ips Perbedaan Menu Bar dan Toolbar Pada Sebuah Software atau Aplikasi - nissamaheswary.com

Iklan Display Atas

Perbedaan Menu Bar dan Toolbar Pada Sebuah Software atau Aplikasi

Nissamaheswary.com - Anda masih belum jelas atau merasa kurang paham dengan pengertian Toolbar dan Menu Bar sesuai fungsinya dan apasih perbedaan fungsi kegunaan keduanya tersebut. Dengan membaca artikel disini adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda!

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara Menu Bar dan Toolbar pada sebuah aplikasi atau software seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Access, PowerPoint dan berbagai aplikasi atau software lainnya yang perlu Anda ketahui.

Penggunaan Menu Bar dan Toolbar yang sudah ada dan biasa kita gunakan dalam setiap penggunaan software-software atau aplikasi lainnya sesuai dengan kegunaan software atau aplikasi itu sendiri dan masing-masing.

Bagi Anda yang pemula dalam penggunaan software seperti Microsoft Word, Excel, Acces. Powerpoint dan jenis software atau aplikasi lainnya, dengan nama Menu Bar dan Toolbar mungkin dianggap sama, sebenarnya berbeda sesuai dengan fungsi untuk kegunaan dan tentunya sangat membantu dalam kita menggunakan software atau aplikasi tersebut.

Berikut ini penjelaskan pengertian Toolbar dan Menu Bar sesuai fungsinya.

A. Menu Bar.

Menu Bar adalah daftar beberapa menu, yang mana menu-menu tersebut masih terdapat sub-submenu lainnya ataupun menu-menu turunan.

Letak posisi Menu Bar sudah dipasang sedemikian rupa di software ataupun aplikasi yang terletak pada tampilan jendela bagian kiri atas. 

Dengan fungsi atau kegunaan Menu Bar sangat membantu dalam pengoperasian dengan menggunakan software atau aplikasi sesuai dengan fungsi tujuan yang ingin kita gunakan.

B. Toolbar.

Toolbar adalah beberapa daftar kumpulan icon-icon shortcut berdasarkan kelompok sesuai dengan fungsi atau kegunaan Toolbar itu sendiri.

Baca Juga: Tips tercepat dan otomatis menghapus hyperlink atau link teks di dokumen Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint.

Berikut perbedaan fungsi kegunaan Toolbar dan Menu Bar Ms. Word, Ms. Excel, PowerPoint, Photoshop dan beberapa software atau aplikasi lainnya.

A. Fungsi kegunaan Menu Bar.
Sekilas fungsi kegunaan Menu Bar hampir mirip atau sama dengan fungsi kegunaan Toolbar akan tetapi kinerja kegunaannya sangat berbeda sekali.

Fungsi kegunaan Menu Bar lebih terkhusus untuk menggunakan pilihan menu seperti ingin cara simpan ataupun Emang ngeprint sepatu dokumen, dan Beberapa penggunaan Menu Bar banyak yang ingin Anda gunakan.

Letak posisi Menu Bar biasanya terletak pada bagian kiri atas pada tampilan jendela Windows di software ataupun aplikasi yang sedang Anda gunakan.

B. Fungsi kegunaan Toolbar
Fungsi kegunaan Toolbar sesuai dengan namanya yaitu alat-alat yang berbentuk icon atau shortcut yang kegunaannya lebih spesifik seperti untuk memotong atau mengecut, menebalkan, memiringkan suatu tulisan dan beberapa kegunaan lainnya tujuannya untuk pengeditan tulisan berupa teks atau gambar.

Sedangkan letak posisi Toolbar biasanya terletak pada bagian atas yang tersusun dan sejajar pada tampilan bagian atas jendela windows di software ataupun aplikasi yang sedang Anda gunakan.

Baca Juga: Begni caranya menambahkan Ikon Aplikasi atau Software di Taskbar Windows.

Untuk lebih jelasnya berikut tampilan gambar bawah ini contoh perbedaan fungsi dan kegunaan Toolbar dan Menu Bar pada Ms. Word dan Ms. Excel.

Iklan Atas Artikel Di Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Paling Bawah Artikel