Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Masalah Audio Realtek di Windows 10 atau Cara Mengatasi Speaker Realtek ® Audio yang Nonaktif di Windows Dijamin Teruji dan Ampuh.

Nissamaheswary.com - Audio speaker laptop Anda tidak berfungsi atau bermasalah dapat menjadi pengalaman yang sangat frustasi, terutama ketika kita bergantung pada komputer untuk berbagai keperluan, seperti hiburan atau produktivitas.

Namun, jangan khawatir, nissamaheswary.com telah menyusun serangkaian langkah-langkah yang dapat membantu Anda mengidentifikasi, memecahkan, dan mengatasi masalah audio yang sedang  Anda hadapi saat ini.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah audio di komputer Anda. Dari menjalankan pemecah masalah hingga menginstal ulang driver audio, penulis akan menjelaskan sesuai prosedur yang benar dan yang pernah penulis alami.

Perhatian! 
Dalam artikel kali ini ada enam langkah Tips Ampuh: Memperbaiki Masalah Audio pada Laptop Anda yang Tidak Bekerja di Windows 10 keatas atau Cara Mengatasi Realtek Audio yang Nonaktif di Windows.

Anda tidak harus menggunakan keenam langkah-langkah tersebut, bisa hanya beberapa langkah satu atau dua saja bisa berhasil.

Dengan mengidentifikasi masalahnya dan mengikuti langkah-langkah perbaikan yang sesuai, maka Dijamin Ampuh! dan dapat membantu mengatasi masalah audio jika dilakukan dengan benar. Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap langkah:

Ok langsung saja berikut ini langkah-langkah cara mudah memperbaiki Audio yang tidak bekerja di Windows 10 ke atas.

I. Langkah Pertama.

Jalankan Troubleshooter Audio.

Berikut ini caranya:

  1. Silakan masuk di pencarian pada taskbar kiri bawah dan ketikan nama Troubleshoot settings --> Additional Troubleshooter --> Playing Audio klik kanan --> Run the Troubleshooter.
  2. Silakan tunggu (detecting problems) --> Realtek (R) Audio is disabled --> Silakan tunggu (detecting problems) --> klik View detailed information (dipastikan terdeteksi) --> Next --> Close the Troubleshooter.
Mengatasi Masalah Audio di Windows 10

Mengatasi Masalah Audio Realtek di Windows 10

II. Langkah Kedua.

Aktifkan Realtek (R) Audio (enabled).

Di Device Manager, pilih komputer Anda dan pindai perangkat keras baru untuk mencoba mendeteksi ulang perangkat audio Realtek Anda. Aktifkan perangkat audio jika tidak aktif dan Perbarui Driver:

Di pengaturan Windows, cek pembaruan driver opsional dan perbarui driver audio Realtek di laptop Anda. Berikut ini caranya:

  1. Silakan masuk di pencarian pada taskbar kiri bawah dan ketikan Device manager --> Lanjut cari Nama Laptop (pilih klik paling atas sendiri) --> Lanjut klik kanan dan pilih Scan for hardware changes.
  2. Lanjut pilih pilih Sound video and game controller --> Realtek (R) Audio --> Klik kanan --> Enabled.
  3. Masih lanjut di Realtek (R) Audio  pilih Realtek (R) Audio --> Klik kanan --> Update Driver --> Search Automatically for drivers --> Close --> Close Device manager.

 

III. Langkah Ketiga.

Hapus Driver Audio.

Di Device Manager, uninstall driver audio Realtek, dan pastikan untuk menghapus perangkat lunak penggeraknya juga dan lanjut Restart komputer Anda. Berikut caranya:

  1. Silakan masuk di Setting --> Pada tampilan Windows Setting, Update and security --> (Windows Update) --> Check for updates --> Silakan tunggu (checking for updates).
  2. Lanjut Pilih View all optional updates --> pilih Driver updates ---> Ceklist (nama laptop) --> pilih dan klik Download and install --> Lanjut silakan Minimise pata tampilan layar Windows settings.
  3. silakan masuk ke Device manager --> pilih Sound video and game controller --> Klik tanda panah kebawah (expand) pilih Realtek (R) Audio (R) Audio --> klik kanan Uninstall Device --> Checklist di Delete the driver software for this device --> Uninstal --> Lanjut silakan Restart laptop Anda.

 

IV. Langkah Keempat.

Tambahkan Perangkat Keras Legacy.

Masuk ke Device Manager, tambahkan perangkat keras audio sebagai perangkat keras legacy jika sudah selesai lanjut Restart komputer Anda. Berikut caranya:

  1. Silakan masuk ke Device Manager --> Lanjut pilih Sound video and game controller  --> arahkan kursor mouse paling atas dan pilih Action --> Add Legacy Hardware --> Next.
  2. Lanjut Pilih install the hardware that I manually select from a list (Advanced) --> Next --> Sound video and game controller --> Next --> tungu sampai selesai --> Lanjut Close Device Manager --> Restart.
  3. Selanjutnya Anda tinggal Restart Layanan Windows Audio.

 

V. Langkah Kelima.

Perbarui Driver Pengontrol Audio di Services.

Melalui pengaturan di Services, mulai ulang layanan Windows Audio dan pastikan itu diatur sebagai otomatis dan Perbarui Driver Pengontrol Audio. Berikut caranya: 

1.     Silakan masuk di kolom pencarian pada taskbar kiri bawah lanjut ketikan dan masuk di Service --> Lanjut cari dan pilih Windows Audio --> Klik kanan dan pilih Properties --> Lanjut pada Service status silakan Klik Start.

2.     Lanjut pada Startup type pilih Automatic --> Apply and Ok --> Restart --> Close Services.

 

VI. Langkah Keenam.

Perbarui System Device (Driver High Definition Audio Controller).

Masih tampilan windows Device Manager, perbarui driver untuk High Definition Audio Controller. Berikut caranya:

  1. Masih dalam tampilan windows Device manager --> Silakan dobel klik System Device (biasanya terletak nomor dua paling bawah)
  2. Lanjut cari High Definition Audio Controller --> Lanjut Klik Kanan Update Driver --> Pilih Browse my computer for drivers --> Lets me pick from a list of available drivers on my computer --> klik High Definition Audio Controller --> Next --> akan restart secara otomatis dan berhasil.
Memperbaiki Masalah Audio pada Laptop Anda


Cara Mengatasi Speaker Realtek ® Audio yang Nonaktif di Windows.


Cara Mengatasi Realtek Audio yang Nonaktif di Windows


Cara Mudah Memperbaiki Audio yang Tidak Bekerja di Windows 10


Mengatasi Masalah Audio di Windows 10

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Anda seharusnya Anda berhasil untuk memperbaiki masalah audio Anda. Demikianlah Tips Ampuh: Memperbaiki MasalahAudio pada Laptop Anda atau Solusi Terbaru: Cara Mengatasi Realtek Audio yangNonaktif di Windows. Semoga membantu dan selalu bermanfaat.