ips Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas. - nissamaheswary.com

Iklan Display Atas

Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas.

Berikut tips cara print di Ms. Excel agar tidak terpotong, rapi, tidak kecil, full kertas, dan beberapa pengaturan lainnya seperti juga cara print excel landscape atau menyamping agar tidak terpotong yang biasa digunakan untuk daftar tabel dengan beberapa kolom dan baris yang banyak pada Excel 2007 maupun 2010. 

Microsoft Excel adalah sebuah program software pengolah data yang paling sering digunakan oleh seorang pekerja kantoran dari pemerintahan daerah sampai pemerintah pusat atau juga di PT, CV, Badan Usaha Milik Negara atau Swasta, di sekolah, koperasi dan berbagai kantor lainnya yang pekerjaanya pada bidang admininstrasi selalu menggunakan software Ms. Excel.

Microsoft Excel merupakan pengolah yang terdiri dari spreadsheet dengan kumpulan-kumpulan cell-cell yang sudah disediakan dengan pertautan baris dan kolom yang saling berhubungan dan keterkaitan.

Dengan menyelesaikan berbagai persoalan tugas pekerjaan kita sebagai kantoran atau tugas belajar sebagai siswa atau mahasiwa, Ms. Excel pilihan yang sangat tepat untuk menyelesaikan segala pkerjaan dengan memanfaatkan berbagai fungsi rumus yang sangat cepat dan terotomatis tentunya.

Tetapi jika kita sebagai pemula juga mengalami permasalahan lainnya juga seperti bagaimana suaya cara mengeprint di Microsoft Excel supaya tidak terpotong rapi dan bisa full kertas baik dengan pengaturan kertas bentuk potrait atau landscape.

Seperti biasa kita jika mengeprint dengan tips memakai cara cepat yaitu mengetik atau menekan di keyboard CRTL + P atau Anda bisa melakukan secara manual yaitu pilih menut tab kiri atas pilih File → Print.

Perlu diingat dan diperhatikan sebelum Anda mau mau mencetak atau print dokumen Anda, seperti biasanya kita harus menseting bentuk tampilan kertas tulisan dan berbagai setingan tampilan lainnya supaya hasil dokumen yang kita cetak akan sesuai yang kita inginkan dan jika kita tidak menseting terlebih daulu maka sudah dipastikan dokumen hasil cetakan akan berantakan.

Sebelum kita langsung mengeprint, biasa kita akan diperlihatkan dengan tampilan preview, nah dari tampilan preview tersebutlah kita bisa mengatur mana-mana yang belum pas dari tampilan bentuk tulisan, tabel, kolom dan dari tampilan kertas yang merupakan pengaturan inti dalam Ms. Excel.

Berikut beberapa langkah cara print file excel agar tidak terpotong full kertas dan rapi.

Ada beberpa langkah yang biasa dan bisa Anda gunakan dengan setingan atau pengaturan untuk dokumen di Ms. Excel supaya rapi tidak terpotong dan bisa full kertas sesuai yang kita inginkan.


1. Pengaturan Margin.

Seperti biasa untuk mencetak tau mengeprint file dokumen di Ms. Excel supaya rapi dan tidak terpotong, Anda bisa mengatur pada pengaturan di margin atau batas ukuran tepi kertas.

Cara menyeting dokumen Ms. Excel melalui Margin adalah sebagai berikut:

  1. Klik Tab Page Layout --> Margins.
  2. Lanjut pilih Last Custom Settings ke Normal, Wide, Narrow atau bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas.

2. Pengaturan Secara Manual Ukuran Kertas.

Untuk melihat hasil dokumen sebelum diprint ya tentunya dilakukan terlebih dahulu dengan melihat melalui print preview. Dengan tamilan print priview kita akan melihat secara keseluruhan mana yang menurut kita kurang pas, terpotong dan hanya tampil sebagagian saja.

Sekarang yang ingin Anda hasilkan dengan bentuk ukuran kertas berbentuk potrait atau vertikal atau ingin membentuk dengan hasil cetakan dengan landscape atau horizontal.

Dengan menseting atau mengatur secara manual file dokumen di Ms. Excel supaya rapi tidak terpotong dan full kertas sangat mudah dilakukan dan setingan ini sudah biasa dan secara umum dipergunakan oleh para pekerja kantoran seperti penulis sendiri.

Berikut caranya langkah-langkah dari pengaturan kertas secara manual yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Silahkan pilih pada pengaturannya di atas pilih Tab File → Print → Klik menu Page Setup.
  2. Dari berbagai pilihan kertas, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan yang diinginkan,
  3. Jika Anda memilih format kertas tampilan A4 atau sejenisnya klik saja atau pilih bentuk kertas Potrait.
  4. Jika Anda memilih format kertas tampilan horizontal atau berbentuk tampilan dokumen menyamping, ini biasa digunakan apa bila file dokumen berisi beberapa daftar kolom dan tabel yang sangat banyak, klik saja atau pilih bentuk kertas Landscape.
Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas.

Dengan menyeting dipengaturan kertas secara manual seperti pada uraian diatas, sekarang Anda bisa melihat bagaimana hasil tampilan file dokumen Anda, jika dirasa pas, rapi dan tidak terpotong sekarang Anda bisa memulai dengan mencetaknya.


3. Pengaturan Di Print Preview Dengan Scaling Persentase.

Pada langkah bagian poin ke tiga ini, kita bisa mengaturnya secara manual di tampilan Print Preview yaitu dengan mengaturnya secara manual pada tampilan Scaling.

Pada tampilan scaling ini kita ubah nilai berapa persentase yang ingin kita seting di file dokumen, semakin kecil nilai persentase yang kita masukan, maka tampilan file dokumen akan tertampil semua.

Begitu juga sebaliknya jika terlalu besar sampai 100 persen biasanya akan terpotong tergantung file dokumen Anda terdiri beberapa kolom dan tabel banyak atau sedikit.

Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas.

 

4. Pengaturan Di Print Preview Dengan Show Margin.

Pada pengaturan file dokumen ketika diprint atau dicetak supaya tidak terpotong, rapi dan full kertas, pada langkah ke empat ini kita masih menggunakan di pengaturan pada Print Preview dengan memanfaatkan di Show Margin.

  1. Ketika kita mau mencetak atau sebelum mengeprint, biasanya jika setelah melihat dengan tampilan di priview pada bagian show margin belum dicentang dan masih kosong.
  2. Nah dengan menyeting di show margin pada tampilan print preview, kita klik dengan mencentang di bagian cheklist show marginnya, setelah kita centang maka tampilan garis show maginnya akan muncul secara vertikal dan horizontal.
  3. Dengan tampilan margin atau show margin yang berbentuk garis seperti titik-titik ini, kita bisa mengatur dengan menarik dengan mouse kenanan, kekiri, keatas dan kebawah sehingga kita bisa mengecilkan atau melebarkan tabel kolom di file dokumen.
Begini Cara Print Di Ms. Excel agar Tidak Terpotong Rapi Dan Full Kertas.


BACA JUGA: Begini caranya mengkopi paste di Mas. Excel supaya rapi dan tidak berantakan dijamin Work!

Untuk lebih jelasanya silahkan simak Tutorial Video dibawah ini.


Sebenarnya masih ada beberapa lagi sesuai kreativitas kita sendiri yaitu cara atau tips bagaimana mengatur file dokumen di Ms. Excel ketika diprint atau dicetak supaya tidak terpotong ,rapi, tertata bagus dan full kertas sesuai yang kita inginkan.  

Demikianlah bagi Anda ataupun Sobat terutama yang pekerjaannya atau kegiatan belajarnya selalu bergelut  dengan menggunakan software Mocrosoft Excel, dan program ini patut dinamakan program Excellent sesuai dengan namanya yaitu Ms. Excel. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya Sob.

Iklan Atas Artikel Di Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Paling Bawah Artikel