ips Perbedaan SSD Dan Hardisk di Laptop atau PC komputer Yang Wajib Anda Ketahui. - nissamaheswary.com

Iklan Display Atas

Perbedaan SSD Dan Hardisk di Laptop atau PC komputer Yang Wajib Anda Ketahui.

Nissamaheswary.com - Untuk sekarang ini banyak pengguna laptop ataupun PC komputer merasa penasaran apa sih fungsi atau kegunaan SSD dan apa bedanya juga dengan Hardisk.

Perbedaan hdd dan ssd di laptop atau pc komputer

Apa Itu SSD.

SSD kependekan dari Solid State Drive yaitu suatu perangkat keras generasi terbaru yang berfungsi sebagai media penyimpanan, baca akses data meningkatkan kecepatan kinerja atau performa laptop atau PC komputer.

Dengan kata lain juga, SSD ini merupakan pengganti hardisk, yang kinerjanya dengan sistem perangkat mekanis, magnetik dan elektrik dengan menggunakan memori berbasis flash, yang dapat mengakses penyimpanan data juga merubah performa kinerja secara cepat pada laptop atau PC komputer.

Pertanyaan yang sering muncul tentang SSD adalah, karena SSD salah satu jalan yang paling banyak digunakan untuk mengupgrade laptop ataupun PC komputer dengan tujuan untuk meningkatkan performa ataupun kinerja atau sistem penyimpanan data laptop atau PC komputer dengan cepat dan hanya dalam hitungan detik.

Apa Perbedaan Harkddisk Dengan SSD?

Sesuai dengan uraian diatas Apa itu SSD, SSD sistem kerjanya bergerak secara mekanis, magnetik dan elektrik untuk membaca, menyimpan dan mengambil data informasi dan juga meningkatkan performa kecepatan sebuah laptop atau PC komputer.

Berbeda dengan hardisk, suatu perangkat keras yang masih menggunakan lempengan besi berbentuk lingkaran seperti piring yang berfungsi bekerja dengan berputaran ribuan kali perdetik untuk pengambilan perintah data.

Apakah Setiap Semua Laptop Sudah Memiliki SSD?

Untuk semua laptop dari berbagai jenis merek dan model belum tentu memiliki SSD, akan tetapi Aanda bisa mengupgrade atau menggantinya harddisk yang lama dengan SSD dan untuk menggantinya pun Aanda tinggal melepas harddisk dan memasangnya SSD pada tempat harddisk yang lama.

Berikut Cara Memasang SSD di Laptop.

  1. Yang pertama dilakukan adalah silakan bongkar casing atau penutup laptop di bagian bawah atau belakang, pada laptop tertentu biasanya di bagian bawah depan dan   lepas semua sekrup atau baut.
  2. Silahkan lepas harddisk dengan melepaskan semua sekrup di body dan jangan lupa lepas kabel data dengan membuka klem atau penyangga di harddisk.
  3. Silahkan lepas juga bagian kerangka casing atau penyangga yang menempel di hardisk, Ini akan pindahkan untuk pasang ke SSD baru supaya tidak goyang dan kencang.
  4. Setelah anda memasangkan casing pada hardisk lama ke SSD dengan sekrup, sekarang Anda tinggal lanjut memasang SSD ke body laptop dengan pasang dan kencangkan sekrup.

Berikut Beberapa Kelebihan atau Keunggulan SSD Dari Pada HDD.

1. Sistem booting yang lebih cepat.

Dengan memakai SSD maka waktu sistem booting windows lebih cepat dan anti lemot dari pada dibandingkan Dengan penggunaan harddisk atau HDD.

Pada waktu booting Windows tidak mengeluarkan suara gerakan seperti kipas berputar seperti pada harddisk. SSD tidak sama sekali mengeluarkan suara karenasistem kerjanya secara mekanis dan eletrik dan materi komponenya sekumpulan memori saja.

2. Daya konsumsi listrik SSD lebih hemat dan irit.

Berdasarkan berapa praktek dan penelitian yang dilakukan sistem kerja SSD dalam mengkonsumsi daya listrik di laptop atau PC komputer lebih irit yaitu membutuhkan daya kurang lebih 1 Watt sedangkan untuk Harddisk mencapai 10 Watt lebih.

3. SSD Sangat berpengaruh pada permainan game.

Dengan menggunakan SSD secara garis besar dapat memacu dan meningkatkan performa kinerja laptop atau PC komputer secara signifikan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan Hardisk.

Dari jenis game apapun dengan pemakaian SSD di laptop atau PC komputer anda, dapat mempercepat seperti multitasking, kecapatan baca tulis perintah, penerapan gambar pixel video game dan berbagai pengoperasi lainnya ketika anda sedang memainkan game.

4. Kelebihan lainnya yang dimiliki SSD.

Perangkat SSD dirancang khusus untuk kecepatan performa kinerja pada laptop atau PC komputer yang secara global juga untuk membaca akses data selain sebagai penyimpanan dan pengambilan informasi data.

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan dan juga perbedaan antara SSD dengan HDD atau Hardisk yang patut anda Anda ketahui dan wajib Anda coba untuk mengupgradenya.

Jika laptop atau PC komputer anda mengalami lemot ataupun lelet pada saat menghidupkan dan juga sistem kinerjanya, disarankan dengan upgrade dengan menggunakan SSD baru adalah alasan yang sangat tepat untuk meningkatkan performa kinerja sebuah laptop atau PC komputer Anda.

BACA JUGA: Begini cara cepat transfer fFile dari Laptop ke HP Android atau Smartphone tanpa kabel data.

Berbagai Toko Online Menyediakan Berbagai Merek Dan Ukuran SSD.

Perangkat keras sebagai pengganti HDD yaitu SSD ini juga sudah tersedia di berbagai marketplace ataupun toko online seperti Shopee, Bukalapak Tokopedia dan berbagai Toko online lainnya.

Dan dalam segi belanja atau pembeliannya dapat dilakukan dengan sistem COD tentunya akan membuat belanja anda menjadi lebih aman dan lebih yakin. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel Di Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Paling Bawah Artikel