Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Wajib Baca!, Berikut Perbedaan Dan Berbagai Jenis Kartu Memori, Kartu SD, MicroSD dan SDHC Yang Perlu Anda Ketahui.

Nissamaheswary.com - Kartu SD dan kartu microSD ialah dua jenis kartu penyimpanan yang dipakai di perangkat yang lain.

Berbagai Jenis Kartu Memori, Kartu SD, MicroSD dan SDHC
Berikut Berbagai Jenis Kartu Memori dan Manfaatnya

Kartu SD ialah jenis kartu memory flash yang disebut ringkasan dari Secure Digital. Itu direncanakan untuk dipakai di camera digital, camcorder, dan perangkat lain. 

Sedangkan MicroSD ialah perangkat penyimpanan memory flash kecil yang bisa dicolokkan ke slots pada beberapa netbook atau tablet.

Penting untuk ketahui ketidaksamaan ke-2 jenis kartu ini karena mempunyai detail dan manfaat yang lain.

A. Apakah itu Kartu SD?

SD ialah ringkasan dari Secure Digital. Ini ialah jenis kartu memory flash yang diperkembangkan di tahun 1999 oleh Matsushita, SanDisk, dan Toshiba.

Kartu SD ialah jenis penyimpanan memory flash yang bisa dilepaskan yang bisa dipakai di beberapa perangkat seperti camera digital, camcorder, dan handphone.

Ini semakin besar dari kartu microSD, namun tetap bisa dicolokkan ke port SD perangkat. Kartu SD mempunyai kemampuan penyimpanan yang semakin besar dibanding kartu microSD.

Kartu SD dipakai di beberapa perangkat berlainan terhitung camera digital, handphone pintar, computer tablet, dan konsol games. Kartu SD dipakai sebagai wujud penyimpanan data untuk beberapa netbook dan computer desktop.

Apa Faedah Memakai Kartu SD?
Kartu SD merupaka kartu memory flash yang bisa Anda pakai untuk simpan data. Ini umumnya dipakai di camera digital dan perangkat lain dengan slots kartu SD. Adapun keuntungan memakai kartu SD ialah:

  1. Anda bisa keluarkan kartu dari perangkat Anda dan memasukkan ke perangkat lain bila yang pertama hancur, rusak atau hilang.
  2. Anda bisa simpan semakin banyak data di kartu SD dibanding pada media penyimpanan lain, seperti USB flash drive atau hard drive external.
  3. Harga benar-benar dapat dijangkau, jadi Anda tak perlu habiskan kebanyakan uang untuk ruangan tambahan penyimpanan.

Bagaimana Langkah Kinerja Kartu SD?
Kartu SD ialah wujud memory flash yang dipakai di beberapa perangkat berlainan. Keberadaan kartu SD sudah tiba jauh dari pengenalan pertama pada tahun 1980-an.

Kartu SD sudah berkembang jadi lebih dari sekadar perangkat penyimpanan dan saat ini bisa diketemukan di beberapa perangkat seperti camera, computer, dan handphone atau handphone.

Pada atikel ini akan mengulas langkah kerja kartu SD, detail kartu SD, pengertian kartu SD, dan perubahannya dari hari ke hari.

Beragam jenis kartu memory, seperti kartu SD, Memori Stick, dan Kompak Fl ash, semua berlainan dengan triknya sendiri.

Misalkan, kartu SD ialah jenis kartu memory yang terpopuler karena harga dapat dijangkau dan ada dalam beragam kemampuan penyimpanan. Tetapi, sering kartu SD hancur atau hancur dari hari ke hari.

Baca Juga: Berikut Trik Cara Cepat Mengetikan Atau Menuliskan Nominal Angka di Excel Dengan Otomatis.

Kelebihan Dengan Memakai Kartu SD.
  1. Kartu SD ialah jenis kartu memory yang terpopuler karena harga dapat dijangkau dan ada dalam beragam kemampuan penyimpanan.
  2. Dapat dipakai dan cocok dengan beberapa perangkat.
  3. Kartu SD tidak membutuhkan perangkat lunak atau driver khusus untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain.
  4. Kartu SD bisa dipakai dengan computer Mac OS dan Windows tanpa megalami masalah atau permasalahan.

B. Apakah itu Kartu microSD?

Kartu microSD ialah jenis kartu memory flash yang bisa dilepaskan yang bisa dipakai di beberapa perangkat seperti handphone, camera digital, tablet, dan netbook. Ini lebih kecil dari kartu SD dan bisa dicolokkan ke port microSD perangkat. Kartu microSD dikenal juga sebagai "mikro Secure Digital" atau "micro-SD".

Berikut Berbagai Jenis Kartu Memori dan Manfaatnya.
Berbagai jenis kartu memori digunakan dalam skenario yang berbeda. Ada banyak keuntungan menggunakan jenis kartu tertentu dalam skenario tertentu.

Ada tiga jenis utama kartu memori: SD, USB dan CF. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan pengguna. 

Kartu SD paling sering digunakan di kamera dan kamera video, sedangkan drive USB biasanya digunakan sebagai perangkat penyimpanan untuk komputer. Kartu CF sering digunakan dalam peralatan fotografi profesional seperti kamera DSLR.

Jenis kartu SD memiliki keunggulan karena sangat ringkas, tetapi hanya dapat dibaca pada perangkat yang memiliki slot SD; ini mungkin tidak nyaman bagi mereka yang memiliki perangkat lain yang ingin mereka gunakan dengan kartu memori.

Ada banyak jenis kartu yang berbeda, tetapi yang paling umum adalah kartu SD, kartu microSD, dan kartu CF. Anda harus menggunakan jenis kartu terbaik untuk perangkat Anda dan kapan Anda perlu mengambil gambar.

1. Kartu Compak Flash: ini ialah jenis kartu memory yang dipakai pada camera digital dan sudah ada lumayan lama. Ini mempunyai kemampuan penyimpanan yang tinggi dan bisa dibaca oleh mayoritas perangkat dengan slots kartu SD. Ini sebagai jenis kartu memory paling berat yang ada.

2. Memori Stick Pro: ini awalannya diperkembangkan oleh Sony tapi saat ini bisa diketemukan di produk dari produsen lain juga. Ini mempunyai kemampuan penyimpanan yang semakin tinggi dibanding kartu Kompak Flash, tapi juga tambah mahal dan kurang cocok dengan perangkat yang lain.

3. Kartu SD: ini ialah jenis kartu memory terpopuler di pasar sekarang ini dan benar-benar pas untuk simpan data yang penting dijangkau secara cepat seperti video atau gambar. 


Jenis Kartu Apa yang Harus Anda Gunakan untuk Kamera & Kapan?
Kartu kamera adalah kartu SD, kartu microSD, atau kartu CF yang digunakan untuk menyimpan data dari kamera. Kartu ini digunakan dalam kamera digital dan camcorder.


C. Apa Sebenarnya SDHC itu? 
SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity. Ini adalah jenis kartu memori flash yang memiliki kapasitas tinggi dan juga aman.

Kartu SDHC tersedia dalam kapasitas 8, 16, 32 dan 64 GB. Kartu SDHC  memiliki bentuk yang berbeda dari kartu SD dan Kartu SDHC  juga memiliki fitur bentuk tambahan di ujungnya. 

Kartu SDHC tidak didukung oleh semua perangkat tetapi memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada kartu SD biasa yang membuatnya populer di kalangan fotografer dan videografer yang membutuhkan banyak ruang di perangkat para penggunanya.

Perlu diketahui, Kartu SDHC tidak kompatibel dengan semua perangkat, tetapi menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi daripada kartu SD biasa.

Tips Mencegah Kehilangan dengan Kartu SD dan Drive USB.
Dengan melihat peningkatan penggunaan drive USB dan kartu SD untuk penyimpanan data yang merupakan suatu dokumen yang sangat penting dan privasi, dengan demikian kita harus mencegah terjadi peningkatan kehilangan dan pencurian data.

Untuk mencegah kehilangan data, Anda harus menggunakan perangkat lunak keamanan pada perangkat Anda seperti Kingston's DataTraveler Vault Privacy 3.0 atau IronKey's S200 Flash Drive. Ok semoga dapat membantu dan bermanfaat.