Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

3 Cara Ampuh Mengatasi Layar HP Mati Saat Telepon WhatsApp atau Telepon Biasa di HP Android dan Smartphone.

Nissamaheswary.com - Pada artikel ini akan menjelaskan atau membuka tips ampuh cara mengatasi layar HP yang tiba-tiba mati pada saat melakukan telepon biasa atau dengan panggilan telepon via WhatsApp, yuk simak terus artikelnya!

Cara Atasi Mengatasi Layar HP Mati Saat Telepon WhatsApp atau Telepon Biasa
cara mengatasi layar HP mati saat telepon WA atau telepon biasa


Siapa yang tidak merasa jengkel ataupun kesal sekali ketika melakukan panggilan di  WhatsApp tiba-tiba layar HP menjadi gelap ataupun mati.

Pasalnya ketika panggilan  WhatsApp berlangsung kita kebingungan apakah panggilan tersebut sudah tersambung atau belum, karena semua layar kelihatan mati atau total gelap semua.

Dengan tampilan layar HP mati atau gelap, selain kita tidak bisa mengetahui apakah sambungan sudah tersambung atau belum, kita tidak bisa juga membuat loudspeaker atau atau Mematikan panggilan WhatsApp.

Sebagai logika saja bagaimana kita ingin membuat panggilan  WhatsApp dengan suara keras atau loudspeaker atau bagaimana caranya kita bisa menghentikan atau mematikan panggilan  WhatsApp, karena pada intinya dengan tampilan layar mati dan gelap, tidak akan mengetahui letak posisi menu-menu pada panggilan  WhatsApp itu sendiri.

Yang jadi permasalahan seperti ini banyak pengguna HP Android ataupun smartphone belum tahu cara mengatasinya dan parahnya lagi kita tetap membiarkan dan tidak tahu cara mengatasinya, apalagi sering melakukan panggilan  WhatsApp.

Layar mati saat telepon  WhatsApp Oppo, Vivo, Samsung, Asus, Xiaomi, Redmi dan berbagai merek HP lainnya juga di Iphone atau Smartphone.

Layar mati atau gelap saat sedang melakukan panggilan WhatsApp di HP tidak hanya terjadi pada salah satu merek HP saja seperti Oppo, tetapi sama juga terjadi di berbagai merek HP lainnya seperti , Vivo, Samsung, Asus, Xiaomi, Redmi dan bisa juga terjadi di Iphone.

Penyebab Utama ketika melakukan panggilan dengan menggunakan  WhatsApp tiba-tiba HP mati sendiri atau gelap. 

1.Aktifnya Sensor Proximity.
Fitur Sensor Proximity tujuan kegunaan fungsi utamanya adalah untuk mencegah terjadinya sentuhan yang tidak diinginkan ketikan sedang melakukan panggilan telepon biasa juga panggilan di  WhatsApp. 

Itulah kenapa layar HP selalu mati ketika kita sedang melakukan panggilan telpon biasa atau panggilan dengan menggunakan  WhatsApp.

2. Aktifnya Fitur Hemat Daya Baterai.
Ketika kita seting atau mengaktifkan hemat daya batreai, maka fitur sensor di HP akan aktif secara otomatis, alhasil ketika kita menggunakan aplikasi  WhatsApp baik melakukan panggilan telepon biasa maupun voice note atau panggilan video menyebabkan layar HP tiba-tiba mati sendiri.

Sebenarnya sangat gampang atau mudah sekali cara mengatasinya penyebab layar HP mati saat melakukan panggilan  WhatsApp dengan suara biasa ataupun panggilan video. 

Ada 3 tips ampuh bagaimana cara mengatasinya layar handphone mati sendiri saat menggunakan panggilan  WhatsApp voice note, panggilan video ataupun dipanggilan telpon biasa berikut tips ampuh cara mengatasinya:


I. Cara Pertama.

Untuk Cara Pertama kita harus menonaktifkan fitur sensor pada HP, yaitu dengan langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Lanjut pilih Alat Serba Guna.
  3. Lanjut pilih Gestur dan Gerakan.
  4. Pilih Panggilan Cerdas  --> Lanjut Nonaktifkan Semua Pengaturan pada tampilan Panggilan Cerdas.
Berikut ini isi menu Pengaturan dari Panggilan Cerdas:
  • Panggilan Otomatis Saat Menempatkan Telpon Ketelinga. (non aktifkan)
  • Jawab Otomatis Apabila Telepon Dekat Telinga. (non aktifkan)
  • Peralihan Modus Saat Menelpon. (non aktifkan)
  • Balik Untuk Bisukan Panggilan Masuk. (non aktifkan)

Perlu diperhatikan juga, setiap merek HP mungkin berbeda sedikit dengan tampilan menu pengaturannya.

Seperti pada uraian diatas pengaturan tersebut dicontohkan pada HP merek Oppo, sedangkan merek lainnya mungkin pada poin nomor 4 yaitu Panggilan Cerdas mungkin tidak ada, jadi langsung masuk ke tampilan 4 pengaturan yang harus dinonaktifkan.


II. Cara Kedua.

Sedangkan dengan Cara Kedua, kita harus menggunakan Handset saat melakukan telepon.

Untuk mengatasi layar HP mati saat melakukan panggilan telepon biasa atau panggilan  WhatsApp adalah: Anda harus memakai Handset, dengan memakai Handset maka panggilan yang Anda lakukan baik melalui panggilan telpon biasa atau melalui  WhatsApp layar HP tidak akan mati.


III. Cara Ketiga.

Selain dengan Cara Pertama dan Cara Kedua, ada juga Cara Ketiga atau cara terakhir bagaimana cara atasi layar HP mati ketika telepon atau melakukan panggilan adalah, Nonaktifkan fitur Sensor Jarak di HP Anda, caranya sebagai berikut:

  1. Silahkan masuk ke ikon menu gambar Telepon.
  2. Lanjut pilih Pengaturan yang terletak pada menu kanan atas pada tampilan telepon.
  3. Lanjut pilih Setelan layar panggilan.
  4. Pada Aktifkan sensor jarak Dinonaktifkan.
Tetapi perlu Anda ingat, dengan Cara Ketiga seperti uraian diatas, itu tidak sama pengaturan teleponnya pada semua merek HP, yang penting Anda bisa men-sesuaikan saja dan pastinya tujuannya sama tetapi caranya dengan tampilan menu yang sedikit berbeda.

Dengan Kesimpulan atau penjelasan secara Garis Besar, ada tiga cara ampuh mengatasi layar HP mati ketika kita sedang melakukan panggilan telpon biasa atau dengan panggilan melalui WhatsApp.

Anda bisa menerapkan salah satu dari 3 Cara Ampuh diatas, jika dirasa belum berhasil dengan mencoba panggilan telpon biasa atau WhatsApp dan layar tiba-tiba masih mati atau off, coba pilih cara lainnya dengan penjelasan uraian diatas.

Demikianlah 3 tips ampuh cara mengatasi layar HP mati saat menelpon biasa atau melalui  WhatsApp di HP Oppo, Samsung, Vivo, Redmi, Xiaomi dan berbagai merek HP lainnya.

Demikianlah beberapa cara ampuh mengatasi layar HP tiba-tiba mati saat melakukan telpon biasa atau telpon WA. Sebenarnya tidak mati layar HP tetapi langsung dalam Mode Standby atau Sleeping

Dan pada akhirnya, Anda tidak akan kebingungan lagi dalam melihat status panggilan yang sedang berlangsung baik panggilan telepon biasa maupun panggilan via  WhatsApp. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.