Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Atau Membuat Fungsi Rumus Jenis Kelamin Di Ms Excel Secara Otomatis.

Nissamaheswary.com - Berikut tips bagaimana cara menentukan atau membuat rumus fungsi jenis kelamin dengan kode angka di Ms Excel secara cepat dan otomatis.

Bagi kita yang sedang bekerja di perkantoran seperti admin, operator dan sejenis stap lainnya pastinya sudah bisa dan sudah terbiasa dengan menggunakan komputer ataupun laptop. Salah satu software yang sering digunakan adalah Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Untuk pembahasan pada artikel ini sesuai dengan topiknya, yaitu secara singkat dan padat bagaimana menggunakan Microsoft Excel untuk menentukan jenis kelamin ataupun membuat rumus jenis kelamin dengan menggunakan kode angka secara cepat dan hanya perlu beberapa pengaturan sedikit saja.

Cara membuat atau memetukan rumus jenis kelamin di Ms Excel dengan cepat.

Sebelum kita membahas lebih jauh, bagaimana cara membuat rumus jenis kelamin atau cara menentukan jenis kelamin laki-laki atau perempuan hanya dengan menggunakan angka,  dimana jika kita mengetikkan angka 1 akan secara otomatis berubah menjadi jenis kelamin laki-laki dan jika kita mengetikkan angka 2 akan secara otomatis berubah menjadi jenis kelamin perempuan.

Microsoft Excel adalah suatu  program software yang sering digunakan setelah software Microsoft Word di semua perkantoran seperti perkantoran pemerintah seperti dinas, badan dan sejenis kantor pemerintah lainnya baik tingkat daerah provinsi ataupun tingkat pusat.

Microsoft Excel juga tidak ketinggalan juga sering dan wajib digunakan pada instansi kantor seperti PT, CV, Sekolah, Koperasi dan sejenis Badan Usaha negeri dan swasta lainnya, yang mana pekerjaannya baik untuk staff operator atau admint kantor pastinya sudah terbiasa yang namanya menggunakan program Microsoft Excel.

Karena Ms Excel yang sangat familiar mudah digunakan dan tentunya kita harus memulai dengan belajar dari tingkat dasar terlebih dahulu.

Secara garis besar Ms Excel yaitu software program yang digunakan untuk pengolahan data dan angka untuk menyelesaikan suatau kasus pekerjaan dengan menggunakan sejenis fungsi rumus seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sejenisnya.

BACA JUGA: Begini cara menambahkan tanda petik otomatis di depan angka pada kolom Ms Excel.

Selain menggunakan dengan fungsi rumus, Ms Excel juga sering dipakai untuk membuat tabel dan jenis persoalan kasus tugas pekerjaan lainnya yang dapat dikerjakan secara cepat dan akan menghasilkan suatu pekerjaan yang bagus, urut, terstruktur dan otomatis.

Di sini tidak akan membahas secara luas tentang pengoperasian Microsoft Excel dengan menggunakan berbagai rumus seperti mencari nilai penjumlahan, nilai rata-rata, nilai terkecil, nilai terendah dengan menggunakan sejenis fungsi rumus lainnya secara luas.

Bagaiaman cara menetukan atau membuat jenis kelamin di Ms Excel dengan cepat.

Banyak sekali tutorial-tutorial yang menjelaskan atau mengulas seperti bagaimana cara menentukan jenis kelamin ataupun membuat jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan dan tentunya dengan menggunakan fungsi rumus yang biasanya panjang lebar dan jika Anda sebagai pemula belajar Microsoft Excel pastinya sudah akan sedikit kebingungan dan penuh pemahaman logika yang mendalam.

Sebenarnya fungsi rumus di Microsoft Excel tersebut kita sebagian besar hanya menggunakan rumus logika kita, selain menggunakan dengan fungsi rumus-rumus yang sudah disediakan oleh sistem di Microsoft Excel itu tersendirinya.

Jika pengaturan sudah kita buat, maka ketika kita mengetik dengan angka 1 akan berubah secara otomatis menjadi jenis kelamin laki-laki dan jika kita mengetikan angka 2 di kolom excel maka secara otomatis pula akan berubah menjadi jenis kelamin perempuan.

Dan apabila jenis kelamin lebih dari 2 ataupun ada jenis kelamin lainnya, maka kita bisa juga menambahkan lagi dengan fungsi menggunakan angka 3. Contoh jika mengetik angka 3 pada kolom excel maka secara otomatis akan menyebutkan jenis kelamin lainnya ataupun jenis kelamin tidak diketahui.

Berikut tips cara menentukan jenis kelamin ataupun membuat rumus jenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan cepat otomatis hanya menggunakan dengan kode angka 1 dan 2 saja.

  1. Langkah pertama silakan buka file dokumen kita pada sheet atau lembaran baru di Ms Excel.
  2. Selanjutnya pada data atau file dokumen kita sudah dibuat seperti pada kolom satu dengan file name: Nama Karyawan atau Nama Pegawai dan pada kolom dua diberi nama file name: Jenis Kelamin.
  3. Silakan blok bagian kolom dua atau bagian Jenis Kelamin di data karyawan atau data pegawai.
  4. Setelah kita mengeblok pada bagian Jenis Kelamin, selanjutnya klik kanan di area blok bagian tabel Jenis Kelamin maka akan tampil jendela Format Cell.

Setelah tampilan Format Cell keluar silahkan atur dengan setingan berikut ini:

  • Pada menu Number --> pilih Kategori dan selanjutnya --> klik bagian Custom.
  • Pada kolom Type silahkan kita tuliskan rumus sebagai berikut [=1]”Laki-laki”;[=2]”Perempuan” (rumus ini jangan langsung dicopas, karena format tulisannya lain, ketikan langsung manual di ms exel)
  • Setelah kita mensetingnya di Format Cell di mulai dari mengeblok pada bagian kolom Jenis Kelamin  maka sekarang kita tinggal menekan tombol Ok.
Cara Menentukan Fungsi Jenis Kelamin Di Ms Excel Secara Otomatis.
cara menentukan fungsi rumus jenis kelamin dengan kode angka di ms excel secara otomatis

Cara Menentukan Fungsi Jenis Kelamin Di Ms Excel Secara Otomatis.
cara menentukan atau membuat fungsi rumus jenis kelamin dengan angka di ms excel secara cepat dan otomatis


Untuk lebih jelasanya bagaimana cara menentukan rumus jenis kelamin atau membuat rumus jenis kelamin hanya mengetikan dengan angka 1 dan 2, silahakan lihat dan simak tutorial video dibawah ini:


Sekarang kita bisa mencoba menentukan rumus jenis kelamin atau membuat rumah jenis kelamin hanya mengetikan dengan angka 1 akan berubah menjadi laki-laki dan jika kita mengetik angka 2 maka secara otomatis akan berubah menjadi jenis kelamin perempuan.

Silakan praktrekan tutorial dengan ulasan artikel di atas, bagaimana cara menentukan jenis kelamin laki-laki dan perempuan secara cepat otomatis hanya menggunakan dengan kode angka 1 dan 2. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan berguna dan bermanfaat.