Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Apa Itu Galvalum dan Galvanis 2 Istilah pada Rangka atau Atap Baja Ringan.

Nissamaheswary.comSeiring dengan kemajuan teknologi dari segi apapun mau dan tidak mau harus membuat kita mengikutin dari kemajuan dewasa ini, contoh pada pembuatan bangunan atau pembuatan atap atas rumah baik dari segi atap nya itu sendiri maupun juga dari rangka yang sedang digunakan.

Buat apa kita tidak bisa menerapkan atau mengaplikasikan kecanggihan dengan kemajuan tekologi bangunan rumah atau tempat bangunan lainnya sekarang ini?

Toh pada intinya selagi bermanfaat demi percepatan pembuatan, pengaplikasian, manfaat, multi fungsi, efesien, ekonomis dan serta yang paling penting kualitas disamping kuantitas yang mumpuni. Itulah yang terpenting dan harus kita pikirkan!

Seperti pada pembahasan artikel pada kali ini yaitu Apa Itu Galvanis atau Galvalum 2 Istilah yang berbeda kandungan atau zat dari atap dan rangka baja ringan.

Pengertian dari Galvalum dan Galvanis.

Apa itu Galvalum dan apa bedannya dengan Galvalis.

Berikut ini penjelsan detail dari Bapak Jonathan PT Benindo Jaya Makmur: Seperti pada pembangunan terutama di zaman sekarang ini yaitu sudah menggunakan material baja Galvalum dan baja Galvanis, yang mana kedua bahan baja tersebut sudah banyak digunakan di proyek ataupun di lapangan masyarakat.

Pengertian Galvalum dan Galvalis itu sama-sama dasarnya adalah material baja cuma yang membedakan adalah bahan kandunganya seperti berikut ini:

  1. Galvalum memiliki kandungan yang kandungan aluminium yang mayoritas lebih banyak pada material Jadi kurang lebih 55% itu kadar aluminium lalu sisanya 45 plus minus itu adalah lapisan Zinc atau Seng.
  2. Sedangkan untuk Galvanis itu mayoritas lapisannya 98% plus minus itu adalah lapisan Zinc atau Seng itu yang membedakan inti kedua poin dari kedua bahan baja material tersebut.

Dengan kata lain, untuk Galvalum menggunakan bahan kandungan lapisan Zinc atau Seng “Berstandar Internasional” Plus Alumunium Zinc minimal berukuran AZ150/AZ15. Sedangkan untuk Galvanis minimal Z180/ Z18.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan atau Bersihkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan atau di Malam Hari.

Bagus mana Galvanis atau Galvalum Apakah Kedua Bahan Tersebut Anti Karat?

Untuk 2 material bahan baja tersebut ini tentunya pasti beda, dan untuk fakta di lapangan Galvalum sendiri paling banyak digunakan, karena dengan memiliki kelebihan kandangunan aluminium yang tahan karat, tahan korosi dan paling banyak sekali sudah dipakai untuk aplikasi di zaman sekarang.


A. Pengaplikasian atau Penerapan Bahan Baja Ringan dari Galvanis.
Sedangkan untuk Galvanis lebih banyak digunakan untuk kamar mandi, karena kamar mandi sendiri dengan sifat lapisan Seng atau Zinc yang 98% berada pada lingkungan terhadap semen untuk bahan Galvanis.

Galvanis banyak sekali dipakai juga untuk rangka-rangka yang kotruksi tebal, seperti contoh yaitu pengaplikasian bonding. Kenapa bonding menggunakan bahan Galvanis? Karena sesuai fungsi di lapangan yaitu bonding untuk pengganti cor atau gisting yang dimana pasti akan bertemu dengan semen.

Karakter dari bahan Galvanis itu kaku sehingga cocok sekali untuk aplikasi di lapangan yang membutuhkan ketebalan membutuhkan kekuatan untuk konstruksi bangunan rumah, sedangkan Hollo Galvalum yang memiliki sifat tidak kaku atau elastisitas dan sifatnya yang ringan.


B. Pengaplikasian atau Penerapan Bahan Baja Ringan dari Galvalum.
Sedangkan untuk Galvalum itu cocok sekali dipakai untuk atasan bangunan zaman sekarang yang jadi untuk atap rumah atap gedung bahkan sudah direkomendasi oleh PUPR sebagai atap rumah sederhana, efesien dan mudah pemasangannya.

Bahan Galvalum untuk rangka nya itu sekarang sudah menggunakan baja ringan di mana bahan Galvalum di mana dengan bahan dari baja itu sudah pasti anti lapuk, tahan karat dan tidak memuai dengan kondisi cuaca apa pun, sudah ringan tidak memuai dan cocok sekali untuk dibuat rangka atap pengganti dari kayu. 

Jadi kedua bahan baja Galvanis dan Galvalum itu terjadi secara aplikasi atau pemakaiannya memang berbeda.


Kelebihan Galvalum dan Galvalis Yang Patut Kita Ketahui!
Berbagai kelebihan ditambahkan pada baja ringan sehingga material ini menjadi pilihan penting untuk menggantikan peran kayu yang semakin langka dan harganya kian tinggi.

Kelebihan yang dimilikinya kedua bahan baja tersebut mendukung kekuatannya, yaitu tipis namun kuat, desain yang aman, dan sistem yang terintegrasi. Dalam artian tipis jelas sekali jika dibandingkan genteng atau atap seperti asbes.

Nah itulah yang sering terjadi komunikasi antara penjual dan pembeli, jika orang ingin memakai baja ringan, biasanya produsen atau penjualnya akan menyebut-nyebut istilah Galvanis dan Galvalum. Karena kedua bahan tersebut memang selalu dicari baik untuk bahan atap maupun rangkanya.


Apakah Benar Bahan Galvalum dan Galvanis Anti Karat?
Pengertian secara umum Anti Karat berarti selamanya abadi tidak berkarat, definisi ini salah sekali untuk bahan yang dirancang bangunan atap rumah dengan rangka baja ringan yaitu Galvalum dan Galvanis.

Yang sebenarnya adalah Tahan Karat, berikut ini ketahanan karat berumur sesuai dari pemakain tempat dan banyak sekali dipengaruhi seperti penyimpanan sebelumnya.

Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan karat berkurang, seperti contoh:

1. Adanya Goresan atau Luka pada Bahan Galvanum dan Galvanis.
Apa saja yang mengkibatka terjadinya goresan, misalnya jika di lapangan terkena goresan terkena potongan dari pecahan mata gerinda atau terkena goresan benda lainnya.

Dengan adanya goresan atau luka pada bahan Galvanum itu sendiri itu akan mengakibatkan bahwa ketahanan Galvalum menjadi lebih cepat berkarat dari pada keadaan normal ketika tidak terjadi goresan atau luka pada bahannya.

2. Air Keras dan Air Garam.
Dengan terkenanya air garam seperti air laut, lah hal-hal seperti itu itu juga mempengaruhi perawatan untuk Galvalum akan cepat berkarat, perihal ininsering terjadi ketika di aplikasi pemasangannya di daerah pantai atau daerah pesisir.

Bukan anti karat tapi tahan karat dan itu semua tergantung dari faktor lokasi juga, selain lokasi juga perawatan dan bagaimana user mengaplikasikan material Galvalum itu tadi secara betul itu yang secara benar.

Harga atap Galvalum merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh banyak orang sebagai salah satu bahan material bangunan berkualitas tinggi selain dalam kualitasnya yang bagus begitu juga kwantitasnya dan tentunya bahan materiak yang ringan, itulah beberapa para pengguna atau konsumen beralih ke rangka baja dan atap untuk bangunan rumah sekarang ini.

Disamping itu, bahan atap dari Galvalum merupakan salah satu material berplat logam untuk desain atap yang sudah dalam proses Galvanis, dengan demikian memiliki kemampuan Tahan Karat dan tentunya akan lebih awet untuk jangka panjang.

Pemilihan harga atap Galvalum menjadi pertimbangan yang penting, terlebih ada beberapa keunggulan dalam menggunakan jenis material bangunan ini sebagai berikut : 

  • Tahan Karat, Ringan tidak membebani struktur bangunan rumah atau bangunan lainnya.
  • Tersedia banyak ukuran baik dari ketebalan dan panjangnya.
  • Harga yang cukup kompetitif dibandingkan atap bangunan lainya untuk pemakaian jangka panjang.
  • Cepat dalam pengerjaan, bahkan jika ada perubahan seperti revnovasi bangunan rumah, maka bisa dipindahkan ketempat lainnya.

Dan banyak lagi manfaat yang sangat berguna dibandingkan dengan penggunaan atap bangunan lama baik dari segi harga, kwalitas, pengerjaan dan berbagai permasalahan lainnya dan pastinya dari segi harga jauh, baik harga bahan atap juga bahan untuk upah dalam pengerjaanya.

Baca Juga: Cara Cepat Mencari File Video, Gambar Foto Atau File Dokumen Lainnya di HP Melalui Laptop atau PC komputer.

Berikut ini gambaran contoh bahan material dari Galvalum dan Galvanis. 

Galvalum dan Galvanis 2 Istilah pada Rangka atau Atap Baja Ringan.
galvalum pada rangka atau atap baja ringan.


Galvalum dan Galvanis 2 Istilah pada Rangka atau Atap Baja Ringan.
galvanis pada rangka atau atap baja ringan.

Yang membedakan dan mudah dipahami Galvalum lebih banyak didesain untuk atap bangunan rumah atau bangunan lainnya. Sedangkan Galvanis didesain lebih fokus ke Rangka atau tiangnya untuk rangka bangunan atapnya. 

Walaupun juga Galvanis menyediakan desain untuk atap bangunan juga, tetapi lebih maksimal atap bangunannya ke mayoritas Galvalum.

Dengan membedakan dari kedua bahan tersebut kita dapat mengerti apa bila kita mau menggunakan atau memakai baik dari kedua bahan tersebut sehingga kita bisa menggunakan dengan pilihan yang kita inginkan sesuai dari kwalitas dan kwantitasnya.

Demikianlah pengertian atap rumah baja ringan baik dari Galvalum dan Galvanis yang patut dan perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.