Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja yang Efektif.

Cara Paling Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja.

Nissamaheswary.com Apa Metode Terbaik untuk Mengajar Anak Membaca? Pada ulasan artikel di sini akan menjelaskan secara rinci dan jelas Cara Paling Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja. YuK simak!

Anak-anak harus diajari membaca tanpa mengeja. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengajari anak-anak membaca melalui fonik, yang melibatkan pemahaman dan pengucapan huruf dan kata dalam sebuah kalimat. Metode ini akan memungkinkan mereka untuk memahami dan mengucapkan kata-kata dalam sebuah kalimat.

Salah satu keterampilan yang akan dipelajari si kecil ketika ia masuk sekolah adalah membaca. Mereka mungkin akan dikenalkan membaca bahkan saat masih di jenjang Taman Kanak Kanak (TK). 

Kemudian keterampilan membaca mereka akan semakin diasah seraya mereka bersekolah. Namun sebagai orang tua, Anda juga bisa mengajari anak membaca tanpa mengeja yang sebenarnya adalah cara yang efektif membuat anak cepat lancar membaca.

Sebagaimana yang kita tahu kemajuan setiap anak dalam hal membaca berbeda beda. Ada yang cepat sekali bisa membaca, namun sebagian lagi mungkin agak lambat. Namun, jangan khawatir, sebagai orang tua, Anda bisa mengajari anak untuk membaca sejak dini sehingga mereka bisa lebih siap untuk menghadapi masa sekolah.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Sejak Dini Perlu Dilakukan.

Nah, belajar membaca tanpa mengeja terbukti lebih efektif untuk anak anak cepat lancar membaca loh. Sebagai berikut kita akan membahas caranya mengajari anak membaca tanpa mengeja, yuk simak.

Berikut Ini Tips 5 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja yang Efektif.

1. Memadukan Abjad Dalam Suku Kata.

Setelah anak anak kenal dengan 26 abjad dan cara pengucapannya, orang tua bisa membantu anak anak membaca dari hal yang paling sederhana yakni memadukan dua abjad menjadi suku kata. Misalnya b dan a dibaca “ba”, lalu c dan a dibaca “ca”. 

Anda bisa membantu anak untuk mengingat setiap suku kata dengan permainan yang seru seperti permainan kartu, mainan balok atau menuliskannya di whiteboard. Ajak dia menyebutkannya secara berulang ulang. Lama lama anak akan mengingat setiap penyebutan suku kata.


2. Mengenalkan Suku Kata Sebanyak-banyaknya.

Setelah mengenalkan beberapa suku kata, berupayalah untuk mengenalkan lebih banyak suku kata lagi. Jika pembedaharaan suku kata yang dipelajari anak sudah cukup banyak, maka orang tua bisa lanjut ke tahap berikutnya yakni belajar membaca kata utuh. Orang tua bisa mengajarkan mereka membaca satu kata utuh yang sederhana. 

Misalnya dengan memecahnya menjadi beberapa suku kata. Kemudian minta anak anak untuk menggabungkan suku suku kata tersebut menjadi satu. Setiap berhasil membaca satu kata cobalah untuk puji setiap keberhasilannya tersebut, sehingga membuatnya semangat untuk membaca kata kata lainnya.


3. Kenalkan Kata-kata yang Bunyi dan Penulisannya Berbeda.

Tidak di pungkiri anak anak mungkin terkecoh dengan kata tricky atau kata kata yang penulisan dan bunyinya berbeda. Contohnya seperti kata “Siang” yang bunyinya adalah “Siyang”. Nah, dalam hal ini orang tua bisa meminta anak untuk menyebutkan setiap huruf yang ada dalam kata tersebut kemudian membenarkan apabila salah.


4. Gunakan Media Belajar Kesukaannya.

Selain mengajarkan anak membaca dengan menggunakan alat peraga berupa kartu atau mainan abjad. Orang tua juga bisa memanfaatkan media belajar yang disukai anak anak. Misalnya gunakan buku cerita favoritnya atau kalau dia suka menonton video, coba tunjukkan video edukasi untuk membaca. Sehingga anak akan merasa gembira ketika belajar.


5. Belajar di Setiap Kesempatan.

Ajak anak Anda untuk tidak hanya belajar pada saat waktunya belajar saja. Misalnya, Anda bisa mengajak anak membaca dalam kesempatan lain. Misalnya saat berjalan jalan, minta anak untuk membaca satu kata yang ia temui. 

Atau di lain waktu, orang tua bisa ajak anak bermain kuis menebak bunyi satu kata. Dalam kesempatan kesempatan yang menyenangkan tersebut, anak pasti bisa belajar dengan ceria.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengaktifkan atau Seting Mode Anak Di HP Android dan Iphone.


Kesimpulan: 

Cara Paling Efektif Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja.

Cara paling efektif untuk mengajari anak membaca bukanlah dengan mengajari mereka cara mengeja. Ini tentang mengajari mereka cara memecahkan kode kata-kata. Cara paling efektif untuk mengajar anak membaca tanpa mengeja adalah fonik, kata penglihatan, dan pendekatan seluruh bahasa.

Kedepannya, membaca tanpa ejaan akan menjadi kebutuhan. Dunia menjadi semakin terdigitalisasi, dan kita kehilangan kemampuan untuk membaca tulisan tangan. Penting bagi anak-anak untuk belajar membaca tanpa mengeja sekarang agar mereka siap menghadapi masa depan.

 Itulah informasi terbaru yang membahas tentang cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang efektif yang perlu orang tua ketahui

Pendidikan yang diberikan orang tua dirumah sangatlah penting untuk membantu anak anak siap sekolah dan menikmati masa sekolah mereka tersebut. Silahkan dukung anak Anda dalam masa pendidikannya sejak dini. Semoga bermanfaat.