Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down dengan Benar.

Nissamaheswary.com -  Jangan asal tekan tombol power pada Laptop atau PC untuk mematikan Laptop atau PC Komputer Anda.

Ada cara yang lebih efisien baik dan benar untuk mematikan Komputer Anda. Salah satu kesalahan paling umum dan membuat frustasi orang adalah menekan tombol daya untuk mematikan Laptop atau PC Komputer.

Dengan langsung menekan tombol Daya atau Power, ini sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada Laptop atau PC Anda, jadi bagi setiap pengguna Komputer yang serius, penting untuk mengetahui cara mematikan perangkat mereka dengan benar.

Para pemula pengguna Laptop atau PC Komputer pastinya pernah bahkan sering melakukan dengan pilih dan klik Shut down yang tidak disengaja, ini adalah masalah umum bagi pengguna Laptop. 

Shut down ini dapat terjadi saat masa pakai baterai Komputer rendah dan mati secara otomatis, atau saat Laptop tiba-tiba kehilangan daya karena pemadaman listrik, dengan demikian akan memperpendek umur baterai Laptop Komputer Anda.


Cara Mematikan Laptop atau PC Komputer yang Baik dan Benar.

Mematikan Laptop atau Komputer Laptop, mungkin tidak terasa begitu sulit. Namun, ada banyak cara untuk melakukan ini. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara paling aman dan cepat untuk mematikan Laptop atau Komputer PC berbagai tipe dan merek Laptop.

Mematikan Laptop atau PC bisa menjadi proses yang memakan waktu, terutama jika Anda sedang melakukan sesuatu yang penting. Ada cara untuk mematikannya dengan cepat tanpa menggunakan prosedur mematikan yang biasa. 

Dimana dengan cara yang biasa pastinya membutuhkan waktu yang diperlukan untuk mematikan Komputer Anda, tetapi tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Baca Juga: Begini Cara Edit, Crop, Potong, Grouping Gambar atau Foto di Ms Word yang Benar dan Mudah.


Beberapa alasan kita ingin cepat-cepat mematikan Laptop atau PC Komputer.

Komputer windows memiliki beberapa opsi Shut down tersembunyi yang dapat langsung mematikan Laptop atau Komputer PC Anda.

  • Ini dapat berguna jika terjadi keadaan darurat dan Anda perlu mematikan Laptop dengan cepat karena alasan pekerjaan lainnya.
  • Karena adanya tombol daya rusak, menu start hilang atau tidak berfungsi atau juga jika daya tiba-tiba padam dan beberapa alasan lainnya.

Ok langsung saja berikut ini ada dua cara tips cara mematikan Laptop atau PC Komputer dengan super cepat tanpa klik windows dan Shut down atau cara yang biasa.

I. Cara Pertama.

Cara Cepat Mematikan Laptop dengan menu Ikon Shortcut.

Pada bagian pertama ini kita bisa mematikan Laptop atau PC Komputer tanpa mengklik ikon Shortcut yang sudah kita buat dan kita tampilkan di desktop ataupun layar utama Windows. 

Untuk mematikan Laptop secara cepat hanya dengan Klik ikon Shortcut di desktop tentunya dengan cara yang benar ini layaknya kita dengan mengklik Shut down, berikut ini caranya atau langkah-langkahnya:

A. Membuat ikon Shortcut Shut down di Layar Desktop Laptop atau PC.

1. Silahkan buat ikon Shortcut desktop dengan cara silakan Klik Kanan di layar desktop, lanjut pilih New atau Baru dan lanjut pilih Shortcut atau Pintasan.

Cara cepat mematikan Laptop dengan keyboard windows 10,


2. Lanjut pada kolom letak lokasi item ketikan perintah: Shutdown -t -s 0 (memakai spasi). lanjut klik Next dan klik Finish. 

Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down.


3. Selanjutnya sudah tampil ikon Shortcut shutdown di tampilan desktop Anda. Jika Anda mengklik ikon 2x atau double click di Shortcut tersebut, maka Laptop atau PC akan mati layaknya kita mematikan dengan cara yang baik dan benar karena tetap akan Shutting down.

B. Mengganti Ikon atau Logo Shortcut di Layar Desktop Laptop atau PC. 

1. Silakan Klik Kanan pada Shortcut Shutdown yang barusan kita buat → Lanjut pilih Properti  lanjut pada bagian paling bawah pilih Rubah ikon atau Change ikon.

Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down.


2. Selanjut pada tampilan notifikasi “Pilih ikon dari daftar atau tentukan file lain”OK


3. Pilih gambar ikon yang sesuai dengan dan pilih OKApplyOK (bisa dilakukan pada pilihan ikon dengan double click).

Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down.



II. Cara Kedua.

Pada bagian kedua ini, tips cara mematikan Laptop dan PC dengan cepat tanpa mengklik Shutdown yaitu dengan menggunakan tombol keyboard, Adapun caranya sebagai berikut ini: 

1. Untuk mematikan Laptop ataupun PC Komputer tanpa menekan klik Shutdown yaitu dengan menekan tombol keyboard alt + F4.

2. Selanjutnya setelah muncul tampilan Windows 10 dan langsung tekan Enter, maka secara otomatis Laptop atau PC Komputer Anda akan Shutting Down.

Cara Cepat Mematikan Laptop atau PC Komputer Tanpa Klik Shut Down dan Tetap akan Shuting Down.

Dan lihat jika posisi pilihannya sudah Shut Down Windows, maka langsung tekan Enter. Dan Anda juga bisa memilih pilihan Restart, Sleep dan lainnya hanya dengan menekan tombol keyboard yaitu gambar panah atas, bawah terus menerus untuk memilihnya dan tekan Enter.

Demikianlah cara cepat mematikan Laptop atau PC Komputer tanpa klik menu Windows dan klik Shut down dan hanya menggunakan langsung klik icon di desktop atau juga bisa menggunakan tombol keyboard Laptop atau PC Komputer Anda. Semoga dapat bermanfaat.