Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Bisnis Pabrik Yang Bisa Anda Jalankan Dengan Modal Minim.

Ide Bisnis Pabrik Yang Bisa Anda Jalankan Dengan Modal Minim
ide bisnis pabrik yang bisa anda jalankan dengan modal minim

Nissamaheswary.com - Di dalam mulai bisnis pabrik yang menguntungkan ternyata tidak selalu membutuhkan modal miliaran, jika Anda jeli di dalam perencanaan maka terdapat beberapa pabrik yang bisa Anda bangun hanya dengan model ratusan bahkan puluhan juta saja.

Meskipun modalnya minim Anda jangan menganggap premi pabrik-pabrik ini sebab prospek pasar yang menjanjikan di masa mendatang, Berikut ini beberapa bisnis pabrik yang bisa Anda jalankan dengan modal yang minim.

1. Pabrik Es.

Ide bisnis pabrik yang bisa Anda lakukan yang pertama dengan modal yang minim ialah pabrik es, permintaan balok es hari semakin tinggi, Hal ini dikarenakan bisnis makanan dan minuman yang menjadi pasar utama yang semakin berkembang.

Selain bisnis kuliner, es balok juga mempunyai permintaan tinggi dari nelayan untuk mengawetkan ikan, meski peluangnya menjanjikan, investasi bisnis yang satu ini tidak besar, cukup hanya dengan 250 juta maka Anda telah bisa menjadi juragan pabrik es.

Jika Anda tidak mau repot untuk membangun bisnis ini dari awal terdapat beberapa tawaran kemitraan bisnis yang bisa Anda pelajari, salah satunya yang ditawarkan oleh CV lintas atra engineering dengan nilai kemitraan yaitu antara 200 juta hingga 750 juta.

Bagaimana Anda tertarik untuk melakukan bisnis yang satu in?, akan tetapi jangan lupa untuk memulai bisnis yang satu ini Anda membutuhkan lahan yang luas, oleh karenanya sebelum Anda memutuskan membeli mesin es sebaiknya Anda perlu untuk melakukan survei lokasi terlebih dahulu untuk bisa menunjang bisnis Anda.

Baca Juga: Berikut Ini Peluang 5 Ide Bisnis Menjelang Wisuda.

2. Pabrik Tutup Galon.

Ide bisnis pabrik yang bisa Anda lakukan yang selanjutnya ialah pabrik tutup galon, bila modal yang Anda punya minim akan tetapi ingin mempunyai pabrik yang pasarnya tidak pernah sepi yaitu Anda bisa memanfaatkan bisnis tutup galon ini untuk dijadikan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Seperti yang umum diketahui laju pertumbuhan dari penduduk membuat ketersediaan air bersih semakin terbatas,nmasyarakat pun banyak yang beralih mengonsumsi air galon untuk bisa memenuhi kebutuhan air bersihnya, dan hasil permintaan akan tutup galon akan semakin tinggi dan ini bisa dilakukan untuk mengawali bisnis ini.

Cukup dimulai dengan membeli satu mesin bekas seharga 200 juta, sementara itu untuk membeli peralatan dan juga perlengkapan, bahan baku dan alat transportasi cukup menyediakan tambahan 150 juta. Pabrik yang satu ini juga tidak butuh lahan yang luas, untuk satu mesin hanya dibutuhkan lahan 5 M * 5 M.

3. Pabrik Mie.

Rekomendasi bisnis pabrik yang bisa dilakukan yang selanjutnya ialah pabrik mie, untuk membangun pabrik mie dibutuhkan dua mesin utama yaitu mixer yang mempunyai harga berkisar 20 juta hingga 24 juta dengan mesin pres senilai 18 juta hingga 26 juta.

Selain itu Anda juga wajib untuk mempunyai mesin potong dengan harga pasaran 17 juta, meski modalnya minim akan tetapi membangun pabrik mie ini juga harus didukung dengan lahan yang luas.

Alasannya lahan yang luas yang dibutuhkan untuk menyimpan bahan baku serta menjemur mie basah yang baru selesai dibuat, kolam minimalis yang dibutuhkan untuk pabrik ini ialah 60 meter persegi.

4. Pabrik Cat Curah.

Ide bisnis pabrik yang bisa Anda lakukan untuk peluang bisnis yang selanjutnya ialah pabrik cat curah, bisnis yang satu ini mempunyai margin usaha yang cukup lumayan yaitu 30% hingga 40% oleh karenanya bisnis pabrik yang satu itu tergolong cepat untuk urusan balik modal.

Dan biasanya hanya dalam satu setahun pelaku usaha ini sudah bisa balik modal dan menariknya modal awal yang dibutuhkan hanya sekitar 100 juta hingga 200 juta. Pabrik Ini membutuhkan lahan yang luas yaitu sekitar 75 meter persegi hingga 100 meter persegi.

Baca Juga: Begini Tips Mendirikan Bisnis Startup di Indonesia yang  Efektif.

5. Pabrik Limbah Plastik.

Rekomendasi bisnis pabrik yang bisa Anda lakukan yang selanjutnya ialah pabrik limbah plastik, bisnis yang satu ini belum banyak dilirik oleh pelaku usaha di Indonesia.

Padahal dengan bisnis pabrik limbah plastik prospek bisnis yang satu ini cerah dikarenakan permintaan pabrik plastik akan limbah yang cukup tinggi, harga jual limbah plastik berupa pupuk juga cukup mahal, sekilo bubuk limbah plastik dihargai dengan Rp8.000 hingga Rp9.000.

Untuk bisa memulai bisnis yang satu dibutuhkan dua hal yaitu mesin penghancur plastik dan lahan untuk menampung maupun menjemur limbah plastik, sedangkan untuk mesin mempunyai harga yang bervariasi antara 200 hingga 250 juta.

Demikianlah tips beberapa rekomendasi ide bisnis pabrik yang bisa Anda lakukan dengan modal minim untuk bisa menambah keuntungan bahkan menjadikan usaha utama Anda. Semoga bermanfaat!!