Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Mencetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru Melalui HP Android, Smartphone atau Laptop.

Nissamaheswary.com - Bagi Anda yang sudah melakukan vaksin maka bukti dokumen vaksinasi perlu dan wajib Anda punya. Apa susahnya atau beratnya Anda untuk mencetak bukti vaksinasi covid-19?

Sangat disayangkan sekali jika Anda tidak atau belum mencetak sertifikat vaksin setelah Anda melakukan vaksinasi.

Untuk vaksin covid-19 saja Anda sudah rela dan ikhlas melakukan sebagai masyarakat yang baik, tetapi kenapa hanya inggal mencetak sertifikat vaksinasi Anda juga belum melakukan.

Wajibkah dan Pentingkah Kita harus mencetak sertifikat vaksinasi covid-19?

Seperti Kata Pepatah:
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, Menyediakan menyiapkan lebih bagus dari pada mencari.

Perlu Anda ketahui, bukti vaksinasi covid-19 ini digunakan untuk keperluan seperti Anda sedang melakukan pergi ke luar daerah, dan biasanya juga bisa digunakan untuk kepentingan seperti keperluan-keperluan lainnya.

Ok langsung saja bagaimana cara mencetak sertifikat vaksin, ini tentu berlaku bagi Anda yang sudah melakukan vaksin dan untuk Anda yang belum, silahkan lakukan vaksinasi covid-19 terlebih dahulu.

Ada dua cara bagaimana mencetak sertifikat vaksin bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi covid-19, 2 cara untuk mencetak sertifikasi vaksin sangat mudah dan simpel sekali, yaitu dengan cara berikut ini:

A. Cara mencetak sertifikat vaksinasi covid 19 melalui laptop atau PC komputer.

I. Cara Pertama.
Untuk cara pertama mencetak sertifikat vaksinasi dengan menggunakan laptop atau PC komputer, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Silahkan buka browser atau Google Chrome di laptop atau PC komputer Anda.
  2. Lanjut silahkan ketikan nama websitenya yaitu www.PeduliLindungi.id
  3. Lanjut jika ada konfirmasi sebelum masuk ke websitenya, silakan klik Saya Setuju.
  4. Silakan klik login di pojok kanan atas untuk masuk di website PeduliLindungi, ingat disini kita tidak perlu mendaftar karena kita sudah vaksinasi dan datanya sudah didaftarkan oleh tim kesehatan setempat.
  5. Silahkan pilih masukkan nomor HP yang sudah Anda daftarkan pertama kali pada waktu vaksin covid-19 → Lanjut klik I'm not robot → Lanjut klik MASUK
Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru


Pada waktu Anda memasukkan nomor HP tadi, secara otomatis Kode OTP telah dikirim melaui pesan ke nomor HP Anda. Masukkan Kode Verifikasi yaitu dengan memasukan Kode OTP maka secara otomatis akan TERVERIFIKASI.

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru


Setelah terverifikasi maka Nama Akun Anda sudah tampil di pojok kanan atas dan Anda sudah berhasil login di website PeduliLindungi.id.

Penjelasan uraian di atas adalah cara mencetak sertifikat vaksinasi covid-19 sebelumnya Anda harus masuk atau login di website PeduliLindungi.id melalui laptop atau PC komputer Anda.


II. Cara Kedua.
Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan cepat sekali untuk mencetak sertifikat vaksinasi covid-19 melalui laptop atau PC komputer Anda, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Silahkan Anda lihat pada tampilan paling atas di beranda website PeduliLindungi.id yang bertuliskan Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini”
  1. Setelah Anda mengklik Cek sertifikat Anda di sini, maka akan dialihkan pada tampilan login ke website PeduliLindungi.id.
  2. Silakan masukkan nomor HP yang sudah Anda daftarkan waktu pertama kali vaksinasi.
  3. Lanjut klik I'm not robot → Lanjut klik MASUK → Isikan Kode OTP yang dikirim pesan ke nomor HP Anda → Lanjut klik VERIFIKASI.

Cara Cetak Sertifikasi Vaksin Covid-19 Melalui Laptop atau PC Komputer.

Setelah Anda mengklik Verifikasi maka secara otomatis Anda sudah masuk atau login diwebsite PeduliLindungi.id dan sekarang saatnya Anda tinggal untuk mencetak atau sertifikat vaksinasi covid-19 caranya mudah sekali yaitu sebagai berikut:

1. Silahkan klik nama akun Anda di pojok kanan atas → Lanjut pilih dan klik Sertifikat Vaksin.

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru


2. Selanjutnya klik Nama Akun Anda maka selanjutnya ada tampilan sertifikat Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua.

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru


3. Selanjutnya Anda tinggal mencetaknya yaitu dengan cara klik tampilan gambar Sertifikat Vaksin Pertama dan Sertifikat Vaksin Kedua → Lanjut klik Unduh Sertifikat.

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19 Terbaru

Setelah Anda berhasil mengunduh Sertifikat Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua sekarang Anda siap mencetaknya melalui laptop atau PC komputer Anda.

B. Cara mencetak sertifikat vaksinasi covid 19 melalui HP Android ataupun smartphone.

Sebenarnya cara mencetak sertifikat vaksinasi covid-19 melalui HP Android sama langkah-langkahnya nya ketika mencetak vaksinasi dengan menggunakan laptop atau PC komputer. Oke Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

Jika Anda belum ada aplikasi PeduliLindungi, silahkan download dan instal terlebih dahulu di HP atau Smartphone Anda, buka Google Play ataupun Play Store dan cari aplikasi dengan nama PeduliLindungi.
  1. Silahkan buka aplikasi PeduliLindungi di HP Android atau Smartphone.
  2. Lanjut pada tampilan pertama PeduliLindungi, silahkan pilih Bahasa Indonesia → Lanjut pilih Warga Negara Indonesia.
  3. Silahkan masukan nomor HP yang sudah Anda daftarkan waktu pertama kali vaksinasi → Lanjut tekan MASUK.
  4. Lanjut isikan Kode OTP yang dikirim pesan ke nomor HP Anda → Lanjut klik VERIFIKASIBERIKUTNYA → dan akhiri MENGERTI. Intinya Anda tinggal ikutin saja sampai berhasil login ke aplikasi PeduliLindungi.

Cara Cetak Sertifikasi Vaksin Covid-19 Melalui HP Android atau smartphone.

Setelah Anda pilih dan mengklik SELANJUTNYA maka Anda sudah masuk atau login aplikasi PeduliLindungi di HP atau smarphone dan sekarang saatnya Anda tinggal untuk mencetak sertifikat vaksinasi covid-19 caranya mudah sekali yaitu sebagai berikut:
  1. Silakan klik ikon atau nama Sertifikat Vaksin.
  2. Selanjutnya klik nama Anda tepat di bawah tulisan Sertifikat Vaksin.
  3. Setelah mengklik nama Anda maka selanjutnya ada tampilan Sertifikat Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua.
  4. Dan selanjutnya Anda tinggal mencetaknya yaitu dengan cara klik tampilan gambar Sertifikat Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua → Lanjut klik UNDUH SERTIFIKAT.

Setelah Anda berhasil mengunduh Sertifikat Vaksin Pertama dan Vaksin Kedua melalui HP Android atau smarphone, sekarang transfer saja file download atau unduh sertifikat vaksin tadi.

Untuk memudahkan memindahkan atau mentransfer file unduhan sertifikat vkasin, bisa kirim melalui WhatsApp ke istri atau suami dan buka WhatsApp tersebut menggunakan laptop atau PC komputer. 

Cara menggunakan WhatsApp Web di laptop atau PC komputer silahkan Baca Di Sini.

Baca Juga: Begini Cara Cepat Transfer File Dari Laptop Ke HP atau Smartphone.