto dan beberapa data lainnya yang Intinya jangan sampai diambil oleh orang lain.

Karena dengan berkembangnya teknologi yang sangat canggih, jika Anda kehilangan HP atau Smartphone Anda tidak perlu terlebih dahulu khawatir ataupun cemas, karena dimanapun dan kapanpun Anda bisa menguncinya atau bisa mengamankan dan bisa menghapus semua data-data penting Anda dari jarak yang sangat jauh sekalipun.

Bagaimana cara mengamankan, menghapus data dan cara mereset Perangkat HP yang hilang sehingga data-data yang penting tidak akan dicuri orang, Anda bisa menggunakan bantuan dengan aplikasi resmi milik Google dan juga beberapa aplikasi lainnya.

Jika HP Anda atau Perangkat Anda hilang di sekitar dekat Anda karena Anda lupa menaruh yaitu Anda bisa mencarinya dengan menghidupkan nada dering HP yang hilang tersebut.

Anda bisa menguncinya ataupun mengamankan pada Perangkat HP atau Smartphone Anda yang telah hilang dalam posisi jarak atau tempat yang jauh.

Anda juga bisa menghapus semua data-data penting pada Perangkat ataupun Smartphone Anda yang hilang juga pada jarak yang jauh.

Dengan tiga cara seperti pada uraian di atas ini Anda bisa menggunakan bantuan melalui Perangkat HP lainnya ataupun bisa menggunakan laptop ataupun pc selain itu Anda harus membutuhkan koneksi data internet serta akun Google atau Akun Gmail.

Pada pembahasan artikel disini akan dijelaskan ada tiga pilihan yang harus Anda lakukan dan memilihnya salah satu dari tiga fitur aplikasi milik Google, jika HP ataupun Smartphone Anda hilang atau dicuri orang.

Berikut ini gambaran tiga fitur cara untuk Menemukan, Mengamankan dan Hapus Perangkat atau HP Anda yang hilang:

cara Menemukan, mengunci, atau menghapus hp atau smartphone dari jarak jauh
cara menemukan, kunci, hapus data hp atau smartphone dari jarak jauh

Ok berikut langkah-langkah cara hapus data, mengamankan dan menemukan Perangkat atau Device HP Android atau Smartphone dari jarak jauh dengan bantuan Find My Device - Google:


I. Langkah Pertama.

1. Silahkan buka aplikasi Google Chrome di HP Android atau Smartphone Anda.

2. Ketikan pada pencarian Google dengan nama kata kunci Find My Device.

3. Selanjutnya klik pada Find My Device → Selanjutnya masukkan nama akun Email atau akun Google beserta kata sandi atau passwordnya yang tersimpan di Perangkat HP yang hilang  Selanjutnya klik lagi Berikutnya pada bagian kanan bawah.

II. Langkah Kedua.

Sekarang sudah kelihatan pada tampilan halaman Find My Device - Google, sekarang di sini akan ditampilkan Perangkat HP atau Smartphone yang terhubung ke akun Google selama ini dan tadi yang sudah kita masukkan dan gunakan akun email dan kata sandinya.

Pada langkah kedua ini silahkan lakukan dengan cara mana yang ingin Anda pilih seperti pilihan Menemukan, Mengamankan atau Menghapus Data di Perangkat Device atau HP Anda yang hilang. 

A. Putar Suara / Play Sound (Putar Suara Nada Dering HP)

Jika Anda hanya ingin menemukan di sekitar lokasi Anda dimana HP hilang, Anda tinggal menekan Putar Puara.

Dengan menekan tombol Putar Suara maka Perangkat ada yang hilang akan bunyi deringnya walaupun sebelumnya HP Anda telah disetting dengan mode Senyap atau Getar.

Iya memang cara ini biasa dilakukan jika HP Anda hilang di sekitar lokasi Anda, cara yang biasa Anda tinggal meminjam HP keluarga, dan melakukan panggilan maka sudah dipastikan HP akan ketemu. 

Yang menjadi permasalahannya, bagaimana jika Anda sebelumnya menyeting nada dering menjadi senyap atau getar saja? jika mode senyap tentunya tidak akan berbunyi nada deringnya dan sudah dipastikan Anda kesulitan menemukan.

B. Amankan Perangkat / Secure Device.

1. Pada pilihan bagian kedua ini yaitu fitur Amankan Perangkat, ini dapat mengunci HP Anda yang hilang  dengan PIN, pola atau kunci layar, atau sandi.  

  • Tujuannya adalah apabila kita tidak menyeting pola kunci atau membuat pola kunci pada perangkat atau HP yang hilang, kita  dapat menguncinya atau menyetelnya dari jarak jauh.

2. Kita dapat menambahkan Pesan dan Nomor Telepon pada layar kunci.

  • Tujuannya adalah ini bisa membantu seseorang mengembalikan ponsel kita dengan menghubungi pesan dan Nomor Telepon yang kita tambahkan pada Opsi Amankan Perangkat. 
  • Di layar kunci berarti di layar depan atau beranda layar dan bisa membaca pesan atau melihat nomor telepon tetapi tidak masuk kedalam Perangkat HP nya.

3. Dengan fitur Opsi atau Pilihan Amankan Perangkat, Anda bisa mengamankan yaitu dengan mengunci perangkat ataupun HP anda walaupun  dari jarak jauh sekalipun

Bagian kedua ini Anda bisa mengamankan yaitu dengan mengunci Perangkat ataupun HP Anda walaupun dari jarak jauh sekalipun.

Dengan mengunci atau mengamankan Perangkat Device Anda secara otomatis Anda juga sudah keluar dari akun Google dan akun akun lainnya yang mana akun tersebut sudah Anda kaitkan dengan data seperti perbankan dan data lainnya.

Selain langsung keluar dari akun Google, Anda juga dapat menampilkan atau melihat isi pesan dan nomor telepon di layar kunci pada Perangkat yang hilang walaupun sudah terkunci. 

Cara Mengamankan Perangkat Device atau HP Yang Telah Hilang dari Jarak jauh, Anda tinggal ikuti dengan Tambahkan pesan atau nomor telepon, Anda tinggal mengikutin panduan yang sudah disediakan oleh Google.

Baca Juga: Berikut Ini Daftar 6 Fitur WhatsApp Terbaru Bulan Juli 2022 Yang Harus Anda Tahu dan Anda Gunakan. 

C. Hapus Perangkat / Erase Device.

Pada bagian ketiga ini, mungkin ini pilihan yang memuaskan untuk Anda yaitu ada langsung ingin menghapus semua file data yang tersimpan di Perangkat HP yang hilang dari jarak jauh sekalipun, kapanpun dan dimanapun HP tersebut berada.

Jika Anda ingin menghapus data di Perangkat yang hilang dari jarak jauh demi mengamankan file-file data Anda yang sangat rahasia dan privasi, tentu ini adalah pilihan yang sangat tepat dan pastinya akan membuat Anda puas karena semua data kerahasiaan Anda telah hilang tanpa dicuri ataupun diambil orang.

Seperti berikut ini notifikasi jika Anda berhasil menghapus data di Perangkat yang hilang.

Semua data akan dihapus secara permanen dari Perangkat ini. Setelah Perangkat dihapus, Anda tidak dapat mencarinya.

Dengan notifikasi seperti di atas ini tTentunya Anda akan merasa puas karena niat Anda ingin menghapus semua file data yang sudah tertaut ataupun tersimpan di Perangkat Anda yang hilang, dan orang yang menemukan atau orang yang mencuri Perangkat Anda dipastikan tidak akan mendapatkan data yang ingin diambil.

Untuk melakukan Hapus Data di Perangkat Anda yang hilang, silahkan pilih bagian paling bawah yaitu HAPUS PERANGKAT / ERASE DEVICE → Lanjut HAPUS PERANGKAT.

Setelah Anda menekan Hapus Perangkat dan menekan Hapus lagi maka secara otomatis Perangkat yang hilang akan otomatis restart sendiri dan semua file-file data seperti foto dokumen-dokumen yang lain penting akan hilang ataupun terhapus dan tanpa tersisa.

Begitulah bagaimana cara Hapus Data ataupun Hapus Perangkat, Mengamankan Perangkat dan dapat mencarinya Perangkat yang hilang dan menggunakan suara dering nada tersebut sudah di-setting ke mode senyap pada HP yang hilang. Semoga dapat membantu tentara manfaat.