Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Suara Laptop atau PC Komputer Yang Hilang, Tidak Berfungsi atau Tidak Bersuara di Windows 7, 9, 10 dan Versi Lainnya

Nissamaheswary.com - Anda pengguna setia laptop atau PC komputer untuk keperluan pekerjaan atau aktivitas lainnya, pasti pernah mengalami masalah suara audio ataupun speaker di laptop atau pc Anda tiba-tiba hilang, jadi suara apapun yang sedang Anda putar baik musik untuk video maka tidak akan menghasilkan suara.

Cara Mengatasi Suara Laptop atau PC Komputer Yang Hilang, Tidak Bersuara di Windows 7, 9, 10 dan Versi Lainnya

Akan tetapi pada settingan audio ini normal-normal saja dan tidak ada kendala seperti adanya tanda seru kuning tAnda silang merah, intinya speaker audio laptop bermasalah. Tetapi kenapa tetap tidak bisa mengeluarkan suara, dari mulai buka dan hidupnya laptop dan suara-suara lianya.

Terkadang saat Anda bekerja dengan laptop atau PC, audio terputus atau hilang. Ini biasanya disebabkan oleh masalah perangkat lunak seperti pembaruan, masalah kompatibilitas, dan konfigurasi terkait komputer lainnya.

Anda mengalami masalah suara pada laptop atau PC, kemungkinan besar penyebabnya adalah masalah pada driver audio.

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer PC, Anda mungkin mengalami masalah suara. Gangguan teknologi tidak bisa dihindari, tapi jangan panik! Memperbaiki suara yang hilang atau tidak ada di laptop atau komputer PC lebih mudah dari yang Anda kira.

Ada sejumlah alasan mengapa Anda mungkin mengalami kehilangan atau tidak ada suara di laptop atau komputer PC Anda. Yang paling umum adalah masalah perangkat lunak dan driver yang bermasalah atau tidak terisntal dengan baik.

Driver audio adalah antarmuka antara perangkat keras komputer Anda dan perangkat lunak yang berjalan di komputer Anda. Saat driver audio tidak berfungsi, berbagai masalah mungkin muncul.

Dimana driver audio berfunsdi dan diperlukan untuk menerjemahkan data dengan benar dari apa yang Anda lihat di layar menjadi apa yang Anda dengar melalui speaker.

Baca Juga: Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down dengan Benar.

Jika tidak ada suara, kemungkinan besar driver audio Anda tidak terpasang atau tidak berfungsi dengan baik. Dan jangan selalu memvonis ada kerusakan atau bermasalah pada hardwarenya, padahal belum tentu demikian dan yang paling umum adalah kesalah Driver audio sitem pada Speaker(R) Realtek Audio.

Ok Berikut Ini Cara Mengatasi Suara Laptop atau PC Komputer Yang Hilang atau Tidak Bersuara di Windows 7, 9, 10 dan versi windows lainnya, berikut caranya:

I. Langkah Pertama.

Coba Anda lihat ikon sound speakernya apakah ada tanda seru merah, tAada silang atau tanda-tanda warning atau peringatan lainnya, yang intinya menandakan sound speakernya bermasalah, sehingga mengakibatkan suara hilang atau tidak ada sura warning atau peringatan sama sekali jika kita melakukan perintah atau pengopersian yang salah.


II. Langkah Kedua.

Pada langkah kedua, Anda cek terlebih dahulu dengan Klik Kanan pada ikon Speaker di bawah kanan dekstop, lanjut klik sound lanjut lihat pada bagian Playback atau Outputya, Output ini berfungsi mengeluarkan suara audio di laptop ataupun pc, jika tidak aktif ataupun disable silahkan Klik Kanan dan pilih Enable.

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Menggunakan Beberapa Aplikasi di HP Android Secara Bersamaan yang Jarang Orang Tahu. Ayo Lakukan Sekarang.


II. Langkah Terkhir.

1. Silahkan masuk ke Windows Explorer ataupun Windows + E lanjut ilih Klik Kanan This PC.

2. lanjut pada Computer Management à Lanjut pilih Device manager à lanjut pilih Sound video and game controllers à Pilih dan klik kanan di Audio Realtek(R) Audio à Update driver

3. Lanjut pada tampilan jendela Update driver --> Realtek(R) Audio --> Lanjut pilih Browser my computer for draivers Unceklist (hilangkan centangnya) pada Include subfolders Let me pick from a list of available drivers on my computer --> Lanjut pilih dan klik High Definition Audio Device --> Lanjut klik Next.

4. Lanjut pada tampilan Upadate Driver Warning Klik Yes. Dan selanjut windows akan proses Instaling drivers dan tunggu sampai muncul tampilan Windowa has succsessfully update your drivers lanjut klik Close.

5. Yang terkahir pada tampilan System Settings Change silahkan pilh dengan klik Yes, untuk memulai Restart laptop atau PC Anda.

Jika Restart sudah selesai maka suara Sound Speaker Anda sudah dipastikan akan kembali normal dan tentunya besuara lagi. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggerakan dengan menggeser turun dan naik volume sound Anda dan dipastikan akan berbunyi.

Anda juga dapat menonton Video Tutorial Cara Mngatasi Suara Laptop yang Hilang atau Tidak Berfungsi, dibawah ini.

Jika ada kurang yakin Anda bisa memutar video YouTube ataupun musik, Oke demikianlah bagaimana cara mengatasi suara audio sound yang hilangatau tidak berfugsi. Semoga dapat membantu dan berhasil.