Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Universitas Terbaik dan Ternama di Indonesia, Tertarik Masuk?

Berikut Ini Adalah Deretan Universitas Terbaik dan Ternama di Indonesia, Tertarik Masuk?
deretan universitas terbaik dan ternama di indonesia
Nissamaheswary.com - Berencana masuk perguruan tinggi namun masih bingung memilih universitas mana? Sebagian orang mungkin memilih untuk memilih universitas di luar negeri yang kelihatannya bergengsi. 

Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia sendiri terdapat universitas terkenal yang tidak kalah dengan universitas yang ada di luar negeri loh. Kita akan bahas deretan universitas terbaik dan ternama di Indonesia tersebut, siapa tahu Anda tertarik untuk masuk.

Universitas mana yang Anda pilih sebenarnya adalah keputusan yang penting. Dimana Anda harus memilih ingin menghabiskan waktu mengenyam pendidikan dimana. Tidak bisa sembarang memilih karena akan berdampak pada masa depan Anda. Silahkan untuk menentukan pilihan Anda sekarang juga. 

Nah, uraian dibawah ini akan membantu Anda untuk mengenal beberapa universitas terbaik di Indonesia dan sudah ternama menghasilkan mahasiswa yang berkualitas. Yuk simak.


1. Universitas Indonesia.

Di Indonesia, Universitas Indonesia menjadi salah satu universitas yang ternama dan terbaik. Tahukah Anda perguruan tinggi ini sendiri sudah didirikan pada tahun 1849 dan berhasil masuk ke dalam peringkat 534 universitas terbaik di dunia loh. Nah, untuk lokasinya berada di Depok, Jawa Barat. 

Universitas terkenal ini memiliki populasi mahasiswa yang sangat besar yakni lebih dari 45.000 mahasiswa. Banyak sekali bukan?



2. Universitas Gadjah Mada.

Nah, sama seperti Universitas Indonesia, universitas Gadjah Mada juga memiliki populasi mahasiswa yang sangat besar yakni lebih dari 45.000 mahasiswa. Ini tentunya bukan angka yang kecil bukan? 

Untuk peringkatnya di dunia, universitas Gadjah Mada menduduki posisi peringkat 540. Disini program pendidikan yang bisa diambil mulai dari sarjana sampai dengan master. Nah, untuk masuk ke perguruan tinggi ini, calon mahasiswa harus mengikuti seleksi ujian terlebih dahulu.


3. Institut Teknologi Bandung (ITB).

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia dan telah menduduki peringkat sebagai salah satu universitas top di Asia. ITB dikenal dengan pendidikan berkualitas tinggi, penelitian, dan mahasiswanya yang beragam.

Berbeda dengan dua universitas yang disebutkan sebelumnya, universitas yang kerap disingkat ITB ini didirikan lebih baru yakni tahun 1959 di kota Bandung, Jawa Barat. Untuk jumlah mahasiswa nya adalah antara 10.000 sampai dengan 15.000 mahasiswa. 

Nah, untuk mahasiswa asing diperkenankan untuk mengikuti program studi di universitas ini. Sedangkan untuk peringkatnya menempati peringkat 862 sebagai universitas terbaik di dunia.


4. Universitas Diponegoro (Undip).

Berikutnya yang bisa menjadi daftar referensi universitas pilihan Anda adalah Universitas Diponegoro. Universitas ini sudah didirikan sejak tahun 1957 dan berhasil mendirikan pusat pendidikan terbaik loh. 

Untuk populasi jumlah mahasiswa nya mencapai jumlah 45.000 mahasiswa. Nah menariknya universitas terbaik ini, berlokasi di kota Semarang, Jawa Tengah namun sudah memiliki cabang di Jepara.

Universitas Diponegoro merupakan deretan universitas terbaik dan ternama di Indonesia. Ini adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Universitas ini dinamai Pangeran Diponegoro, yang memimpin perang 30 tahun untuk kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.


5. Institut Pertanian Bogor.

Dari nama universitasnya saja kita sudah bisa menebak dimana letak universitas yang satu ini. Ya, universitas ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Jumlah mahasiswa yang terdaftar mungkin tidak sebanyak universitas lainnya, namun populasinya mencapai 10.000 sampai 15.000 yang tentunya bukan angka yang kecil. 



6. Universitas Brawijaya.

Salah satu universitas yang sayang dilewatkan adalah universitas Brawijaya yang sangat popular dikalangan para pelajar. Universitas ini tidak kalah baiknya dengan beberapa universitas yang sudah disebutkan diatas karena masuk dalam daftar unversitas terbaik di dunia pada peringkat 1354. Universitas ini didirikan tahun 1963 di Malang, Jawa Timur.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang deretan universitas terbaik dan ternama di Indonesia. Adakah salah satunya menjadi universitas pilihan Anda? 

Anda harus memilih sesuai dengan passion Anda atau kira kira jurusan apa yang ingin Anda lakukan dan bakat seperti apa yang Anda senangi. Semoga bermanfaat.