Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Suara Audio Speaker di Laptop atau PC Anda Disable Mati Total dengan Mudah.

Nissamaheswary.com - Bagi Anda yang sedang kerja kantoran baik secara offline maupun online laptop dan PC telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kita menggunakan perangkat ini untuk berbagai keperluan, termasuk pekerjaan, hiburan, dan komunikasi. Salah satu komponen penting dari laptop atau PC adalah speaker, yang memungkinkan kita mendengarkan suara dan audio dengan jelas.

Namun, terkadang kita dapat menghadapi masalah di mana suara audio speaker di laptop atau PC kita tiba-tiba menjadi mati total. Hal ini dapat sangat mengganggu, terutama jika kita mengandalkan suara untuk menonton video, mendengarkan musik, atau melakukan panggilan suara. 


I. Langkah Pertama.

Langkah pertama sebelum anda untuk mengecek audio speaker laptop atau pc anda benar-benar mati total atau pun tidak berfungsi lebih baiknya teliti seperti permasalahan berikut ini: 

  • Periksa kabel dan konektivitas speaker. Kadang-kadang, masalah suara mati total dapat disebabkan oleh kabel yang longgar atau konektor yang rusak. 
  • Periksa pada pengaturan volume suara, biasanya kesalahan atau kelalaian yang sering terjadi adalah volume yang disetel ke level minimum atau dalam keadaan mute dapat menyebabkan hilangnya suara.

II. Langkah Kedua.

Untuk mengecek secara cepat apakah speaker Laptop atau PC Anda ada suaranya atau tidak, Anda tidak perlu memutar musik ataupun memutar  video, yaitu Anda langsung saja melakukan dengan cara sebagai berikut ini:

  • Silakan klik ikon Speaker di kanan bawah dengan menggeser kekanan full untuk membesar volume maka akan berbunyi begitu juga sebaliknya Anda bisa menggeser ke kiri untuk mengecilkan suara volumenya maka juga akan bunyi suara volume terkecil.


Ok langsung saja berikut ini cara mengatasi audio speaker laptop ataupun PC yang hilang  ataupun mati total sama sekali tidak mengeluarkan suara.

A. Cara Pertama.

1. Silakan klik kanan ikon Speaker di tampilan desktop kanan bawah → Lanjut pilih Sound/Suara.

2. Lanjut pada tampilan Playback/Pemutaran silakan klik kanan di Speaker Realtek(R) Audio dan Aktifkan atau Enabled jika posisi masih Non Aktif atau Disable.


B. Cara Kedua.

Untuk cara kedua langkahnya sama seperti pada langkah cara pertama diatas, tetapi pada tampilan di Playback/Pemutaran lakukan dengan langkah berikut ini:

1. Silakan klik kanan di Speaker Realtek(R) Audio → Lanjut pilih Properties.

2. Lanjut pada tampilan Speaker Properties → Pilih Enhancement dan apabila laptop Anda Windows 10 ke bawah dipastikan bukan nama Enhancement akan tetapi Advance/Tingkat Lanjut.

3. Lanjut pada sub-sub menu Advance/Tingkat Lanjut, selanjutnya pada Default Format pilih yang 16 bit, 48000 Hz. Dan coba tes Suaranya dengan Klik Ikon Start.

4. Lanjut silahkan Aktifkan dengan Menceklis pada sub-sub menu dari 3 tampilan seperti berikut ini: Model eksklusif, Akselerasi perangkat Keras, Peningkatan Sinyal. Lanjut Close.


C. Cara Ketiga.

Jika dengan ketiga cara diatas masih gagal atau suara audionya tidak muncul, Anda bisa mengikuti dengan langkah cara ketiga yaitu seting langsung di menu service, Adapun caranya seperti berikut ini:

1. Silahkan Klik  di kolom pencarian  kiri bawah dan ketikan Service.

2. Lanjut pada tampilan Service pilih Windows Audio.

3. Lanjut pada pilihan Windows Audio silahkan cek pada Startup Type dipastikan pada pilihan Automatic. Jika bukan silahkan klik kanan di pilihan Windows Audio dan pilih Properties → Lanjut pilih AutomaticApply dan OK.

4. Langkah selanjutnya pada pilihan Windows Audio Klik Kanan dan pilih Restart.

5. Tunggu proses Restart berlangsung di Laptop atau PC Anda dan silahkan coba tes Audio Speaker laptop Anda.


Kesimpulan
Pada kesimpulannya, suara audio speaker yang mati total pada laptop atau PC dapat menjadi masalah yang menjengkelkan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Namun, jika masalah suara mati total pada speaker laptop atau PC tidak dapat diatasi dengan langkah-langkah tersebut, Anda coba terlebih dahulu membaca artikel lain terkait permasalahan Speaker Audio bermasalah di laptop dan PC di artikel sebelumnya dan silahkan Baca Di Sini.

Untuk lebih jelasnya Anda juga dapat menonton Tutorial Video di bawah ini:

I. Video Pertama


II. Video Kedua.

Dengan demikian, dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini begitu juga dengan Tutorial Videonya, diharapkan Anda dapat mengatasi masalah suara audio speaker yang mati total pada laptop atau PC Anda dengan mudah. Semoga bermanfaat dan membantu.