Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Menghilangkan atau Bersihkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan atau di Malam Hari.

Nissamaheswary.com - Untuk kalian yang memiliki mobil tetapi belum menggunakan AC di dalamnya seperti mobil truk mobil pick up dan lain sebagainya yang tidak menggunakan AC atau untuk kalian yang tidak suka menggunakan AC tentunya ketika pada saat hujan akan terjadi kaca mobil mengembun atau berkabut.

Cara Menghilangkan atau Bersihkan Embun Di Kaca Mobil Saat Hujan Atau Di Malam Hari.
cara menghilangkan atau bersihkan embun di kaca mobil

Dengan kaca mobil yang mengembun atau berkabut pada saat hujan cukup mengganggu sekali ketika kita sedang berkendara.

Sebenarnya ada tips ampuh atau cara sederhana bagaimana cara mengatasinya supaya kaca dalam mobil tidak terlalu berkabut dan bahkan kita bisa menghilangkan kabut saat hujan sekalipun.

Sebelum ke topik utama, tapi alangkah bagusnya kita harus tahu penyebab kaca mobil selalu mengembun atau berkabut pada saat kita berkendara di waktu hujan.

Penyebab Utama Kaca Mobil Mengembun atau Berkabut.
Mengapa di dalam kabin mobil kita ketika hujan tidak menggunakan AC bisa berkabut alasannya pertama adalah karena perbedaan suhu, yaitu pada suhu di luar itu sangat dingin sekali dan di dalam itu masih kategori hangat.

Makanya ketika kita tidak menyalakan AC otomatis suhu di dalam kabin dan di luar itu akan berbeda yaitu di dalam kabin hangat dan di luar kabin dingin, itulah yang membuat terjadinya embun atau terjadinya kabut pada kaca mobil kita.

Penyebab kaca mobil berembun di dalam atau berkabut pada kaca mobil tentu akan mengganggu sekali pandangan kita dan secara tidak langsung akan membahayakan kita sendiri atau para pengendara lainya.

Baca Juga: Tips 6 Cara Ampuh Membersihkan Casing HP yang Menguning Berkerak Dan Kotor Agar Tampilan Seperti Baru Lagi.

Cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan tanpa AC sama saja dengan cara mengatasi kaca mobil berembun pada malam hari, karena semua itu penyebabnya adalah 2 perbedaan suhu luar yang dingin dan suhu dalam kabin mobil bersuhu hangat.

Disini akan dijelaskan dengan dua cara menghilang kaca mobil yang berkabut atau berembun pada saat hujan atau berkendara di malam hari, adapun dua cara seperti berikut ini:

A. Dengan menggunakan Shampo.
B. Dengan menggunakan Garam.

A. Cara menghilangkan embun di kaca mobil bagian dalam dengan Shampo.

Berikut tips ampuh cara menghilangkan embun di kaca mobil pada saat hujan atau malam hari dengan Shampo, yaitu dengan cara berikut ini: 

  1. Langkah pertama supaya memudahkan cara pemakaian Shampo untuk membersihkan kabut atau embun pada kaca dalam mobil, siapkan dahulu bekas botol kispray atau sejenis botol lainya yang ada alat untuk penyemprotnya.
  2. Silahkan siapkan Sampo merek apapun bisa bungkusan sachet saja sudah cukup → Lanjut tuangkan Sampo ke dalam botol yang sudah disediakan atau disiapkan sebelumnya.
  3. Setelah botol berisi cairan Shampo → Lanjut tambahkan air secukupnya jangan terlalu encer atau cair.
  4. Sebelum pemakain silahkan aduk dengan cara menggerakan berulang-ulang terlebih dahulu botolnya supaya antara Shampo dan air bercampur maksimal.
  5. Langkah terakhir, silahkan semprotkan air Shampo ke kaca dengan merata dan lanjut bersihkan cairan Shampo dengan tisu.

Dan alhasil sekarang dengan cairan air sampo yang sudah Anda terapkan, tidak akan lagi mengalami kendala kaca mobil buram, berembun ataupun berkabut pada saat hujan atau berkendara di malam hari.

Sekarang Anda bandingkan dengan hanya mengelap biasa kaca mobil yang mengembun atau berkabut dengan tisu saja atau lap lainnya, pastinya tidak akan bertahan lama kembali mengembun atau berkabut lagi.


B. Cara menghilangkan embun di kaca mobil bagian dalam dengan Garam.

Cara menghilangkan embun di kaca mobil pada saat hujan atau malam hari dengan Garam maksudnya dengan air garam, caranyapun sama seperti  dijelaskan cara memebersihkan atau menghilankan kabut dengan menggunakan Shampo, seperti  pda uraian diatas.

Pertanyaan Umum:
Apakah cairan air Shampo berbahaya atau Aman untuk kaca mobil?

Jawabannya:
Sudah dipastikan Aman,  coba kita ingat-ingat lagi salon mobil ketika memasang kaca film itu menggunakan cairan shampo, dan apa bila shampo bisa merusak otomatis salon mobil tidak akan menggunakan cairan air shmapo.

Kenapa salon mobil harus menggunakan cairan shampo sperti untuk merekatkan atau untuk menggeser kaca film di saat mengganti kaca film, karena sudah dipastikan aman dan alami.


Sebagai Persiapan dan Antisipasi demi kesalamatan kita semua.

1. Gunakanlah cairan Shampo dan simpanlah dalam mobil.
Dengan membuat cairan air Shampo yang sudah dikemas dengan menggunakan botol bekas kispray atau bekas botol lainnya.

Jika sewaktu-waktu ketika kita mengalami lagi berkendara saat hujan atau pada malam hari, maka dengan mudah kita membersihkan kaca mobil yang berkabut atau mengembun.

2. Hidupkanlah lampu mobil ketika pada saat mengendara di waktu hujan.
Karena dengan adanya lampu mobil yang menyala baik pengendara lawan arah atau yang dibelakang kita atau para pengendara lainnya akan melihat lampu mobil kita menyala, begitupun juga terhadap kendaraan lain yang pastinya juga menghidupkan lampu.

Oke demikianlah bagaimana cara membersihkan atau mengatasi kaca mobil yang mengembun, berkabut pada saat hujan atau berkendara di malam hari. 

Semoga dengan persiapan atau antisipasi yang kita siapkan selalu terhindar dari bahaya atau hal-hal yang tidak kita ingninkan. Semoga bermanfaat.