Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf Teks Terbilang.

Nissamaheswary.com - Bagi Anda yang pemula belajar di Microsoft Excel pastinya akan membutuhkan suatu penjumlahan dengan bentuk bertuliskan terbilang, disini maksudnya nilai jumlah angka disebutkan dengan kata-kata bertuliskan terbilang dengan kata teks huruf.

Cara Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf Teks Terbilang.

Sebagai contoh:

Daftar Harga Barang ATK.

Harga kertas 1 RIM Rp 50.000,-
Nilai jumlah Rp 50.000 disebutkan dengan terbilang =Lima puluh ribu rupiah,-

Cara membuat rumus terbilang rupiah di Excel.

Untuk software Microsoft Excel, cara merubah nilai angka menjadi huruf terbilang, terlebih dahulu kita harus membutuhkan suatu fungsi rumus terbilang tambahan yang kita tambahkan di pengaturan Add-Ins di Ms Excel.

Cara menambahkan fungsi terbilang di pengaturan Excel sangat mudah dan simpel sekali, langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah mendownload file fungsi terbilang terlebih dahulu. Untuk mendownload fungsi terbilang di Excel bisa Anda dapatkan melalui link di Sini.

Tujuannya cara menambahkan fungsi terbilang di Microsoft Excel untuk menyebutkan nilai angka dengan sebutan terbilang yang bertuliskan huruf atau teks.

Sebutan dengan angka terbilang yang bertuliskan huruf atau teks ini biasanya digunakan di kwitansi ataupun nota-nota pembelian.

Persyaratan yang pertama dalah supaya bisa mengubah angka menjadi terbilang huruf di excel memakai fungsi rumus terbilang yang sudah download.

Cara merubah angka menjadi huruf di excel mudah sekali.

Dengan fungsi terbilang di Microsoft Excel dapat pastinya dapat membantu Anda membuat kwitansi secara manual yang Anda lakukan di Excel. Anda juga dapat mengubah juga nilai angka menjadi huruf dalam penulisan nilai raport yang dibuat di Ms Excel.

Dengan hanya mendownload file fungsi terbilang yang sudah penulis siapkan di link atas, maka sudah bisa merubah angka menjadi terbilang huruf atau Anda bisa menyebutkan dengan terbilang yang bertuliskan melalui huruf atau teks.

BACA JUGA: Begini cara cepat kopi paste file data di Ms Excel dengan hasil rapi & tidak berantakan.

Ok berikut ini cara atau langkah membuat atau mengubah nilai angka menjadi huruf teks terbilang di Ms. Excel.

Persiapan yang harus Anda lakukan adalah silahkan terlebih dahulu download fungsi terbilang, Anda bisa dapatkan link downloadnya di Sini.

Silahkan simpan hasil download-nya di folder laptop atau PC yang sudah Anda siapkan supaya nanti jika Anda menambahkan fungsi terbilangnya di pengaturan Ms. Excel mudah mencarinya.

Setelah Anda menyimpan file download fungsi terbilang, maka sekarang langkah-langkah yang harus diatur atau dieting dalam pengaturan Ms, Excel.
1. Silahkan buka software atau aplikasi Ms. Excel.
2. Silahkan pilih menu File pada Office Button pojok kiri atas, lanjut lalu klik Excel Options.
3. Selanjutnya klik menu Add-Ins dan pada bagian bawah parameter Manage, lanjut klik tombol Go.
4. Pada tampilan Add-Ins, silahkan klik Browse dan silahkan cari hasil download fungsi terbilang tadi dan lanjut klik OK.

Setelah Anda berhasil memasukan fungsi terbilang pada tampilan Add-Ins, jangan lupa untuk mencentrang nya dan posisi kursor terblok di nama folder fungsi terbilang dan setelah itu klik tombol OK.
Cara Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf Teks Terbilang.

Cara Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf Teks Terbilang.

BACA JUGA: Cara menentukan / membuat fungsi rumus Jenis Kelamin di Ms Excel secara otomatis.

Sekarang saatnya untuk penggunaan fungsi terbilang dengan mengubah nilai angka menjadi huruf teks terbilang.

Untuk sebagai contoh kita menggunakan Daftar Harga Barang ATK seperti pada penjelasan tampilan gambar dibawh ini.

1. Siapkan dan buka data dokumen di Excel (sebagai contoh daftar harga barang ATK).
2. Selanjutnya klik di kolom cell terbilang pada kolom F baris ke 5, untuk menuliskan fungsi terbilangnya.
3. Ketik "sama dengan" (=) di kolom F baris ke 5, dan ketik Terbilang (=Terbilang). 
4. Atau klik double Terbilang yang muncul otomatis, lanjut klik di kolom cell E baris ke 5.
5. Setelah melakukan dengan cara langkah dari nomor 1 sampai dengan nomor 4 pada uraian di atas, sekarang tinggal tekan Enter.

Setelah dengan menekan Enter, maka rumus atau fungsi terbilang secara otomatis menyebutkan jumlah angka dengan terbilang huruf atau teks.


Anda sekarang tinggal atau dapat mengkopi fungsi terbilang pada daftar harga barang ATK di nomor 2, 3 dan selanjutnya secara otomatis cepat dan singkat walaupun data daftar barang ATK Anda berjumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan sekalipun.



Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda juga bisa menonton video tutorial di bawah ini.


Demikianlah bagaimana cara mengubah nilai angka menjadi huruf teks terbilang hanya dalam waktu hitungan detik. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.