Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Cara Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Diketahui.

Berikut Ini Beberapa Syarat dan Cara Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Diketahui.
gambar illustrasi by nissamaheswary.com

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa ada dua jenis pendidikan tinggi: negeri dan swasta. Universitas negeri didanai oleh pemerintah dan menawarkan berbagai gelar. Universitas swasta tidak dibiayai oleh pemerintah tetapi memiliki proses penerimaan yang lebih selektif.

Hal kedua yang perlu diketahui adalah bahwa ada tiga metode untuk mendaftar ke pendidikan tinggi: penerimaan awal, penerimaan reguler, dan penerimaan bergulir atau daftar ulang. Penerimaan awal tersedia untuk siswa yang ingin mendaftar sejumlah program pada satu waktu untuk menerima jawaban sebelum pelamar lainnya. 

Penting untuk mengetahui persyaratan apa yang ada untuk memasuki pendidikan tinggi dan bagaimana memenuhinya.

Langkah pertama dari proses ini adalah mencari tahu universitas mana yang Anda minati. Setelah Anda menemukan beberapa, sekarang saatnya untuk mengetahui apakah perguruan tinggi tersebut memiliki persyaratan khusus atau tidak. Jika ya, saatnya untuk mulai bekerja memenuhi persyaratan tersebut.

Untuk masuk ke perguruan tinggi, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Persyaratan ini bervariasi tergantung pada apa yang dilamar siswa. Misalnya, jika seorang siswa mendaftar untuk studi sarjana, mereka harus menyelesaikan pendidikan menengahnya, mengikuti ujian SAT atau ACT, dan menyerahkan transkrip sekolah menengahnya dan persyaratan lainnya.


Mengetahui syarat dan cara masuk perguruan tinggi yang baik dan benar penting sekali diketahui. Khususnya bagi Anda yang memiliki rencana untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di universitas pilihan Anda. Pilihan universitas sangatlah penting karena ini bisa menjadi langkah selanjutnya untuk membangun karir Anda di masa mendatang.

Umumnya syarat masuk perguruan tinggi antara satu universitas dan universitas lainnya tidak sama. Nah, sebelum mendaftar atau melakukan seleksi masuk di universitas pilihan Anda, sebaiknya luangkan waktu terlebih dahulu untuk mencari tahu syarat dan cara masuk perguruan tinggi tersebut. Jika Anda sudah mendapatkan cukup informasi tentang universitas tersebut, maka Anda bisa tampil lebih percaya diri.

Nah, sebagai berikut kita akan membahas syarat dan cara masuk perguruan tinggi yang umum harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Yuk simak.

Berikut Ini Beberapa Syarat dan Cara Masuk Perguruan Tinggi yang Wajib Diketahui.

1. Ijazah SMA/SMK.

Tentu saja syarat paling penting yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke perguruan tinggi adalah harus memiliki ijazah SMA atau SMK sebagai bukti bahwa Anda sudah lulus. Tapi bagaimana jika Anda putus sekolah? Masih ada solusi, dimana Anda bisa mengurus dengan pendidikan penyetaraan atau lebih dikenal dengan kejar paket. 

Perlu Anda ketahui bahwa program S1 menuntut agar para mahasiswa nya sudah menuntaskan jenjang pendidikan SMA. Ini berarti kalau Anda ingin mengejar sampai S2 maka Anda harus lulus S1 terlebih dahulu. Begitu juga jika ingin sampai S3 maka harus sudah menyelesaikan pendidikan S2.


2. Seleksi Masuk.

Selain memikirkan soal berkas yang harus dipenuhi sebagai syarat masuk perguruan tinggi, Anda harus mencari tahu juga terkait informasi aturan masuk perguruan tinggi dan sistem apa yang tersedia. Umumnya untuk bisa masuk dalam universitas, calon mahasiswa harus mengikuti jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN atau seleksi mandiri. 

Nah, kalau Anda masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN maka Anda tidak membutuhkan ujian. Sebab sistem SNMPTN mengambil dari seleksi nilai raport, nonakademis, tingkat akreditasi sekolah, nilai UN, jejak alumni maupun prestasi akademis. 

Sedangkan untuk jalur SBMPTN dan SMMPTN, Anda harus mengikuti seleksi ujian. Anda harus mencari tahu di perguruan yang Anda tuju sedang menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru seperti apa.


3. Batas Usia.

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah dari segi usia. Umur menjadi salah satu hal yang penting dan menjadi syarat dalam masuk PTN. Untuk memenui syarat masuk perguruan tinggi, setidaknya usia ijazah harus kurang dari 3 tahun pada saat ikut seleksi ujian masuk PTN. Nah, kalau Anda mengikuti ujian masuk PTN melalui sistem SMMPTN maka tidak mempermasalahkan adanya jeda selama 5 tahun.



4. Syarat Berkas dan Biaya.

Pada saat daftar kuliah, berkas berkas penting yang menjadi syarat masuk kuliah harus dipenuhi. Yang utama adalah ijazah SMA/SMK yang sudah kita bahas, lalu dibutuhkan juga KTP, Pas foto, akta kelahiran, KK dan berbagai berkas penting lainnya.

Sedangkan untuk biaya masuknya, Anda juga harus mencari tahu. Mulai dari biaya untuk formulir pendaftaran, biaya semester 1 untuk perguruan swasta, uang gedung atau uang pangkal, UKT semester 1 untuk PTN dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang syarat dan cara masuk perguruan tinggi yang wajib diketahui oleh para calon mahasiswa. 

Sebagaimana yang kita tahu setiap tahunnya ada banyak sekali lulusan SMA maupun SMK yang mengincar universitas impian mereka. Tapi meskipun saingannya ada banyak, jangan pantang menyerah dan siapkan semua persyaratannya sejak dini. Semoga bermanfaat.