Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

5 Tips Ampuh Cara Menghemat Daya Baterai di HP Oppo, Realme, Samsung, Xiaomi dan Merek HP Lainnya.

Nissamaheswary.com Pada ulasan artikel kali ini, bagaimana sih cara melakukan supaya untuk pemakaian baterai di semua merek HP kita bisa lebih awet dari biasanya. Oke silahkan simak terus dengan baik-baik dan seksama semaksimal mungkin, karena tips ini cukup ampuh, ok lanjut! 

cara mudah menghemat daya baterai di semua merek hp android
cara menghemat penggunaan daya baterai hp android 

Berikut 5 tips ampuh cara mengatasi supaya baterai di HP Android Anda tetap awet yaitu dengan cara kita hanya memanfaatkan atau menyeting pada fitur bawaan HP itu sendiri, seperti HP Realme, Samsung, Xiaomi dan beberapa merek HP lainnya, makanya disini dibilang cukup ampuh karena tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun.

Oke berikut 5 cara mengatasi supaya baterai di HP atau Smartphone Anda tetap awet dan tidak akan terkuras dengan cepat sehingga akan memperpanjang daya baterai Anda.

I. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan atau Jarang Digunakan.

Tentunya banyak sekali aplikasi yang kalian install dan tidak pernah digunakan selain menguras daya baterai tentu saja menyita ruang penyimpanan internal HP ataupun smartphone Anda.

Cara untuk menghapus dan untuk mengetahuinya aplikasi apa saja yang tidak pernah dipakai atau jarang sekali yaitu dengan cara berikut ini:

1. Silahkan masuk ke Google Play Store → Kemudian pada tampilan Google Play Store → Lanjut klik ikon akun yang ada di bagian kanan atas → Lanjut pilih Kelola aplikasi & perangkat.

2. Langkah selanjutnya silahkan pilih Kelola → Lanjut pilih ikon garis tiga sebelah kanan → Lanjut urutkan menurut → Lanjut silahkan pilih aplikasi Paling jarang digunakan.

3. Lanjut silahkan Ceklist satu persatu → Lanjut pilih Hapus.

Dan menekan Hapus maka performa daya baterai Anda akan bertambah dan tidak berkurang atau terkuras lagi dengan pemakaian aplikasi aplikasi yang Paling jarang digunakan ataupun Tidak pernah digunakan sama sekali.

Ingat untuk Aplikasi Sistem biarkan saja, walaupun tidak digunakan tetapi jangan di utak-atik karena itu aplikasi bawaan dari sistem HP Anda.

II. Gunakan Dengan Mengaktifkan Mode Gelap di HP.

Perlu diketahui dengan mengaktifkan mode gelap atau mode malam selain bisa menguras daya baterai juga akan menjaga kesehatan mata tentunya, karena untuk layar HP tidak terlalu terang, silau dan terlihat lebih sejuk, adem dan tentu saja menghemat daya baterai.

Cara mengaktifkan mode gelap atau mode malam, langsung saja usap layar HP dari atas ke bawah dan pilih Mode gelap atau Mode malam.

Baca Juga: Tips Cara Ngecas HP Supaya Cepat Terisi dan Penuh Dalam Waktu Yang Singkat!

III. Kurangi Kontras Layar HP.

Masih banyak para pengguna HP Android atau Smartphone lupa dalam hal ini, diantara kita yang tidak menyadari bahwa untuk kontras yang terlalu terang selain menguras daya baterai tentu saja akan merusak kesehatan mata kita.

Ini harus dilakukan karena terlalu terangnya kontras layar HP menjadi silau jadi gunakan saja untuk kontrak layar ini seperlunya saja selain untuk menghemat baterai tentu saja akan menjaga kesehatan mata.

IV. Mengaktifkan Hemat Daya di HP.

Cara untuk mengaktifkan fitur Hemat daya ada di setiap bawaan HP merek apapun dan type apapun, hanya saja mungkin berbeda sedikit langkah-langkahnya, ok berikut ini cara mengaktifkan Hemat daya:

Silahkan masuk ke menu Pengaturan di HP Anda → Lanjut pilih Baterai → Lanjut Aktifkan Mode hemat daya.

Sekarang coba Anda cek dengan melihat untuk waktu pemakaian Sebelum diaktifkan “waktu pemakaian estimasinya 1 hari 3 jam” dan setelah diaktifkan maka akan bertambah “1 hari 4 jam 41 menit” 

Kesimpulannya: 
Ini hampir bertambah satu jam setengah dan kalau kita aktifkan untuk Mode hemat daya ini tidak akan mengurangi untuk performa di HP begitu juga untuk jaringan kuota data Anda tetap akan stabil dan tidak mempengaruhi kecepatannya.

V. Membatasi Beberapa Aplikasi di Pengaturan Kontrol Konsumsi Daya.

Seperti biasa jika kita membuka sebuah aplikasi kemudian menutupnya kembali biasanya sebagian dari aplikasi tersebut akan tetap berjalan dibalik belakang layar HP kita dan tentunya hal ini akan tetap menggunakan daya baterai menjadi cepat terkuras dan menjadi boros.

A. Bagian Pertama.
Pada bagian pertama ini cara untuk menonaktifkan atau menutup beberapa aplikasi secara otomatis setelah digunakan atau tidak dipakai lagi, yaitu dengan cara:

  1. Masuk PengaturanBaterai → Lanjut pilih Pengelolaan baterai aplikasi → Lanjut pilih aplikasi mana saja yang akan kita Nonaktifkan setelah kita gunakan.
  2. Selanjutnya pada tampilan Kontrol Konsumsi Daya → Lanjut silahkan Menonaktifkan atau Mematikan ikon tombol Izinkan aktivitas latar depan.
  3. Setelah muncul Notifikasi “Nonaktifkan Aktivitas Latar Depan (nama aplikasi Anda)”. → Lanjut pilih Batasi.

Setelah kita membatasi dengan Menonaktifkan beberapa aplikasi nantinya setelah pemakaian aplikasi ini dibuka maka akan menutup secara otomatis dan tentu saja tidak akan menguras daya baterai.

Silahkan Nonaktifkan beberapa aplikasi yang sudah tidak dibuka lagi atau beberapa aplikasi yang kira-kira memang tidak diperlukan untuk jangka waktu lama, dan ingat jangan dilakukan ke aplikasi yang kita sangat perlu, seperti WhatsApp, Facebook ataupun yang media sosial lainnya.

Baca Juga: Begini Penjelasan Fakta Ngecas HP Semaleman Apakah Berbahaya Atau Tidak.

B. Bagian Kedua.
Pada bagian kedua tips dan trik ampuh yang terakhir kita pastinya tidak akan pernah tahu aplikasi apa saja yang menguras daya baterai, ini sangat penting karena dari sekian banyak aplikasi yang kita gunakan mungkin kita tidak menyadari masih ada beberapa aplikasi, apa saja sih yang menguras daya baterai?

Untuk mengetahuinya aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai dan tidak kita operasikan atau guna lagi yaitu dengan cara berikut ini:

1. Silahkan masuk di PengaturanBateraiPengelola baterai aplikasi → Lanjut pilih Penggunaan baterai.

2. Selanjutnya silahkan pilih aplikasi yang paling menyita daya baterai di HP Anda, Anda bisa melihatnya pada daftar aplikasi dengan pemakain daya baterai yang ditampilkan dalam persen.

3. Selanjutnya pilih aplikasi yang menyita baterai dalam persen yang paling besar → Selanjutnya pada tampilan Kontrol Konsumsi Daya silahkan Menonaktifkan atau Mematikan ikon tombol Izinkan aktivitas latar depan

4. Setelah muncul Notifikasi “Nonaktifkan Aktivitas Latar Depan (nama aplikasi Anda)”. → Lanjut pilih Batasi.

Demikianlah bagaimana cara mengatasi untuk menghemat daya baterai di semua jenis merk HP Android apapun. Perlu diperhatikan, langkah-langkah nya mungkin sedikit berbeda namun pada intinya Anda akan bisa menemukan dengan menyesuaikan pada Pengaturan HP Anda sendiri. Semoga dapat membantu.