Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah isi e-Toll Card Lewat m Banking BNI di HP Tanpa Fitur NFC.

cara isi e-toll lewat m banking
cara mudah isi e-toll card lewat m banking bni

Nissamaheswary.comSebelum ke topik permasalahannya yaitu bagaimana cara isi saldo e-Toll mandiri lewat m banking BNI, Anda harus tahu dan paham bagaimana cara transaksi tol elektronik dengan e toll Card dan apa kelebihannya dibanding dengan karcis Langganan Tol (KLT).

Dengan penggunaan Kartu e-Toll atau sebutan resminya e-Toll Card memiliki beberapa kelebihan kegunaanya jika dibandingkan dengan kartu lama yaitu Karcis Langganan Tol (KLT). Salah satu perbandingannya adalah KLT hanya berlaku tiga bulan, sedangkan e-Toll Card tidak terbatas dan dapat digunakan di semua ruas tol bertAnda e-Toll Card.

Dengan kata lain e-Toll Card adalah kartu pembayaran untuk Jalan Tol secara online atau disebut e-Money (uang elektronik) untuk bayar Jalan Tol.

Fungsi atau tujuan utama dengan penggunaan e-Toll Card yaitu sebagai upaya memaksimalkan pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna Jalan Tol. Di sisi lainnya tak lain untuk mempercepat dan memperlancar transaksi pembayaran di gerbang tol.

Sehingga dalam menggunakan pembayaran Jalan Tol dengan e-Toll Card, maka transaksi pembayaran hanya berlangsung selama 3 4 detik saja. 

Maka dari itu akan mempercepat dan memperlancar arus di gerbang pembayaran tol dan arus perjalanan dalam berkendara, sehingga tidak ada hambatan dalam antrian yang menyebabkan kemacetan di gerbang tol, seperti yang diungkap oleh Direktur Utama PT Jasa Marga Frans S Sunito.

Cara Isi E-Toll Mandiri Lewat M Banking BNI.

Pada awalnya e-Toll Card bekerja sama dengan Bank Mandiri, dimana Bank Mandiri berperan sebagai penyedia sarana isi ulang kartu toll (e-Toll Card) issuing bank, acquiring bank dan settlement bank. Nah maka dari awalnya banyak yang masih kebingungan bagaimana cara isi e-Toll Card Mandiri lewat Banking BNI atau Bank lainnya.

Perlu diketahui dalam fitur m banking BNI banyak sekali menu-menu fitur yang sangat berguna dan bermanfaat sekali.

Salah satu fitur dari m banking BNI adalah menu TapCash, apa itu TapCash?
TapCash adalah media sebagai uang elektronik atau sering disebut dengan e-Money untuk pengganti uang tunai, yang mana pemakaiannya tentunya harus diisi ulang atau isi saldo dan salah satu kegunaanya adalah untuk bayar Jalan Tol.


Cara Isi e-Toll Mandiri Lewat M Banking BNI

Pada artikel disini akan dijelaskan secara rinci jelas bagaimana cara isi e-Toll lewat m banking BNI atau saja penyebutannya sama yaitu bagaimana cara isi e-Toll mandiri lewat m banking BNI, karena pengisian e-Toll dari bank manapun seperti mandiri bisa pengisiannya dengan menggunakan e-Money atau TapCash dari BNI.

Jadi TapCash adalah salah satu e-Money (uang elektronik ) produk layanan perbankan dari BNI yang mana salah satu dari berbagai kegunaannya adalah untuk bayar Jalan Tol ketika Anda sedang berpergian dan kapanpun juga.

TapCash inilah dalam m Banking BNI fungsi atau penggunaannya sangat banyak sekali, dilansir dari situs tapcash.id, banyak sekali penggunaan TapCash seperti: untuk membayar Jalan Tol, Commuter Line, tempat belanja, membayar parkir, Commuter Line, Transjakarta, dan masih banyak sekali kegunaannya.

Seperti dikutip dari situs tapcash.id seperti pada penjelasan uraian diatas, bahwa dengan mempunyai kartu member TapCash BNI ini sama saja Anda mempunyai kartu e-Money yang fungsinya sangat bisa sekali untuk membayar Jalan Tol.

DAPAT DIGARIS BAWAHI.
TapCash adalah fitur layanan perbankan milik BNI sama dengan e-Money atau Uang Elektronik yang salah satunya kegunaannya untuk membayar Jalan Toll kapanpun dan dimanapun tempat Jalan Toll Anda sedang berada.

Untuk mengisi ulang atau isi saldo e-Money (uang elektronik) untuk membayar Jalan Tol dengan menggunakan TapCash melalui Mobile Banking BNI dimulai dari pilihan nominal yang terendah yaitu mulai dari Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp250.000, dan Rp500.000, Rp750.000, Rp1000.000 dan sampai batas Rp2000.000,-

PERLU DIPERHATIKAN JUGA.
Anda dapat Isi Saldo e-Toll Card atau TapCash melalui 4 Cara Alternatif.

  1. Seluruh e-Channel Milik BNI.
  2. Seluruh e-Commerce.
  3. Aplikasi e-Wallet.
  4. Isi Ulang e-Money atau TapCash secara manual.

Perlu Anda ketahui, dengan cara isi ulang saldo TapCash atau e-Money dimana dengan keempat cara alternatif diatas tersebut, sangat banyak sekali cara mengisinya:

1. Seluruh e-Channel Milik BNI:

  • ATM BNI.
  • Mobile Banking BNI.
  • Internet Banking BNI.
  • SMS Banking BNI
  • BNI Agen46.

 2. e-Commerce:

  • Shopee.
  • Tokopedia.
  • Bukalapak.
  • Blibli.com dan lain sebagainya.

3. Aplikasi e-Wallet:

  • gopay.
  • LinkAja.
  • ShopeePay.
  • OVO.
  • Dana.
  • i.saku.

4. Pada bagian keempat ini biasa nya kita melakukan dengan cara manual atau cara lama yaitu seperti melalui: Alfamart, Indomaret, FamilyMart, Circle K, Vending Machine, Halte TransJakarta dan Jasa Lainnya.

A. Cara Pertama.

1. Berikut Cara Top Up TapCash atau Cara Isi Saldo e-Toll Lewat Mobile Banking BNI.

I. Langkah Pertama.

  1. Silahkan Login ke BNI Mobile Banking.
  2. Pilih menu E-Wallet → Lanjut pilih menu TapCash.
  3. Pilih Top Up Saldo TapCash.
  4. Pilih Rekening Debet.
  5. Silahkan Input 16 digit No.TapCash.
  6. Pilih Nominal Saldo → Lanjut tekan Selanjutnya.
  7. Masukan Password Transaksi BNI Mobile Banking.
  8. Notifikasi Konfirmasi Sukses atau Top Up Berhasil.
  9. Selanjutnya lakukan Update Saldo atau Update Balance.

II. Langkah kedua.

Cara Update Saldo atau Update Balance TapCash m Banking BNI.

Setelah melakukan dengan langkah pertama seperti di uraian di atas sekarang Anda diharuskan untuk Update Saldo ataupun Update Balance TapCash melalui mesin ATM BNI.

Dan jangan lupa silahkan bawa kartu TapCash BNI Anda, dan silahkan cari mesin ATM yang ada Logo atau tulisan “Place Your BNI TapCash Here” berwarna merah.

1. Silahkan pilih tekan bagian menu Accept berwarna hijau pada bagian bawah, jika tidak ada perubahan tampilan pada layar monitor mesin ATM silahkan tekan menu bagian kanan paling bawah samping layar monitor tombol menu “Transaksi Tanpa Kartu”

2. Lanjut pilih Bahasa Indonesia.

3. Lanjut pilih Uang Elektronik.

4. Lanjut pilih Update Balance.

5. Tunggu saldo terupdate dan sukses, kemudian dapatkan struk transaksinya

Setelah bukti struk transaksi keluar, maka ada tampilan Amount dengan sejumlah uang masuk atau bukti isi saldo ata top up saldo di TapCash. Dan saatnya sekarang kartu TapCash Anda siap untuk membayar Jalan Toll dimanapun dan kapanpun.

B. Cara Kedua.

2. Cara Top Up atau Isi Saldo e-Money TapCash BNI Lewat Mesin ATM BNI.

I. Langkah Pertama.

  1. Silahkan masukkan kartu debit di ATM BNI
  2. Lanjut pilih Bahasa yang ingin digunakan.
  3. Lanjut masukan PIN kartu Debit BNI Anda.
  4. Lanjut pilih Menu Lain.
  5. Lanjut pilih TapCash atau e-Money (uang elektronik).
  6. Selanjutnya pilih menu Isi Ulang.

II. Langkah Kedua.

  1. Pada tampilan layar “Letakan Kartu BNI TapCash Anda Pada Reader yang Disediakan”
  2. Tempelkan kartu TapCash di reader ATM (stiker berlogo “Place Your BNI TapCash Here” berwarna merah).
  3. Selanjutnya pada tampilan “ Informasi Kartu BNI TapCash”
  4. Lanjut pilih Tekan Jika Ya.
  5. Selanjutnya pilih Nominal saldo yang ingin Anda isikan.
  6. Lanjutan pilih Tabungan.
  7. Lanjut pilih Tekan Jika Ya.
  8. Tempelkan kartu TapCash di reader ATM (stiker berlogo “Place Your BNI TapCash Here” berwarna merah)

Transaksi Telah Selesai dan Tunggu Struk Bukti Isi Saldo atau TopUp TapCash suksess dilakukan.

Selanjutnya untuk mengeluarkan ATM Debit BNI Anda, “ Perlu Transaksi Lainnya” silahkan pilih dan Tekan jika Tidak.

Baca Juga: Dengan Google Lens Cukup Foto Dan Bisa Selesaikan PR Matematika Kamu.

C. Cara Ketiga.

3. Cara Top Up atau Isi Saldo e-Money Dengan TapCash BNI Lewat E-Wallet dan E-Commerce.

Cara Isi Saldo e-Toll Card Lewat E-Wallet.
Dengan adanya dompet digital dari E-Wallet yang mana penggunaannya sangat membantu untuk pengisian saldo e-Money (uang elektronik) yang salah satunya untuk bayar Jalan Tol atau e-Toll, tentunya akan semakin praktis.

Cara Isi Saldo e-Toll Card Lewat E-Wallet sangat mudah, Anda tinggal ikuti saja petunjuk yang dipandukan dari aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Dengan dompet digital melalui E-Wallet seperti gopay, LinkAja, ShopeePay, OVO, Dana, i.saku akan sangat membantu kita dan tentunya kita tidak akan lagi isi saldo dengan cara lama offline atau manual, contoh: kita harus isi saldo e-Toll ke tempat jasa isi saldo e-Toll tersebut.

Cara Isi Saldo e-Toll Card Lewat E-Commerce.
Sama dengan isi saldo atau top up e-Toll Card melalui E-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com dan E-Commerce atau Marketplace lainnya. Ini sangat memudahkan kita karena dengan fitur layanan perbankan yaitu dengan m Banking BNI dan hanya dilakukan lewat HP sudah beres!

Cara Isi Saldo e-Toll Card Lewat E-Commerce sangat mudah sekali, Anda tinggal ikuti saja petunjuk yang dipadukan dari aplikasi E-Commerce yang sedang Anda gunakan.

Intinya dengan adanya TapCash dari BNI kita bisa membayar e-Toll Card melalui m Banking BNI, E-Wallet dan E-Commerce dimanapun kapanpun dan hanya diakses via HP Android atau Smartphone.

Kesimpulannya.
TapCash adalah pengganti e-Money (uang elektronik) yang salah satu fungsinya untuk membayar e-Toll ataupun e-Toll Card dan cara isi saldo atau top up TapCash hanya melalui m Banking BNI kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk TapCash BNI dan keluhan pengguna, dapat menghubungi BNI Call Center 1500046 atau kunjungi via website TapCash www.tapcash.id. Semoga dapat bermanfaat!