Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang Efektif.

Tips Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang  Efektif.
5 tips mendirikan startup yang efektif di indonesia.

Nissamaheswary.com - Bisnis startup, apa yang Anda pikirkan jika mendengar tentang bisnis yang satu ini? Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi, namun sebagian lagi masih menebak nebak apa itu bisnis startup. 

Bisnis startup adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital atau teknologi. Dan untuk menjalankan bisnis tersebut dibutuhkan cara dan tips mendirikan bisnis startup yang efektif khususnya di Indonesia.

Berbeda dengan jenis usaha kecil menengah lainnya, startup lebih cenderung dikatakan sebagai bisnis rintisan yang diharapkan bisa berkembng untuk memberikan solusi kepada konsumen terhadap masalah yang sering dihadapi. 

Dalam perkembangan bisnisnya, startup lebih mengandalkan teknologi sehingga cocok dikatakan sebagai usaha di bidang teknologi.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis startup di Indonesia, yuk simak pembahasan berikut ini yang mengulas tentang tips mendirikan bisnis startup yang efektif.

Di sini Ada Dua Point Penting Tips Dalam Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang Efektif.

I. Point Pertama.
Berikut Ini 5 Tips Mendirikan Startup yang Efektif di Indonesia.

  1. Temukan Bisnis yang diminati.
  2. Temukan Tim yang terdiri dari orang-orang yang cakap.
  3. Temukan Ruang Kantor yang bagus.
  4. Temukan Investor yang bersedia mengambil risiko.
  5. Dapatkan Lisensi dan Izin yang tepat.


II. Point Kedua.
Berikut Tips Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang Efektif.

1. Bentuk Tim yang Solid.

Untuk mendirikan sebuah startup yang paling penting untuk diperhatikan adalah tim. Ya, tanpa adanya tim yang solid maka, bisnis startup tidak akan bisa berkembang bahkan akan cenderung bisa menimbulkan kegagalan. 

Lantas bagaimana caranya untuk membentuk tim yang solid tersebut? Salah satu caranya adalah Anda dan tim harus memiliki tujuan yang sama dan tetapkan komitmen sebagai bisnis berkelanjutan. 

Tim yang solid ini juga akan sangat mempengaruhi citra bisnis Anda di mata pada investor serta shareholder juga.


2. Suka Bertanya dan Tidak Berpuas Diri.

Berbeda dengan usaha kecil menengah, bisnis startup adalah bagaimana Anda harus berfikir inovatif dan kritis. Ya, khususnya dalam hal membuat pasar baru. 

Jangan berpuas dulu terhadap hasil yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut, tapi sebaliknya teruslah untuk mencari sela sela kosong pada pasar pasar yang sudah ada. 

Oleh sebab itu, seorang pelaku startup yang baik akan terus bertanya dan berusaha bisa memberikan jawaban baru untuk permasalahan pasar.


3. Mencari Investor yang Bisa Menguntungkan Bisnis.

Bagaimana cara mencari investor? Anda bisa mulai dengan menyesuaikan visi, model bisnis juga produk Anda. Tahukah Anda, perbedaan visi dengan investor akan membuat bisnis Anda tidak akan berkembang.

Tapi jangan juga mengemis atau takut kepada investor, apabila bisnis Anda dipandang memiliki nilai yang baik, maka dengan sendirinya investor akan datang kepada Anda.


4. Perlu Mentor.

Idealisme memang penting, tapi mentor lebih penting lagi. Mengapa demikian? Ya karena mendirikan bisnis terutama startup tidak hanya cukup mengandalkan pengetahuan pribadi atau dari rekan sekerja saja. Melainkan penting juga untuk memiliki mentor yang akan membantu Anda untuk mengenal ekosistem dan cara kerja pada bidang bisnis yang Anda jalani.

Kebanyakan pelaku startup gagal karena sering mengabaikan satu tips ini. Ya karena mereka tidak rendah hati dalam menerima masukan dan percaya diri pada ide yang dibangunnya. Ingatlah bahwa ide Anda belum pasti sesuai dengan ekosistem pasar dan bisnis Anda.


5. Mengandalkan Digital Marketing.

Tahukah Anda bahwa startup dan digital marketing menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan loh. Beberapa startup gagal karena hanya berfokus pada salah satunya saja. 

Misalnya mereka terlalu berfokus pada pemanfaatan teknologi digital dan lupa memanfaatkan pemasaran. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda seperti itu. Coba gunakan Google Ads, SEO dan sosial media juga.

Baca Juga: Berikut Ini Adalah Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Untuk Memulai Usaha.

Selain Dengan Tips Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang Efektif, ada juga 7 Rahasia Tips Teratas Membangun Startup Sukses di Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui. Adapun ke tujuh rahasia tersebut sebagai berikut:

7 Tips Teratas Membangun Startup Sukses di Indonesia.

1. Temukan Pasangan.
Temukan seseorang yang memiliki visi dan hasrat yang sama dengan Anda, dan bersedia berbagi waktu dan sumber daya dengan Anda.

2. Bangun Produk.
Bangun produk Anda dari awal atau gunakan yang sudah ada untuk memecahkan masalah. Fokus pada apa yang diinginkan pelanggan Anda, bukan apa yang menurut Anda mereka inginkan.

3. Buat MVP.
Buat MVP (produk layak minimum) untuk menguji ide Anda dengan pengguna nyata dan kumpulkan umpan balik sebelum berinvestasi terlalu banyak di dalamnya.

4. Dapatkan Pendanaan.
Dapatkan dana dari teman/keluarga atau investor lain, atau mulai menagih untuk layanan Anda segera sehingga Anda dapat menutupi biaya menjalankan bisnis hingga menjadi cukup menguntungkan untuk menopang dirinya sendiri secara finansial tanpa bantuan dari luar.

5. Mulai Pasarkan Usaha Bisnis Anda.
Pemasaran adalah salah satu aspek terpenting dalam memulai bisnis di Indonesia; pastikan Anda memiliki strategi pemasaran untuk menarik pelanggan baru.

Demikianlah informasi yang membahas tentang tips mendirikan bisnis startup di Indonesia yang efektif untuk Anda. Di Indonesia sendiri peluang bisnis startup ada banyak sekali, dan kebanyakan pelaku bisnis startup bisa berkembang dengan cukup baik. 

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, mereka telah memiliki komunitasnya sendiri. Menarik sekali bukan? Semoga bermanfaat.