Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Trik Rahasia Yang Sering Dilakukan Dropshipper Namun Jarang Dishare dan Banyak Orang Belum Tahu.


Tiga Trik Rahasia Yang Sering Dilakukan Dropshipper Namun Jarang Dishare dan Banyak Orang Belum Tahu.

Nissamaheswary.com - Dropshipper? Siapa yang tidak tahu Dropshipper, artinya jual barang tapi tidak perlu stock barang berati tidak perlu modal dan hanya bermodalkan HP, Koneksi Internet, Cari Supplier, Pajang Foto Produk, Naikin (markup) Harga dan Jualan. Bereskan??

Ok langsung saja, Berikut ini trik tiga rahasia seorang Dropshipper namun jarang dishare ke orang. Intinya sebagai Dropshipper kita harus bisa mensiasati, mencari dan memanej masalah Supplier yang tepat dan benar untuk toko online Dropship kita.

Dengan satu Supplier kita akan lebih mudah untuk mengkontrol seperti pengiriman, distribusi, atur jasa kirim, atur alamat untuk pengiriman  ke alamat Pembeli, jadi kita sebagai Dropshipper tidak akan ribet masalah ini.

I. Satu Supplier Satu Alamat dengan Toko Kita.

Berikut ini Kelebihan Jika Kita Buka Toko Online Sebagai Dropshipper Dengan Menggunakan atau Memakai Satu Supplier Alamatnya Sama atau Satu Kota dengan Toko Kita.

Toko Online Dropshipper kita beralamat di Jakarta. Supplier kita beralamat di Jakarta.

Berdasarkan status alamat toko kita dengan alamat Supplier sama, ini akan mempermudah dalam bertransaksi, ketika ada pembeli kita walaupun diluar Jakarta. Adapun kemudahan transaksinya adalah sebagai berikut:

  1. Ketika ada pembeli beralamatkan diluar Jakarta, misal: beralamatkan di Palembang, maka kita akan membelikan atau membelanjakan barang pembeli kita ke Supplier ke alamat sesuai atau sama dengan alamat kita yaitu Jakarta.
  2. Alhasil, kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat, karena jasa kirim dari pembeli tinggi, dimana pembeli beralamatkan jauh di Palembang berati diluar propinsi atau kota.
  3. Kita sebagai Dropshipper yang beralamatkan sama dengan Supplier di Jakarta, ketika membeli barang untuk pembeli harganya murah atau tidak ada jasa kirim yang tinggi kita ke Supplier, karena alamat sama satu kota.
  4. Dengan demikian barang yang kita belikan ke Supplier langsung kirim ke alamat pembeli kita di Palembang dimana jasa kirimnya tinggi tetap pembelilah yang menanggung biayanya.
  5. Jadi biaya pengiriman tinggi tersebut masuk ke akun saldo penjualan kita sebagai Dropshipper. Karena pembeli membeli dari Palembang tersebut membeli barang kita sebagai Dropshipper.


Contoh Toko Offline.

Kita sebagai Dropshipper tidak bisa meniru jual beli secara Offline, dimana secara Ofline kita buka toko Offline  dan kita ngambil produk dari banyak Supplier, contoh kita ngambil dari 10 Supplier sekaligus sehingga kita akan mempunyai produk dari 10 Supplier tersebut, alhasil produk kita sangat banyak. 

Dengan begitu membangun atau  membuka toko Offline degan banyak Supplier tidak menjadi masalah atau problem, karena kita sudah ambil produknya dulu dan kita pajang di toko kita.

Kelebihanan Toko Offline banyak Supplier. 
Kita bisa membangun hubungan atau punya hubungan relationship yang bagus dengan banyak Supplier.

Tetapi jika buka toko secara Online dengan banyak Supplier yang terjadi problemnya adalah terlalu banyak pilihan, terlalu banyak produk untuk diingat jika ada pembelian dan sering pindah-pindah Supplier itu yang harus dirubah.

Kesimpulan untuk satu Supplier: 
Saran penulis dengan trik yang tidak banyak Supplier dan hanya memakai satu kebanyakan penjualan sebagai Dropshipper itu lebih stabil dan bisnisnya bisa lebih langgeng dan pada akhirnya akan sukses.


II. Multipel Supplier.

Dengan menggunakan banyak Supplier, Anda pastikan terlebih dahulu semua Supplier tersebut berasal dari kota, kabupaten atau setidaknya propinsi yang sama.

Jadi maksudnya jangan buat toko online di marketplace dan kemudian Suppliernya di berbagai kota atau propinsi, contoh: Supplier dari alamat: Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang semua jadi satu Kompleks ini bakal jadi problem dalam pengiriman barang ke pembeli Anda.

Berikut Permasalahan Jika Menggunakan atau Mempunyai Banyak Supplier dengan Alamat yang Berbeda-beda.

Contoh:
Toko Online Dropsihp kita beralamat di Jakarta. Supplier kita beralamat di Surabaya.

Pada contoh kasus seperti ini, berdasarkan status alamat toko kita dengan alamat Supplier berbeda, dimana alamat toko kita sebagai Dropshipper beralamat di Jakarta dan Supplier beralamat di Surabaya, maka akan jadi problem dalam tranksaksi penjualannya, seperti berikut ini:

  1. Ketika ada pembeli beralamatkan diluar Jakarta, misal: beralamatkan di Palembang, maka kita akan membelikan atau membelanjakan barang pembeli kita ke Supplier ke alamat berbeda dengan alamat toko kita (Dropshipper) karena alamat Supplier di Surabaya.
  2. Kita sebagai Dropshipper yang beralamatkan beda dengan Supplier di Surabaya, ketika membeli barang untuk pembeli harganya tinggi karena biaya jasa kirim yang tinggi kita ke Supplier, karena alamat kita Dropshipper berbeda dengan alamat Supplier.
  3. Dengan demikian barang yang kita belikan ke Supplier langsung kirim ke alamat pembeli kita di Palembang dimana jasa kirimnya tinggi tetap pembeli namun kita juga membelinya dengan harga tinggi karena alamat kita berbeda dengan Supplier.
  4. Jadi biaya pengiriman tinggi tersebut masuk ke akun saldo penjualan kita sebagai Dropshipper. Namun juga kita membeli ke Supplier untuk dikirim ke pembeli juga biayanya tinggi karena toko kita alamatnya berbeda denga Supplier. 
  5. Dengan demikian kita sudah mematok atau memasang harga yang sudah kita naikan dari Supplier, Namun kita membelinya masih harga tinggi karena ongkos biaya pengiriman dimana penyebabnya adalah karena alamat kita beda dengan Supplier, jadi kita tidak untung malah rugi.


III. Ikutan Gabung Komunitas Supplier Agregator.

Dengan bergabung ke komunitas-komunitas Supplier ini akan semakin memudahkan kita sebagai Dropshipper akan dibantu sesama komunitas Supplier, apa lagi komunitas Supplier tersebut lebih bagus lagi kalau perusahaan punya yang namanya fulfillment centers (layanan persewaan gudang).

Jadi walaupun kita punya Supplier yang banyak dengan ikut atau gabung group Agregator, maka dengan demikian para Supplier tersebut semua ngumpulin barangnya di satu tempat di komunitas ini atau diperusahaan fulfillment centers, ini nanti dari satu tempat para Supplier tersebut akan seklalu mengirim barang apapun langsung ke alamat pembeli kita.

Dengan kata lain, sebenarnya sama seperti anda punya satu toko satu Supplier tapi bedanya ini ada komunitas Agregator berarti ini ada gedung untuk gudangnya (fulfillment centers) ada satu company atau satu komunitas yang ngumpulin barangnya di satu tempat (gudang) dan kemudian dikirim ke alamat pembeli langsung, ini jauh lebih mudah buat kita sebagai Dropshipper.

Kelebihan Dengan Gabung Komunitas Supplier Agregator, Sama Memiliki Jumlah Produk Yang Tak Terbatas.

  1. Dengan gabung di komunitas Supplier Agregator kita tidak perlu pusing-pusing mikirin masalah jumlah produk karena Agregator pasti jumlah produknya jauh lebih banyak dibanding satu Supplier. 
  2. Dan juga kita tidak perlu pusing-pusing mikirin barangnya dikirim dari mana karena semuanya sudah dikumpulin dulu di satu tempat yaitu gudang.
  3. Tidak lagi sibuk melayani pembeli kita atau takperlu pusing-pusing mikirin CS, karena CS nya Semuanya di satu tempat Jadi permasalahan tentang pengiriman barang ke pembeli kita, tinggal tanya ke tempat komunitas Supplier Agregator saja, jadi tinggal beres.

Ok demikianlah Tiga Trik Rahasia Bisnis Dropshipper yang jarang dishare, publish dan banyak orang yang belum tahu. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda sebagai Dropshipper baik yang sudah lama, baru dan akan memulai akan sukses selalu. Bisnis online jual barang tapi tanpa stock barang berarti tidak butuh modal. Semoga bermanfaat.