Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Berikut 6 Cara Membuat Garis Lurus Horizontal Secara Otomatis di Ms Word Super Mudah Sekali.

cara membuat garis otomatis lurus di word
cara-membuat-garis-lurus-horizontal-secara-otomatis-di-ms-word

Nissamaheswary.com - Bagi Anda pemula dalam belajar atau menggunakan Microsoft Word, tentunya tidak akan luput cara membuat garis lurus secara horizontal, salah satu dalam penggunaanya seperti pembatasan suatu tulisan ataupun artikel itu juga membuat garis bawah sebuah Kop Surat.

Sebagai contoh dalam membuat Kop Surat di suatu kantor-kantor maupun perusahaan, dimana sebuah Kop Surat yang resmi bahwa di bawah kop Surat dibutuhkan sebuah garis lurus horizontal dimana garis lurus tersebut tebal ataupun garis berlapis.

Dalam kita membuat garis lurus secara horizontal biasanya kita melakukan secara manual yaitu kita menyisipkan atau memasukkan dari menu bar pada bagian atas, lanjut pilih Insert lanjut pilih Shapes kemudian kita tinggal memilih jenis garis yang kita inginkan.

Sebenarnya selain cara manual kita bisa membuat garis lurus secara horizontal dengan otomatis hanya menggunakan karakter seperti Min (-), Underscore (_), Sama Dengan (=), Bintang (*), Pagar (#) dan menekan Enter maka secara otomatis garis lurus horizontal sudah muncul.

Pada pembahasan artikel disini akan dijelaskan secara singkat padat dan jelas trik bagaimana cara membuat garis lurus horizontal secara otomatis atau cepat di MS Word, dan tentunya dengan trik ini sangat berbeda sekali dalam membuat garis lurus horizontal secara manual atau cara lama.

Berikut beberapa karakter untuk membuat garis horizontal secara lurus dan otomatis hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja:

1. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Min (-) 
2. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Underscore (_)
3. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Sama Dengan (=)
4. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Bintang (*)
5. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan karakter Pagar (#)
6. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Cacing (~)

Ok langsung kepembahasannya, disini ada 6 jenis cara buat garis lurus horizontal secara otmatis sesuai dengan karakter apa yang digunakan untuk membentuk garis lurus secara otomatis seperti pada uraian di atas yaitu 6 cara membuat garis lurus otomatis di Ms Word.

1. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Min (-) 
Untuk bagian pertama ini, bagaimana cara membuat garis lurus horizontal secara cepat atau otomatis hanya dengan menggunakan karakter Min (-), caranya sangat mudah dan simpel sekali, yaitu seperti berikut ini:
  1. Silahkan buka lembar kerja Ms Word Anda.
  2. Tempatkan atau arahkan kursor yang Anda inginkan.
  3. Lanjut ketikan karakter Min (-) sebanyak 3 kali → Lanjut tekan Enter.
Setelah menekan Enter maka secara otomatis garis lurus sudah muncul dan Anda tinggal mengaturnya seperti untuk merubah ukuran panjangnya pendeknya yaitu dengan mengaturnya di ikon Indent bagian atas.


2. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Underscore (_) 
Sedangkan pada bagian kedua ini, garis lurus yang akan jadi yaitu garis lurus tebal dan berbeda sekali dengan bagian pertama diatas, yang mana hanya berupa garis lurus biasa atau tidak tebal atau tidak bolt.

Bagaimana cara membuat garis lurus tebal horizontal secara cepat atau otomatis di Ms Word hanya dengan menggunakan karakter Underscore (_), caranya sangat mudah, oke berikut ini caranya:
  1. Silahkan buka lembar kerja atau halaman baru di Ms Word Anda.
  2. Tempatkan atau arahkan cursor yang Anda inginkan.
  3. Lanjut ketikan karakter Underscore (_) sebanyak 3 kali, Caranya tekan Shift kombinasi dengan Underscore → Lanjut tekan Enter.
Setelah menekan Enter, secara otomatis garis lurus tebal sudah muncul dan membentang, sekarang Anda tinggal mengaturnya atau mengeditnya sesuai dengan selera Anda sendiri. 

3. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Sama Dengan (=)
Ok lanjut ke pembahasan pada bagian ketiga yaitu masih Sama Dengan membuat garis lurus secara otomatis atau cepat hanya dengan mengetikan sebuah karakter Sama Dengan (=).

Pada bagian ketiga ini bentuk garis lurus yang dihasilkan adalah berlapis.
Ok langsung saja berikut ini cara buat garis otomatis tebal berlapis hanya dengan menggunakan karakter Sama Dengan (=) di Word, adapun caranya seperti berikut:
  1. Silahkan buka lembar kerja atau dokumen baru Ms Word.
  2. Selanjutnya arahkan cursor yang Anda inginkan untuk meletakan garis lurusnya.
  3. Lanjut ketikan karakter Sama Dengan (=) sebanyak 3 kali → Lanjut tekan Enter.
Setelah menekan Enter maka garis lurus akan membentuk garis berlapis dua atau rangkap dua bagian yaitu atas dan bawahnya.

4. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Bintang (*)
Kemudian pada pembahasan bagian keempat yaitu membuat garis lurus secara otomatis atau cepat berbentuk putus-putus atau seperti balok putus-putus, caranya hanya dengan mengetikan sebuah karakter Bintang (*) sebanyak tiga kali., 

Berikut cara buat garis otomatis di Word berbentuk balok dan terputus-putus hanya dengan mengetikan menggunakan karakter Bintang (*) adapun caranya seperti berikut:
  1. Pertama silahkan buka lembar kerja atau dokumen baru Ms Word.
  2. Lanjut letakan atau arahkan cursor yang Anda inginkan untuk meletakan garis lurusnya seperti balok terputus-putus..
  3. Lanjut ketikan karakter Bintang (*) sebanyak 3 kali → Lanjut tekan Enter.
Dengan mengetikan karakter Bintang sebanyak tiga kali (***) dan menekan Enter, secara otomatis akan membentuk garis lurus berbentuk balok putus-putus


5. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan karakter Pagar (#)
Sedangkan pada bagian kelima ini bentuk garisnya tebal dengan 3 lapis, yaitu lapis bagian atas kecil, tanganh tebal dan bawah kecil. Pada bagian kelima ini cocok sekali jika Anda ingin menggaris pada sebuah Kop Surat.

Jadi intinya jika membuat Kop Surat Anda tinggal menggaris pada bagian bawahnya dengan mengetikan Tanda Pagar sebanyak tiga kali (###) dan menekan Enter, maka otomatis sudah jadi garis berlapis tebal dan Anda tidak lagi harus menyisipkan atau memasukan garis tebal secara manual atau cara lama.

6. Cara Otomatis Membuat Garis Lurus dengan Karakter Cacing (~)
Berikut ini atau pada bagian keenam cara buat garis otomatis berbentuk cacing atau melengkung hanya dengan menggunakan karakter melengkung (~), caranya pun sangat mudah sekali, yaitu hanya dengan mengetikan karakter tanda ~ sebanyak tiga kali.

Ok langsung saja berikut cara membuat garis otomatis melengkung di Ms Word hanya dengan tiga kali menuliskan dengan karakter ~ sebanyak tiga kali seperti berikut ini:
  1. Silahkan buka lembar atau dokumen baru di Ms Word.
  2. Letak posisi kursor yang ingin ditempatkan garis melengkungnya.
  3. Selanjutnya ketikan karakter ~ dengan cara tekan Shift kombinasi dengan Karakter ~ sebanyak tiga kali (~~~) → Lanjut tekan Enter.
Setelah menekan Enter maka secara otomatis garis melengkung secara horizontal muncul dengan otomatis, dengan trik cepat ini sangat tepat sekali jika Anda ingin membuat garis horizontal dan beranimasi melengkung.


Intinya dengan mengetikan jenis karakter apa yang ingin Anda gunakan atau pakai, dan mengetikan sebanyak 3 kali lanjut tekan Enter, maka garis lurus sesuai jenis yang Anda inginkan akan muncul secara cepat hanya dalam hitungan detik saja, semoga dapat bermanfaat.