Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Zoom Meeting di Laptop dan HP.

Arti Zoom Meeting.

Zombie Meeting adalah sebuah software atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan Meeting atau rapat yang dilakukan secara virtual ataupun online pada di sebuah dinas, badan, kantor ataupun perusahaan lainnya.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

cara menggunakan zoom meeting di laptop dan hp

Aplikasi Zoom Meeting selain untuk digunakan berbagai acara meeting saat ini coba lagi banyak digunakan untuk pembelajaran pada tutorial secara online di sekolah-sekolah yang dimana pada masa sekarang masa pandemi.

Untuk pembelajaran, bimbingan dengan pengguanaan plikasi Zoom Meeting sebagai pengganti belajar secara langsung, diharapkan akan memaksimalkan dan menjaga kualitas belajar anak-anak dari pada hanya melalui HP yang dilakukan secara cara tersendiri atau biasa disebut juga sebagai daring.

Berikut ini cara menggunakan Zoom Meeting baik melalui laptop atau via HP Android ataupun smartphone.
  1. Silahkan buka Google Chrome atau browser lainya → Lanjut pada sidebar atau kolom pencarian silahkan ketik Zoom.us
  2. Selanjutnya setelah tampilan beranda ZOOM → Lanjut klik SIGN IN. Untuk sign in atau masuk, Anda bisa menggunakan akun Google atau Facebook.
  3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke tampilan Welcome to Zoom → Silakan lanjut dengan tap Create Account.
  4. Lanjut pada tampilan beranda Zoom Meeting → Lanjut pilih HOST A MEETING → With Video On.
Selanjutnya muncul software Zoom terdownload di perangkat laptop secara otomatis, silahkan tunggu proses download hingga selesai dengan melihat sebelah kiri bawah pada tampilan laptop.

Jika proses download aplikasi Zoom Meeting selesai, sekarang saatnya untuk menginstal ke laptop dan silahkan diklik berkas downloadnya di bagian bawah kiri laptop 
 Lanjut klik Run, kemudian tunggu proses penginstalan hingga selesai.

Jika ada dialog notifikasi saat penginstalan, pilih saja Yes.

Silahkan cheklist di Automatically join audio by computer when joining a Meeting, pada bagian bawah kiri. Lanjut klik Join with Computer Audio.

Baca Juga: Begini caranya mengetikan dengan suara di Google Docs supaya tidak sering terjadi error.

Cara Membuat Link Zoom Meeting Via Email.
Pada tahap ini kita bisa menyebarkan link kepada teman-teman untuk mengikuti ataupun join bersama oom Meeting dengan cara kita mengirimkan url atau link Zoom Meeting ke email.

Untuk contoh disini kita menggunakan akun Gmail untuk mengirim atau mengundang link urlnya, dengan cara sebagai berikut:
  1. Setelah mengklik ikon gambar akun Gmail maka akan diarahkan masuk ke akun Gmail.
  2. Selanjutnya pada tampilan Please join Zoom Meeting in progress, silahkan isikan alamat email-email yang ingin dikirim link url Zoom Meeting.
  3. Jika penulisan beberapa alamat email sudah selesai  Lanjut klik tombol Kirim di bagian sebelah kiri di bawah.
Cara Membuat Link Zoom Meeting Via WhatsApp.
Ketika Anda ingin mengirimkan url Zoom Meeting melalui aplikasi sosial media seperti WhatsApp caranya pun sangat mudah ataupun gampang sekali, yaitu dengan cara berikut ini:
  1. Pada tampilan beranda Zoom Meeting silakan klik Invite di tampilan toolbar bawah.
  2. Lanjut tekan atau tap tombol Copy URL, jangan lupa juga mengcopy passwordnya di bagian sebelah kanan Copy Invitation.
  3. Silahkan tempelkan atau pastekan link URL ke nama WhatsApp teman Anda atau di share di grup WhatsApp, (ingat setelah pastekan link URL nya, lanjut pastekan lagi ke new chat untuk pastekan kode passwordnya).

Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP Android ataupun smartphone.
Sebelumnya dipastikan seorang yang diundang sudah mengistal aplikasi Zoom di HP Android atau smartphone.

Cara Mendapatkan aplikasi Zoom sangat mudah silahkan kunjungi di Play Store ataupun Google Play ketikan dengan nama ZOOM Cloud Meeting, dan untuk menggunakan Zoom Meeting di HP caranya sebagai berikut:
  1. Silahkan buka WhatsApp dan salin link URL Zoom Meeting yang dikirim seperti pada uraian diatas tadi.
  2. Selanjutnya silahkan buka Google Chrome atau Browser lainnya di HP Anda → Lanjut tempelkan link URL Zoom.
  3. Setelah Anda menempelkan atau pastekan link URLnya, maka secara otomatis akan membawa ke aplikasi Zoom Meeting   lanjut pilih Join Meeting → pilih Got it Allow.
  4. Selanjutnya maka akan tampil Video Preview dan disini prosesnya sudah berhasil.
Untuk menggabungkan atau joint beberapa pengguna Zoom Meeting, Anda tinggal pilih dengan klik Join with Video.

Baca Juga: Pengertian Ombudsman beserta apa fungsi dan perannya untuk atau bagi masyarakat.

Selama proses join Zoom Meeting, kita dapat melakukan berkomukinaksi dengan panggilan atau conference call dalam meeting secara bersamaan.

Dalam melakukan komunikasi dengan panggilan secara bersamaan atau bergantian seperti untuk saling tanya jawab, untuk pengguna HP dan berada diposisi dimana pun bisa dilakukan walaupun acara intinya Zoom Meeting dengan menggunaka laptop.

Itulah kelebihan dan kepentingan Zoom Meeting saat ini, salah satu alternatif yang tepat untuk melakukan meeting kerja, belajar dan kepentingan perihal lainnya yang dilakukan secara virtual atau secara online.