Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Berikut Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak.

Nissamaheswary.com - Masih selalu kita lakukan kebiasan-kebiasan yang buruk yang dapat mempercepat merusak perangkat laptop kita, alhasil jika kita tidak kita merubah kebiasaan buruk tersebut akan memperpendek usia laptop.
Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak.
beberapa-kebiasaan-buruk-yang-membuat-laptop-cepat-rusak

Pada artikel kali ini Nissamaheswary.com akan merangkum secara detail namun tetap singkat padat dan jelas, apa sih kebiasan buruk yang tidak sengaja selalu kita lakukan dalam menggunakan laptop kita, yaitu sebagai berikut:

1. Menutup Laptop Ketika Masih Hidup.

Untuk kebiasaan buruk pertama yang paling sering dilakukan adalah, kebiasan menutup laptop masih dalam keadaan hidup, dengan menutup laptop dalam keadaan masih hidup akan mempercepat umur laptop itu sendiri.

Menutup laptop masih hidup atau menyala tentunya akan mengurangi usia laptop kita, dan tentunya akan secara otomatis juga menurunkan performanya kinerja laptop dan secara perlahan-lahan yang tentunya kita sadari pada suatu saat setelah kita menyadarinya dengan mengetahui kesalahan kita.

Jangan menutup laptop ketika masih dalam keadaan hidup, walaupun beberapa alasan karena kesibukan waktu kita atau kita terburu-buru ingin mengerjakan pekerjaan lainnya. Dan yang paling benar adalah kita harus memeriksa terlebih dahulu dengan cara Shut down.

Dan perlu diingat cara men Shut down nya pun harap tunggu sampai laptop kita benar-benar sudah mati total atau sudah tidak menyala lagi, baru kita menutupnya dengan benar. Karena setelah laptop mati dengan benar ketika pada waktu itulah suhu panas yang dihasilkan laptop dapat tersalurkan dengan baik.

2. Taruh Laptop Dengan Cara Kasar.

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ketika kita selesai atau mau memakai laptop kita meletakkan dengan tidak berhati-hati, Dengan meletakkan laptop pada sedikit kasar akan membuat harddisk kita berdampak, sehingga dengan goyangnya hardisk laptop akan mengalami korup atau rusak.

Begitu juga ketika kita sudah pulang dari kerja, sekolah, kuliah jangan menaruh atau meletakan tas yang berisikan laptop dengan sembarangan, posisi yang benar yaitu posisi tas tidur ataupun tidak berdiri, pasalnya jika kita meletakkan posisi berdiri dan apabila mengalami jatuh akan mengakibatkan efek dari hardisk.

3. Salah Penempatan Laptop Dalam Tas.

Kita tahu kan setiap kita membeli laptop yang baru pasti disertai dengan paket seperti tas, bungkusan kain putih lembut untuk pelindung laptop, serta plastik dan beberapa pengaman lainnya.

Data penggunaan tas pun masih banyak yang salah, contoh dalam penyimpanan ataupun meletakkan laptop di dalam tas, jangan taruh laptop di kantong bagian tas depan, Tetapi letakkanlah simpanlah atau masukanlah laptop di bagian belakang ataupun khusus kantong untuk laptop itu sendiri.

Untuk penyimpanan laptop khusus di kantong sendiri yang terletak pada bagian belakang dalam tas ini selalu disediakan pengait ataupun tali yang kancingan nya merupakan perekat. Itulah fungsi tas yang sudah disediakan untuk penyimpanan laptop.

Dan jangan campur kan benda-benda lainnya seperti charger atau perangkat lainnya dan usahakan letakkan di kantong di bagian depan dalam tas, ini bertujuan supaya terpisah dan ketika kita membawanya dalam posisi berjalan, maka tidak akan adanya benturan antara perangkat keras tersebut sama laptop.

Baca Juga: Begini Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil atau Sebaliknya di Word Mudah Sekali.

4. Memakai Laptop di Atas Kasur, Sofa dan Tempat Tidur Lainnya.

Bagian ketiga, kebiasaan buruk yang sering dilakukan tanpa disengaja adalah menggunakan laptop di kasur, sofa atau pun di atas pangkuan dengan menggunakan bantal atau alas lainya.

Pasalnya menggunakan laptop dengan beralaskan dari busa, kapuk atau bahan lainya yang mengakibatkan tertutupnya lubang ventilasi untuk sirkulasi masuk keluarnya udara tertutup, laptop sehingga mengakibatkan suhu panas laptop meningkat.

Ok dengan memakai laptop diatas ranjang, kasur, sofa akan lebih nyaman santai dan rileks, akan tetapi kebiasaan buruk tersebut akan membuat kinerja laptop semakin berat alhasil laptop cepat panas karena tertutupnya lubang ventilasi keluar masuknya sirkulasi udara.

5. Menggunakan Laptop Dari Kotoran Penuh Debu, Makanan dan Minuman.

Masih sama dengan kebiasan buruk yang sering kita lakukan adalah menggunakan laptop diatas meja yang penuh debu, kotoran-kotoran lainya yang tanpa kita sadari, pasalnya dengan banyaknya debu, kotoran yang ada disekitarnya bisa aja masuk ke dalam laptop.

Ditambah lagi kita menggunakan kipas pendingin atau fitur cooler box yang terpasang di laptop, malah akan mempercepat masuknya debu ke dalam laptop kita melalui luabh ventilasi bawah laptop. Kecuali dalam penggunaan kipas atau cooler, meja kita benar-benar bersih dari kotoran debu.

Jika ada kotoran ataupun debu yang menempel di bagian atas laptop ataupun di keyboard usahakan cepat Anda bersihkan sampai hilang, karena jika Anda mengabaikan hal tersebut bisa saja masuk ke dalam mesin laptop melalui celah-celah keyboard.

Dengan masuknya debu melalui celah-celah keypad di keyboard, ini akan membuat mesin laptop Anda berkarat dan pastinya akan memutus sambungan arus, dan pastinya jika menghidupkan laptop akan mengalami kendala, seperti matinya aisi power dan beberapa komponen lainnya.

Begitu juga jika ada menggunakan laptop sambil menyuguhkan makanan ataupun minuman seperti kopi atau teh, usahakan jauhkan dari laptop, ini untuk menghindari apabila minuman atau makanan tersebut tumpah mengotori dan membasahi keyboard laptop Anda.

6. Mengisi Daya Baterai Laptop Dengan Cara Asal-asalan.

Banyak yang belum tahu tata cara pengisian daya baterai laptop dengan benar, jangan isi daya baterai laptop masih di atas 30%. Dan yang benar adalah biasakan mengisi daya baterai laptop ketika sudah ada pemberitahuan atau notifikasi pada layar monitor Anda.

Berikut tata cara yang benar dalam mengecas laptop, pasangkan terlebih dahulu charger ke stop kontak atau ke listrik terlebih dahulu, lalu kemudian Anda pasangkan atau colokan kabel chargernya kel laptop, itulah yang benar dan baik dalam pengisian daya baterai laptop.

Pasalnya saat pertama kali di colok pertama di laptop, loncatan daya dari listrik ke chargernya ini tidak stabil jadi arus saling bertemu, karena sistem hardware dalam baterai masih menyimpan arus.

Baca Juga: Begini Cara Mencari Tahu atau Mendapatkan Nomor Layanan WhatsApp dan Kontak Email Kantor Pajak.

7. Cabut Perangkat Eksternal di USB Laptop Sembarangan.

Ingat! ketika kita memasangkan atau mencolokan perangkat eksternal seperti mouse, flashdisk, harddisk, kabel kipas, kabel data dan beberapa perangkat eksternal lainnya, jangan asal mencabut dengan cara digoyang-goyangkan.

Jika Anda mencabut dengan cara menggoyang-goyang perangkat eksternal tersebut maka secara langsung akan membuat port USB akan semakin longgar, dan apabila suatu saat kita mencolokkan atau memasang perangkat eksternal USB di laptop akan susah terdeteksi oleh sistem di layar monitor laptop.

Dan cara yang benar adalah ketika kita mencabut perangkat eksternal di USB laptop yaitu dengan cara searah atau lurus dan secara kuat kita mencabutnya dan tentunya, dan ini tidak akan menggoyang-goyangkan perangkat eksternalnya.

Demikianlah beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan harus kita buang atau dihindari dalam menggunakan laptop untuk pekerjaan kita sehari-hari, semua itu itu dilakukan juga untuk manfaat kita semua dengan membuang kebiasaan buruk tersebut akan membuat laptop lebih awet dan terawat tentunya.

Bagaimanapun juga mencegah dan membuang kebiasan buruk yang sering kita lakukan tanpa kita sadari itu lebih baik daripada mengobati atau memperbaiki apabila laptop kita sudah mengalami kerusakan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan sekarang saatnya Anda harus memulai menerapkan yaitu membuang dan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk dalam memakai laptop selama ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.