Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dan Manfaat Thumbnail Video YouTube Yang Perlu Anda ketahui

Nissamaheswary.com - Berikut fungsi dan manfaat kelebihan menggunakan thumbnail video YouTube yang harus Anda ketahui Anda seorang kontent kreator pemula di YouTube atau dengan kata lain seorang YouTuber pemula.

Fungsi Dan Manfaat Thumbnail Video YouTube Yang Perlu Anda ketahui
                             fungsi dan manfaat thumbnail video youtube

Apa itu thumbnail YouTube?

Thumbnail adalah cover ataupun sampul depan di video YouTube yang menggambarkan isi dari konten video YouTube itu sendiri.

Thumbnail bisa dirubah ataupun bisa Anda setting melalui YouTube studio, jika sebelumnya AndaTidak mengasihkan ataupun belum menambahkan thumbnail pada video YouTube yang baru Anda buat.

Cara membuat thumbnail untuk video YouTube.

Banyak sekali contoh cara membuat thumbnail untuk video YouTube, jika Anda menggunakan laptop ataupun PC komputer yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi atau software photoshop.

Cara membuat thumbnail video YouTube dengan photoshop.

Contoh thumbnail YouTube menarik bisa dibuat dengan menggunakan photoshop, dimana photoshop adalah software yang sangat ringan dan gratis tanpa Anda harus berlangganan di Adobe.

Software atau aplikasi photoshop sudah disediakan pada sebuah laptop atau PC komputer atau program software bawaan yang sudah sediakan dan selalu ada pada PC ataupun laptop Anda.

Kelebihan fungsi atau manfaatan menggunakan thumbnail video YouTube secara langsung Anda sudah mempunyai dua judul yang berbeda bentuk desain atau penulisan tetapi mempunyai arti atau makna yang sama.
  1. Judul utama berbentuk teks biasa yang Anda tuliskan pada judul video YouTube.
  2. Judul menggunakan thumbnail ataupun cover sampul video YouTube.
Judul utama berbentuk teks biasa yang Anda tuliskan pada judul video YouTube, ini berfungsi sebagai kata kunci yang sering digunakan untuk pencarian oleh pengunjung di kolom pencarian beranda YouTube.

Judul menggunakan thumbnail ataupun cover sampul video YouTube, ini merupakan thumbnail atau cover sampul Video YouTube yang akan muncul secara otomatis ketika Anda mengetikkan dengan kata kunci pencarian dengan menggunakan tulisan teks biasa.

BACA JUGA: Begini caranya merubah gambar tampilan video YouTube yang pecah atau buram.

Berikut manfaat dan kelebihan dengan menggunakan cover atau thumbnail YouTube yang Anda buat dengan menggunanakan photoshop atau aplikasi lainnya.

  1. Secara tidak langsung Anda sudah mempunya dua judul.
  2. Dapat meningkatkan viewer, like dan komentar dari pengunjung video.
  3. Dapat rekomendasi dan ranking dari algoritma YouTube.
  4. Video selalu kelihatan menarik dimata pengunjung atau pengguna YouTube.
  5. Dapat meningkatkan atau mempercepat subscriber dan jam tayang video YouTube Anda.

1. Secara tidak langsung Anda sudah mempunya dua judul.

Ini yang sangat jarang diketahui para konten kreator YouTube, padahal dengan mengguanakan thumbnail atau cover untuk video YouTube secara langsung Anda sudah mempunyai dua nama judul.

Dengan dua judul nama berbeda tetapi mempunyai arti atau makna yang tujuannya sama dan secara otomatis dapat memiliki peluang besar video Anda untuk diklik penonton atau pengunjung.

2. Dapat meningkatkan viewer atau pengunjung video.

Seiring dengan waktu video Anda akan dibanjiri penonton baik dari negara Anda sendiri ataupun dari berbagai negara luar.

Dengan thumbnali video untuk YouTube dapat meningkatkan viewer atau pengunjung secara dratis dan akhirnya video YouTube Anda booming atau viral, inilah salah satu kelebihan dan manfaat thumbnail atau cover video.

3. Dapat rekomendasi dan ranking dari algoritma YouTube.

Dengan mengasih thumbnail cover video YouTube yang menarik, sudah dipastikan video Anda akan lebih besar dan tinggi dapat kesempatan ranking dari algoritma YouTube dan ketika pengunjung mengetikan kata kunci sesuai keinginannya, video dengan thumbnail Anda akan berada di halaman pertama.

Di halaman pertama atau Page One, iya memang kenyataan demikian walaupun diurutan beberpa video, tapi yang penting di halaman pertama itu sudah mendapatkan ranking dan rekomendasi dari pihak YouTube.


4. Video selalu kelihatan menarik dimata pengunjung atau pengguna YouTube.

Dengan thumbnail video, pengunjung akan tertarik dari berbagai desain tulisan beserta gambar-gambar yang Anda edit sedemikian rupa di thumbnailnya, sehingga pengunjung selain melihat judul teks biasa dan diperkuat lagi dengan adanya thumbanail yang menarik sudah dipastikan klik pertama akan terjadi.

Itulah kelebihan thumbnail dengan berbagai desain tulisan teks dan editan gambar yang menarik yang dapat membuat video YouTube Anda selalu mendapat ranking, rekomendasi dan secara otomatis berada dihalam pertama diberanda YouTube.

5. Dapat meningkatkan atau mempercepat subscriber dan jam tayang video YouTube Anda.

Pada point terakhir inilah yang peling penting dan selalu ditunggu para konten kreator YouTube, yaitu dengan mengasih thumbnail dan sedikit modal pikiran dan tenaga atau waktu hanya beberpa menit saja, akan secara otomatis membuat video YouTube Anda:
  • Akan dibanjiri penonton di seluruh negara.
  • Membuat video YouTube Anda banyak dikenali dari setiap pengunjung di YouTube.
  • Dapat meningkatkan viewer, like dan komentar dari pengunjung dari berbagai belahan negara.
  • Mendapatkan rekomendasi ataupun rangking dari algoritma YouTube
  • Dan secara otomatis akan meningkatkan jumlah subscribe dan jam tayang video bertambah dengan cepat secara signifikan, continue dan real time.
Itulah beberapa kelebihan dan keuntungan jika Anda menggunakan cover atau thumbnail video YouTube dan pastikan akan cepat tercapai baik dari subscriber dan jam tayang video Anda.

Semoga Anda sebagai konten kreator atau YouTuber pemula dengan artikel ini dapat mebantu dan menambah wawasan Anda, semoga bermanfaat.