Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak.


Berikut Ini 5 Hal Pentng yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak.

Nissamaheswary.com - Semua orang tua harus melakukan yang terbaik untuk mengajar anak tentang hal-hal seperti apa yang benar dan salah, bagaimana menghormati orang lain, dan bagaimana membuat keputusan yang baik untuk diri mereka sendiri.

Sebagai orang tua, apa yang perlu Anda ajarkan kepada anak anak Anda? Pasti ada banyak hal yang perlu si kecil ketahui dan pelajari bukan? Namun, kira kira apa yang paling penting dan perlu menjadi prioritas orang tua? Meskipun kelihatannya sepele, beberapa hal sebenarnya sangat penting untuk diajarkan kepada anak anak bahkan sejak mereka diusia yang paling kecil.

Salah satu yang termasuk paling penting adalah tata krama atau sopan santun. Cara mereka berinteraksi dengan orang lain sangat penting dan terkadang menjadi tolak ukur karakter dan kepribadiannya. 

Seseorang yang bertata krama akan dinilai baik dan dihargai oleh orang orang disekitarnya. Nah, sebagai orang tua, kita pasti mau anak anak menjadi pribadi yang demikian bukan?

Mari kita simak beberapa hal yang wajib diajarkan oleh orang tua kepada anak anak mereka supaya bisa bertumbuh menjadi anak yang baik dan sopan. Silahkan disimak.

I. Bagian Pertama.

Berikut 5 Hal yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak.

1. Bilang Maaf, Terima Kasih dan Tolong.

Tiga kata yang kedengarannya sepele yakni bilang maaf, terima kasih dan tolong sebenarnya adalah kata kata yang penting untuk diajarkan kepada anak sejak mereka diusia dini. Jika sejak kecil mereka sudah terbiasa mengucapkan kata demikian, maka ketika dewasa ia tidak akan sungkan untuk mengatakan kata kata tersebut.

Selain mengenalkan dan mengajari anak anak menggunakan kata kata tersebut, orang tua juga harus menunjukkan caranya mengucapkan kata kata tersebut dengan tulus yakni bagaimana cara menghargai dan memperlakukan orang lain dengan baik.


2. Caranya Menghormati Orang yang Lebih Tua.

Anak anak perlu paham bagaimana mereka bisa menghormati orang orang yang lebih tua. Dimana anak anak perlu mengenal dan tahu batasan cara berinteraksi dengan teman temannya dan kepada orang yang lebih tua. 

Ajari mereka untuk berbicara dan berperilaku hormat yang dimulai dari ayah dan ibunya, kakaknya, kakek dan nenek, gurunya bahkan pengasuhnya dan lain sebagainya.

Baca Juga: Berikuit 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Sejak Dini Perlu Dilakukan.


3. Meminta Izin Jika Meminjam atau Meminta Sesuatu.

Sebagai orang tua, penting juga untuk mendidik anak dalam hal menghargai dan menghormati hak dan milik orang lain. Salah satu caranya adalah dengan mengajar mereka untuk selalu meminta izin terlebih dahulu sebelum meminjam atau hendak meminta sesuatu. 

Jika anak sudah terbiasa melakukan hal ini sejak dini, maka dia akan terbiasa untuk tidak mengambil sesuatu yang bukan miliknya apalagi tanpa izin.


4. Tidak Menyela Pembicaraan.

Tindakan selanjutnya yang sederhana namun penting adalah tidak menyela pembicaraan orang lain kecuali jika ada hal yang penting atau mendesak. 

Ajarkan kepada si kecil untuk tidak menyela pembicaraan orang lain jika tidak penting karena tindakan tersebut bisa membuat kurang nyaman dan kurang dihargai. Dengan ini orang tua juga bisa mengajar mereka untuk menjadi pendengar yang baik.


5. Menghargai Makanan.

Biasanya anak anak suka pilih pilih makanan. Nah, jangan sepelekan kebiasaan ini, cobalah ajak anak untuk menghargai makanan yang disajikan. 

Ajarkan sopan santun khususnya ketika mencicipi makanan yang disajikan tidak sesuai dengan seleranya. Anak anak perlu tahu caranya menghormati orang yang sudah menyajikan makanan dan tidak mengatakan hal buruk terhadap makanan yang disajikan.


II. Bagian Kedua.

Hal yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak Sejak Dini.

Ketika orang tua mengajar anak-anak mereka, mereka harus menyadari hal-hal berikut.

  1. Orang tua harus mengajari anak untuk bersikap baik dan sopan kepada orang lain dengan memberi tahu mereka tentang pentingnya sopan santun.
  2. Orang tua hendaknya mengajarkan kepada anak tentang pentingnya bersikap jujur dan amanah dengan memberi tahu tentang akibat dari berbohong.
  3. Orang tua harus mengajari anak-anak tentang budaya dan warisan mereka dengan berbicara kepada mereka tentang dari mana mereka berasal, apa yang penting dalam budaya mereka, dan apa yang terjadi dalam sejarah yang relevan dengan budaya mereka.
  4. Orang tua harus mengajari anak-anak cara menghadapi konflik dengan cara yang sehat dengan memberi tahu mereka bahwa tidak apa-apa jika orang tidak selalu setuju satu sama lain atau memiliki pendapat berbeda tentang berbagai hal.
  5. Orang tua harus mengajari anak cara menghargai diri sendiri dan orang lain dengan menunjukkan bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan.

III. Bagian Ketiga.

Hal yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak Dengan Perubahan Teknologi yang Semakin Canggih.

  • Orang tua perlu mendidik anak-anak mereka tentang perubahan teknologi yang akan datang. Mereka harus mengajari mereka cara menggunakan teknologi baru ini dengan cara yang aman.
  • Anak-anak harus diajari bahwa penting bagi mereka untuk memiliki keseimbangan kerja/hidup dan bahwa mereka tidak boleh menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel atau tablet. 
  • Orang tua juga harus mengajari anak-anak mereka tentang pentingnya privasi dan cara menjaga diri mereka tetap aman saat online.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa hal wajib yang perlu diajarkan oleh orang tua kepada anak mereka. 

Orang tua punya tanggung jawab yang besar, mereka perlu membimbing dan membantu anak mereka dari usia dini hingga ia dewasa nanti. Tapi orang tua bisa yakin, upaya yang mereka lakukan tidak akan sia sia dalam mendidik anak. Semoga bermanfaat.