Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Tutorial Lengkap Cara Input Data di SiRUP LKPP 2022 Secara Otomatis atau Integrasi Sampai Umumkan Paket Kegiatan.

Nissamaheswary.com - Pada ulasan di artikel ini, akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara input data secara otomatis yaitu dengan menarik data RKA dari situs SIPD di aplikasi atau situs web SiRUP LKPP tahun 2022.

Tutorial Lengkap Cara Input Data di SiRUP LKPP 2022 Secara Otomatis atau Integrasi
tutorial lengkap Input Data di sirup lkpp 2022 secara otomatis

Dengan menarik data RKA dari situs atau website SIPD maka akan secara integrasi atau otomatis semua nama-nama Program nama Kegiatan dan nama Sub-Kegiatan akan masuk di SiRUP LKPP tahun 2022.

Pengertian input data dengan tarik RKA secara Integrasi atau otomatis dengan Input data cara Manual pada aplikasi atau website SiRUP LKPP Tahun 2022. 

Apa itu Integrasi?

Integrasi adalah Kesatuan atau Pembaruan antara semua Program, Kegiatan dan Sub-Kegiatan pada RKA di website SIPD dengan SiRUP LKPP tahun 2002.

Kelebihan dan Keuntungan Input Data Dengan Tarik RKA dari SIPD.
  • Yang jelas dengan cara input data Program nama Kegiatan yaitu dengan cara tarik RKA dari SIPD, Semua data-data Program Kegiatan dan Sub Kegiatan akan valid sama dengan data di RKA dan DPA.
  • Ketika kita membuka Nama Program, Nama Kegiatan dan Sub-sub Kegiatan tidak akan mengalami error atau gangguan, seperti tidak ada nama Kegiatan dan tidak ada tampilan nama-nama sub Kegiatan.
  • Dengan demikian ini dinamakan secara Integrasi antara data di RKA dan DPA merupakan kesatuan dan pembaruan semua data Program-Program di SiRUP LKPP tahun 2022.
  • Berbeda sekali Jika kita menginputkan data Program Kegiatan dan Sub-Kegiatan dengan cara Manual, Ini biasa dilakukan RKA dan DPA belum jadi atau belum disahkan dengan persetujuan Dewan Perwakilan Daerah. 

Kekurangan input data Program, Kegiatan dan sub-sub Kegiatan dengan cara Manual pada aplikasi atau website SiRUP LKPP tahun 2022.

  • Kita harus input data secara manual baik dari nama-nama Program, nama Kegiatan dan nama-nama Sub-Kegiatan.
  • Semakin banyak data Program Kegiatan dan Sub-Kegiatan di kantor opd Anda akan semakin menyita waktu yang sangat lama.
  • Yang paling mengganggu adalah ketika kita menginput data secara manual sering mengalami gangguan, contoh: jika pilih Program biasanya tidak munculnya Kegiatan dan jika pilih Nama Kegiatan biasanya tidak muncul juga Nama-nama Sub-Kegiatan

Dalam satu Kegiatan saja mempunyai puluhan Sub-sub Kegiatan dan dari Sub-Kegiatan tersebut mempunyai juga detailnya seperti uraian pekerjaan ataupun spesifikasi pekerjaan ini tentunya sangat menyita waktu karena kita menghidupkan secara manual. 

Yang perlu diperhatikan ataupun perlu digaris bawahi, kita harus mengerti dan paham langkah-langkah alur dalam input data dari Program, Kegiatan sampai ke Sub-Kegiatan dengan menggunakan aplikasi atau SiRUP LKPP Tahun 2022.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dipahami seorang admin, user ataupun operator dalam penggunaan aplikasi SiRUP LKPP tahun 2002 untuk Inputkan semua Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan dengan benar dan dan terstruktur. 

Dalam Penginputan nama-nama Program nama Kegiatan dan nama-nama Sub Kegiatan di aplikasi atau website SiRUP LKPP tahun 2022, kita harus menggunakan dua website atau situs, adapun 2 website tersebut yaitu: Website SiRUP LKPP dan Website LPSE.

I. Langkah Pertama.
A. Menggunakan Aplikasi atau website SiRUP LKPP 2022.
Untuk Langkah Pertama dalam Input data Program Kegiatan dan Sub Kegiatan, kita harus menggunakan atau login di website SiRUP LKPP tahun 2022, yaitu dengan langkah sebagai berikut ini:

  1. Login di website SiRUP LKPP Tahun 2022. 
  2. Tarik Data RKA dari SIPD secara Integrasi.
  3. DELEGASI Program daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan dari PA ke PPK.

Pada Langkah Pertama ini untuk menggunakan SiRUP LKPP Tahun 2022, kemudian lakukan Tarik Data semua data Program RKA dari SIPD yang dilakukan secara Otomatis atau secara Integrasi dan cara Pendelegasian Program daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan dari PA ke PPK silahkan Baca Artikel Disini.

Baca Juga: Begini Tata Cara Pendelegasian Kegiatan PA ke PPK di SiRUP LKPP 2022.


II. Langkah Kedua.
B. Menggunakan Aplikasi atau website LPSE 2022.
Kemudian untuk Langkah Kedua,masuk atau login di website LPSE sesuai nama LPSE Daerah atau Kabupaten di OPD masing-masing, yaitu dengan langkah sebagai berikut ini:
  1. Login di website LPSE Tahun 2022.
  2. GENERATE semua paket nama-nama Program, Daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan.
  3. Melengkapi Paket Swakelola ataupun Paket Penyedia.
  4. Memfinalkan semua paket nama-nama Program, Kegiatan dan Sub-Kegiatan.

Sedangkan pada Langkah Kedua ini untuk menggunakan website LPSE Tahun 2022, kita harus Generate, Melengkapi dan Memfinalkan Program daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan, untuk lebih jelasnya cara Generate paket kegiatan, silahkan Baca Artikel Disini.

Baca Juga: Begini Tata Cara Generate Paket Program Kegiatan dan Sub-Kegiatan di SiRUP LKPP Tahun 2022.


III. Langkah Ketiga.
C. Mengumumkan atau Menayangkan semua Program, Kegiatan dan Sub-Kegiatan.
Kemudian pada Langkah Ketiga atau Terakhir adalah Mengumumkan atau Menayangkan semua paket-paket nama Program data Kegiatan sampai sub-sub Kegiatan baik paket swakelola atau penyedia di SiRUP LKPP Tahun 2022 ke pemerintah pusat.

Untuk mengumumkan semua Program Kegiatan dan Sub Kegiatan kita harus menggunakan akun PA atau Pengguna Anggaran dengan menggunakan dsn login di website SiRUP LKPP Tahun 2022, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Silahkan login dengan Username dan Kata Sandi akun PA di website SiRUP LKPP Tahun 2022.
  2. Lanjut pilih menu RUP → Pilih Penyedia atau Swakelola, silahkan pilih paket mana dahulu yang ingin Anda Umumkan.
  3. Pada tampilan Paket Penyedia atau Paket Swakelola silahkan Pilih dan Klik pada bagian tampilan sebelah kanan di bawah bagian U (umumkan) → Lanjut Pilih dan Klik di tombol Umumkan Paket Penyedia / Swakelola.
  4. Silahkan tunggu proses Umumkan Paket Kegiatan telah berhasil diumumkan.

Langkah-langkah secara garis besar dalam Input data Program, Kegiatan dan Sub-Kegiatan dengan penggunaan situs atau website SiRUP LKPP Tahun 2022 dan menggunakan website LPSE, berikut langkah-langkahnya yang harus Anda pahami: 

Langkah Pertama.
1. Login di website SiRUP LKPP Tahun 2022. (akun PA).
2. Tarik Data RKA dari SIPD secara Integritas. (akun PA).
3. Pendelegasian semua nama Program daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan dari PA ke PPK. (akun PA).
4. Bagian Langkah Pertama, dari nomor 1 sampai dengan nomor 3 menggunakan Akun PA.

Langkah Kedua.
1. Generate paket nama-nama Program, daftar Kegiatan dan Sub-Kegiatan di LPSE Tahun 2022. (akun PPK).
2. Membuat atau Melengkapi Paket Swakelola ataupun Paket Penyedia di LPSE Tahun 2022. (akun PPK).
3. Memfinalkan semua paket nama-nama Program Kegiatan sampai ke Sub-Kegiatan di LPSE Tahun 2022. (akun PPK).

Langkah Ketiga.
Mengumumkan semua paket-paket nama Program data Kegiatan sampai Sub-sub Kegiatan baik Paket Swakelola atau Penyedia di SiRUP LKPP Tahun 2022. (akun PA).

Demikianlah Tutorial Lengkap Input Data di SiRUP LKPP 2022 Secara Otomatis atau Integrasi Sampai Umumkan Paket Kegiatan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda sebagi User, Admin atau Operator di OPD masing-masih di seluruh Indonesia!