ips 11 Cara Mendapat Backlink Berkualitas. - nissamaheswary.com

Iklan Display Atas

11 Cara Mendapat Backlink Berkualitas.

Nissamaheswary.com - Dalam membangun sebuah blog, website atau toko online, backlink menjadi salah satu aspek terpenting. 

Cara Mendapat Backlink Berkualitas dan gratis.

Backlink merupakan link atau tautan yang mengarah ke website pribadi. Sehingga, penggunaan backlink ini sangat bermanfaat untuk menghasilkan website SEO. Oleh karena itu, banyak pemilik website atau blog yang mencari tahu cara mendapat backlink berkualitas.

Backlink menjadi cara atau strategi tertua dalam menghasilkan website atau blog SEO. Namun, memahami konsep backlink cukuplah sulit. Karena tidak semua strategi backlink akan disukai oleh mesin Google. Oleh karena itu, terdapat beberapa proses dan persiapan yang harus dijalankan.

Cara Mendapat Backlink Berkualitas.

Google telah memperketat penggunaan backlink dengan sistem barunya bernama Google Pinguin, hal ini disebabkan karena banyak pengguna website yang memperjualbelikan tautan. Sehingga dapat terdeteksi sebagai cara yang mencurigakan. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara mendapatkan backlink gratis yang berkualitas. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Menulis Konten Blog Dengan Topik yang Populer.

Cara pertama mendapatkan backlink adalah dengan menulis atau membuat konten dengan tema dan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Sehingga, tulisan atau konten akan banyak dicari serta dibutuhkan pula oleh orang lain.

Selain menulis konten dengan topik yang sedang hangat, caraini dapat dilakukan pula dengan menulis konten menggunakan tema dan topik menarik. Buatlah konten yang unik sehingga berpotensi untuk menjadi rujukan dari situs lain. Atau bahkan menjadi rujukan untuk situs ternama, misalnya Wikipedia.

2. Membangun Relasi Sesama Blogger.

Dewasa ini, banyak komunitas atau perkumpulan blogger yang menyediakan wadah bagi sesama blogger untuk sharing. Hal ini dapat dimanfaatkan pula untuk membangun sebuah backlink. Para pemilik blog atau websitedapat saling bertukar link untuk disematkan di webnya masing-masing.

3. Memposting Konten di Forum.

Selain dengan memperbanyak relasi melalui komunitas blogger, cara mendapatkan backlink pun dapat dilakukan dengan memposting konten di suatu forum. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan konten sehingga banyak orang yang mengunjungi konten tersebut. Postinglah secara rutin agar dilihat oleh banyak pengguna forum.

Terdapat beberapa forum untuk membagikan konten website, diantaranya vivanews, forum detik, Kompas forum, forum Linux, YIC, Yogyafree, Mig33, Forum Balikita, Ligagame, Indoforum, Topixx, dan Alloexpat.

4. Membuat Konten Untuk Website Lain.

Cara selanjutnya merupakan ¬win-win solution. Dengan menulis atau membuat konten untuk website lain secara gratis, maka Anda dapat pula menyematkan link situs pribadi. Sehingga, kedua belah pihak sama-sama untung. Pihak pertama diuntungkan karena mendapatkan konten gratis, sedangkan pihak kedua diuntungkan karena mendapat backlink secara gratis.

5. Membuat Infografis.

Saat ini, infografis merupakan hal yang tengah menjadi kesukaan banyak orang. Karena infografis memiliki visual yang menarik dan nyaman untuk dilihat. Banyak orang yang tertarik untuk menggunakan infografis dalam konten websitenya, karena akan membantu menyampaikan isi konten secara visual dan menarik.

Apabila blog atau website menyajikan banyak infografis, maka berpotensi untuk dijadikan rujukan oleh website lain sehingga akan menautkan website Anda pada kontennya. Pada akhirnya, hal ini menjadi salah satu cara membuat backlink yang cukup menguntungkan.


6. Melakukan Blogwalking.

Blogwalking merupakan cara lama yang saat ini tidak banyak digunakan. Hal ini dikarenakan banyaknya waktu dan tenaga yang terbuang dalam melakukan blogwalking. Namun, sebenarnya cara ini cukup efektif untuk digunakan dalam mendapatkan backlink secara gratis. Oleh karena itu, cara berikutnya adalah dengan melakukan blogwalking.

Agar waktu dan tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, maka lakukanlah blogwalking hanya pada website atau blog dengan tema yang sama dengan konten di website pribadi. Cara ini cukup efektif dan efisien untuk dilakukan.

7. Melakukan Skyscraping Pada Konten.

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pencarian konten di website pribadi yang trafficnya cukup bagus. Lalu, buatlah konten tersebut agar semakin populer. Cara ini menjadi strategiefektif dalam menghasilkan konten yang baik. Sehingga, konten tersebut akan semakin berpotensi untuk menjadi rujukan website lain.

8. Memanfaatkan Tools.

Kini, telah banyak tools yang memudahkan untuk mencari backlink berkualitas. Misalnya seperti Ahrefs, Majestic, MOZ, dan sebagainya. Tools ini dapat menampilkan data lengkap backlink dari website atau blog kompetitor. Data ini dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk membangun konten agar lebih optimal.

9. Melakukan Guest Blogging.

Cara selanjutnya memiliki 2 keuntungan, yang pertama adalah meningkatkan trafficpada website pribadi dan yang kedua adalah mendapatkan backlink secara gratis dan berkualitas. Cara ini pun dapat meningkatkan peringkat pada website pribadi.

Untuk melakukan Guest Blogging, caranya adalah dengan menggunakan keyword “Topik/Tema Konten guest post” pada mesin pencarian Google. Selanjutnya, kirimkanlah surel kepada pemilik blog. Namun, pastikan bahwa blog tersebut bukanlah blog baru dan sudah memiliki trafficyangtinggi.

10. Membagikan PDF.

Cara lain untuk mendapatkan backlink adalah dengan upload presentasi ke beberapa web. Caranya adalah menyertakan atau menautkan backlink yang menuju ke website pribadi dalam PDF. Cara ini dapat menggunakan beberapa website, misalnya de.slideshare.net, issuu.com, dan Direktori Web.

11. Mendaftarkan Link atau Tautan ke Website Lain.

Cara mendapat backlink berkualitas terakhir yaitu dengan mencari website lain untuk mendaftarkan tautan web pribadi. Masukkan keyword “intitle: (keyword) inurl: daftar link.” Apabila sudah mendapatkan link yang cocok, tanyakanlah kepada operator apakah webpribadi dapat disertakan. Pastikan pula konten yang didaftarkan memiliki kualitas tinggi.

Itulah tips 11 cara atau langkah-langkah mendapatkan Backlink yang berkulitas, yang mana peran Backlink sangat penting sekali untuk membanngun suatu Blog, Situs atau Toko Online Anda. Semain DA blog atau situs Anda naik, secara ototmatis trafik atau pengunjung akan naik atau meningkat juga.

Semakin Anda menanam banyak Backlink akan semakin naik otoritas diomain Anda, sehingga dapat mendorong atau mendongkrak seluruh konten artikel Anda atau disebut juga page autoritinya di halaman pertama, walaupun tidak semua konten artikel tampil pada urutan pertama. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel Di Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Paling Bawah Artikel