Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Praktis dan Terbaru Cara Mudah Mengambil Screenshot atau Tangkapan Layar dengan Tombol Pintas di Laptop.

Nissamaheswary.com - Mengambil tangkapan layar adalah tugas yang umum dilakukan untuk berbagai keperluan, mulai dari dokumentasi hingga berbagi informasi. Di artikel ini, penulis akan menjelaskan dengan cara yang efektif dan cepat untuk mengambil screenshot menggunakan tombol pintas di laptop.

Dari tangkapan layar layar penuh hingga area kustom yang dapat Anda tentukan sendiri, yang mana cara terbaru ini sama sekali tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun seperti aplikasi Snipping Tool yang sudah ada di bawaan windows atau laptop Anda.

Pada penjelasan di artikel kali ini bisa kita lakuan di semua perangkat laptop yaitu bagaimana cara screenshot di laptop windows 7 10 merek asus, acer, lenovo, hp, axioo, dell, toshiba, acer aspire 3 dan berbagai merek serta jenis laptop lainnya. Bagaimana mantab bukan..?

Ok langsung saja tidak usah banyak baca, yuk sima trik cepat, simpel, sederhana dan praktis tentunya yaitu cara menangkap layar di laptop baik secara full atau hanya sebagian saja.

I. Cara Pertama.

Cara menangkap layar atau screenshot layar untuk cara pertama ini sangat simpel sekali, yaitu Anda hanya menyiapkan layar yang berisi dokumen, gambar atau objek lainnya yang ingin Anda ambil gambarnya, dan langsung saja menekan tombol keyboard “ wind + prt sc ” (windows + print screen).

Namun dengan cara pertama cara tangkap layar dengan menggunakan tombol rahasia keyboard yaitu “ wind + prt sc ” (windows + print screen), ini hanya bisa menangkap layar secara full screen sesuai semua objek yang tampil secara penuh di layar monitor laptop Anda.

II. Cara Kedua.

Sedangkan untuk cara kedua ini kita bisa menangkap layar hanya sebagian saja (tidak full layar ataupun full screen) yang hanya fokus di bagian objek ataupun gambar saja sesuai yang kita inginkan.

Dengan cara kedua juga kita juga bisa melakukan penangkap layar ataupun Meng Screenshot secara keseluruhan juga sesuai dengan pelebaran layar monitor laptop anda.

Kelebihan dengan cara kedua ini kita bisa menangkap layar dengan berbentuk persegi panjang atau kotak, lingkaran, oval dan berbentuk windows sesuai kita inginkan, berbeda dengan cara pertama di atas yang hanya berbentuk secara full screen ataupun kotak.

Ok langsung saja ke trik ampuh berikut cara mencari hasil tangkapan layar atau cara screenshot layar di laptop yang simpel tanpa menggunakan "Snip & Sketch" yaitu hanya melalui pintasan keyboard yaitu: "Windows + Shift + S".

I. Langkah Pertama Cara Mengambil Screenshot:

1. Siapakn layar atau objek yang mau di ambil dengan menangkap layarnya --> Lanjut tekan tombol "Windows + Shift + S" secara bersamaan. Selanjutnya area kerja atau layar akan berubah menjadi buram.

2. Lanjut silakan Anda menyeret dengan klik kiri mouse atau touchpad untuk memilih area atau sebagian layar yang ingin diambil tangkapan layarnya.

3. Lanjut setelah memilih area yang ingin Anda tangkap layar, silakan lepas klik kiri dan selesai.

II. Langkah Kedua Mengedit Hasil Tangkapan Layar.

Selanjutnya jika sudah melakukan dengan langkah pertama pada uraian di atas, sekarang Anda tinggal mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya, Anda dapat menggunakan alat atau aplikasi penyunting seperti Ms Word, Paint, Photoshop dan aplikasi penyunting atau edit gambar lainnya.

Contoh disini menggunakan aplikasi Paint yang mudah dalam penggunaan atau pengoperasiannya. Berikut caranya:

Syaratnya Anda lakukan dan selesaikan dengan langkah pertama (Cara Kedua) pada uraian di atas sampai pada poin yang terakhir atau ke keempat.

  1. Lanjut langsung saja anda buka aplikasi paint dan lanjut pada lembaran baru, lanjutnya Anda tinggal Pastekan di lembaran baru tersebut.
  2. Lanjut Anda tinggal mengedit jika dirasa kurang pas bisa memangkas atau memotongnya.
  3. Dirasa jika sudah selesai semua langkah selanjut Anda tinggal simpan, jangan lupa pilih letak penyimpanan supaya Anda tidak kesulitan mencari hasil  dengan memilih jenis tipe seperti JPG, PNG dan beberapa tipe lainnya.

Cara Mencari Hasil Tangkapan Layar yang Disimpan:

Untuk membuka hasil tangkapan layar atau screenshot yang Anda simpan, ini yang perlu Anda ketahui jika Anda mengambil tangkapan layar yaitu dengan cara pertama diatas.

Dimana dengan cara pertama diatas hanya bisa melakukan tangkapan layar secara full screen atau seukuran layar monitor laptop, yang mana cara pertama diatas hanya dilakukan dengan menekan tombol keyboard “ wind + prt sc ” (windows + print screen).


Cara Cepat Mencari atau Membuka Hasil Tangkapan Layar yang Disimpan pada Cara Pertama diatas, caranya sangat simpel yaitu seperti berikut ini:

1. Silakan buka File Explorer dengan menekan "Windows + E".

2. Lanjut cari letak file direktori penyimpanan di Gambar atau Picture --> Lanjut silakan pilih file dengan nama Screenshot.

3. Lanjut pilih pada bagian Tanggal → Silakan pilih ikon tanda panah kebawah.

4. Lanjut pilih atau sortir tanggal pada saat itu juga (saat Anda menangkap layar).

Perlu diperhatikan.
Jika saat Anda mengambil tangkapan layar dengan Cara Pertama diatas yaitu dengan cara menekan tombol keyboard wind + prt sc, dan melakukan screenshot berulang-ulang, maka akan tampil semua hasil tangkapan layar di file menu Screenshot, dan yang terbaru biasa terletak pada bagian bawah sendiri.

Oh iya Guys, untuk lebih jelasnya Anda juga dapat menonton video Tutorialnya di bawah ini:


Ok demikianlah langkah-langkah cara mengambil tangkapanlayar atau screenshot layar yang dilakukan dengan dua cara seperti pada uraian diatas. Setelah Anda menemukan berkas gambar tangkapan layar yang diinginkan, Anda dapat membukanya, membagikannya, atau menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Semoga penjelasan secara singkat, padat, lugas dan jelas ini dapat membantu Anda dalam proses mengambil dan mencari tangkapan layar dengan cara jalan pintas tanpa sekali menggunakan aplikasi tambahan apapun termasuk juga aplikasi yang sudah ada di bawaan laptop atau windows Anda. Semoga bermanfaat!