Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil atau Sebaliknya di Word Mudah Sekali.

Nissamaheswary.com - Berikut tips ampuh atau secara cepat bagaimana cara merubah huruf besar atau kapital ke kecil atau sebaliknya dan merubah huruf besar saja di awal kalimat di Ms Word.
Cara otomatis Merubah Huruf kapital Menjadi Huruf Kecil di ms word
cara merubah huruf kapital menjadi huruf kecil atau sebaliknya di word 

Sesuai dengan judul artikel yang sedang Anda tunggu kali ini yaitu berikut tips buat kalian yang ingin mengubah teks tulisan atau kalimat dari huruf besar ke huruf kecil begitu juga sebaliknya dan juga merubah huruf besar saja di awal kalimat di laptop tentunya dengan menggunakan Ms Word.

Jika Anda mengetahui tips atau trik cara ini pasti akan membantu sekali, pasalnya hanya dilakukan dengan secara cepat otomatis dan dalam waktu hitungan detik saja, maka semua pekerjaan dokumen di Ms Word Anda sudah selesai, beres dan aman!.

Tetapi bagi kita yang merasa belum tahu dengan tips caranya bagaimana cara mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital di laptop, sudah dipastikan Anda merasa kebingungan dan pasti akan merasa pusing.

Jika Anda mengetahuinya trik dan tipsnya bagaimana cara merubah atau menggantinya dengan cepat bagaimana juga banyak bila jumlah nama orang dalam daftar banyak Anda perlu waktu tidak sebentar bukan untuk merubahnya dan ini adalah pemborosan waktu yang sia-sia disamping membuat kita merasa pusing dan capek tentunya.

Untuk lebih jelasnya disini dicontohkan pada kalimat teks atau tulisan yaitu daftar nama-nama orang yang yang berjumlah puluhan bahkan ratusan tentunya dengan menggunakan di MS Word.

Sebagai contoh salah satu persoalan yang terjadi, ketika atasan kita yang menerima konsep dokumen yang sudah jadi kita buatkan ternyata tidak sesuai dengan keinginan atasan atau pimpinan kita.

Alasan tidak menerima, karena kita disuruh harus merubah format bentuk tulisan yang mana sebelumnya kita tulis nama daftar orang atau pegawai dengan menggunakan huruf kecil semua, harus dirubah ke huruf besar atau kapitall semua, bisa jadi pada awal kalimat saja menggunakan huruf besar.

Dengan kita melakukan perubahan secara manual dan karena dokumen yang Anda sudah buat berjumlah sangat banyak dan Anda mau tidak mau harus melakukannya secara tetap manual.

Alhasil dengan mengetik ulang lagi dengan menggunakan huruf besar semua atau sebaliknya, bila jumlah nama orang dalam daftar sedikit mungkin tidak masalah karena tidak memakan waktu yang lama.

Lalu yang menjadi persoalannya adalah “bagaimana jika data daftar nama-nama orang atau nama-nama pegawai berjumlah puluhan bahkan ratusan?”

Oleh karena itu pada artikel kali ini aku akan memberikan tips mudah mengubah teks huruf besar menjadi huruf kecil semua juga sebaliknya, disini ada dua langkah atau dua cara.

Cara Pertama.

A. Menggunakan Keyboard.
Untuk Cara Pertama ini cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar, huruf besar menjadi huruf kecil, huruf besar awal kalimat saja dengan keyboard.

1. Merubah huruf kapital atau besar ke huruf kecil, dengan langkah berikut ini:
  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah dari huruf besar menjadi huruf kecil.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Lanjut silahkan tekan tombol Shift + F3.
Sekarang huruf yang semula kapital atau besar semua sudah berubah menjadi bertuliskan huruf kecil semua.


2. Merubah huruf kecil menjadi huruf kapital atau besar semua, yaitu dengan cara berikut berikut ini:
  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah dari huruf kecil menjadi huruf besar.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Lanjut silahkan tekan tombol Shift + F3.
Setelah melakukan ulang seperti cara diatas pada bagian poin B, sekarang huruf yang semula kecil semua sudah berubah menjadi bertuliskan huruf kapital atau besar semua.


3. Merubah huruf besar di awal kalimat atau pada tulisan teks di bagian awal saja, yaitu dengan cara berikut berikut ini:
  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah hurufnya menjadi besar di awal saja.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Lanjut silahkan tekan tombol Shift + F3.

Dengan kata lain,
Anda bisa menerapkan cara merubah huruf besar atau kapital menjadi huruf kecil semua atau juga sebaliknya dan Anda dapat merubah huruf besar diawal kalimat saja, yaitu dengan melakukan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah lalu tekan di keyboard Shift + F3 sebanyak 3 kali.

Dengan menerapkan menekan tombol di keyboard Shift + F3 sebanyak 3 kali, maka akan terlihat jelas hasilnya menjadi 3 tampilan berbeda yaitu berubah menjadi huruf besar semua, berubah menjadi huruf kecil semua dan berubah hanya huruf besar di awal kalimat atau tulisan teks tersebut.

Baca Juga: Cara Merubah Nilai Angka Menjadi Terbilang Beserta Rupiah Dengan Huruf atau Teks di Ms. Excel.

Cara Kedua.

B. Menggunakan Menu Change Case.
Untuk Cara Kedua yaitu dengan menggunakan tombol menu ikon Change Case pada bawaan Ms Word itu sendiri.
Cara Otomatis Merubah Huruf kapital Menjadi Huruf Kecil atau Sebaliknya di Word
cara merubah huruf besar menjadi huruf kecil atau sebaliknya di word

Perlu diperhatikan!, untuk laptop keluaran terbaru seperti Asus ataupun merek lainnya sekarang pada keyboard tekan Shift + F3  tidak berfungsi ataupun settingannya berbeda dengan keyboard pada laptop laptop sebelumnya.

Karena fungsi seperti keyboard di laptop keluaran terbaru dimana tombol F3 dan F4 berfungsi untuk mencerahkan dan meredupkan tampilan layar laptop.

Jadi jika kita ingin merubah huruf besar menjadi huruf kecil ataupun mengubah huruf kecil ke huruf besar atau mengubah huruf besar di awal kalimat saja, pada beberapa tipe keluaran yang terbaru tidak akan bisa ataupun bekerja.

Dengan demikian cara merubah huruf kecil menjadi huruf besar atau sebaliknya kita harus menggunakan menu Change Case yaitu fitur bawaan di Ms Word itu sendiri, adapun langkah-langkahnya:

1. Merubah huruf kapital atau besar ke huruf kecil menggunakan tombol menu Change Case, adapun dengan langkah berikut ini:

  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah dari huruf besar menjadi huruf kecil semua.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Silahkan arah kursor ke atas dan pilih menu ikon Change Case → Lanjut pilih dan klik Lowercase.

2. Merubah huruf kecil menjadi huruf besar atau kapital menggunakan tombol menu Change Case, adapun dengan langkah berikut ini:

  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah dari huruf kecil menjadi huruf besar kapital semua.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Silahkan arah kursor ke atas dan pilih menu ikon Change Case → Lanjut pilih dan klik Uppercase.

3. Merubah huruf besar saja di awal kalimat dengan tombol menu Change Case, adapun dengan langkah berikut ini:

  • Silahkan blok semua kalimat yang ingin Anda ubah huruf besar di awal atau di depan saja pada setiap kalimat teks atau huruf.
  • Lanjut setelah terseleksi atau terblok semua → Silahkan arah kursor ke atas dan pilih menu ikon Change Case → Lanjut pilih dan klik Capitalize Each Word.

Sekarang Anda bisa mudah mengubah huruf kecil menjadi huruf besar ataupun sebaliknya secara cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama dan selesai hanya dalam hitungan detik saja.

Silahkan Anda pilih di antara dua cara yaitu dengan Cara Pertama atau Cara Kedua, Secara logika jika kita menggunakan waktu yang sangat singkat tentu kita akan memilih dengan cara pertama yaitu dan menggunakan pintasan keyboard.

Namun sudah dijelaskan dengan memperhatikan keluaran laptop terbaruada beberapa merk laptop dimana keyboardnya tidak mendukung yaitu dengan menekan tombol Shift + F3, dimana tombol Shift F3 dan F4 berfungsi untuk merubah tampilan layarmenjadi cerah atau redup saja.

Demikianlah bagaimana cara mengubah tulisan di MS Word menjadi dari besar menjadi kecil ataupun dari kecil menjadi besar semua ataupun Anda bisa mengubahnya huruf besar saja diawal kalimat atau teks di setiap kata di MS Word. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.