Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Penyebab HP Lemot, Ngelag dan Cara Mengatasinya Secara Ampuh!

Nissamaheswary.com - Berikut beberapa Penyebab HP lemot yang sering terjadi tanpa kita sadari.
Penyebab HP Lemot, Ngelag dan Error
penyebab-hp-lemot-ngelag-dan-cara-mengatasinya 
Secara umum dan yang paling sering terjadi penyebab HP lemot adalah penggunaan HP pada kurun waktu yang sangat lama tanpa Anda selalu rutin membersihkan baik melalui aplikasi pembersih yang banyak sekali tersedia di Google Play Store atau melalui membersihkan secara manual tersendiri tanpa aplikasi.

Kasus terjadinya HP yang lemot ataupun ngelag tidak hanya terjadi pada beberapa HP saja tetapi secara umum memang sudah kodratnya terjadi untuk semua merek dan tipe dari HP apapun seperti samsung A32 lemot.

Pada artikel ini akan menjelaskan secara detail singkat padat dan jelas, penyebab utama dan yang paling sering terjadi pada HP Android ataupun smartphone Anda.

Berikut beberapa penyebab HP lemot dan macet yang paling sering terjadi.

1. Terlalu Banyak Cache Sampah Yang Menumpuk.
Penyebab HP lemot dan akhirnya macet karena terlalu besar kapasitas sampah atau cache yang tersimpan dalam memori baik internal maupun eksternal di HP Android atau smartphone Anda.

Cara mengeceknya penyebab HP yang tidak lemot adalah Anda bisa memasuki di 
File Manager . Seperti yang kita ketahui File Manager adalah folder atau drivenya pusatnya tersimpan file-file seperti foto video riwayat pesan dan file-file lainnya yang terekam atau tersimpan menjadi cache sampah.

Cara mengatasi HP yang lemot atau seperti pada kasus di sini, adalah Anda tinggal menghapus semua file-file yang tersimpan baik dalam memori internal ataupun eksternal dan tentunya menghapusnya tanpa menggunakan aplikasi apapun dijamin ampuh! 

Untuk cara menghapusnya file-file sampah yang tersembunyi sampai keakar-akarnya, silahkan Anda baca artikel Cara ampuh menghapus file sampah yang tersembunyi di HP Android atau smartphone.

2. Cara Yang Salah Mengeluarkan Aplikasi.
Penyebab HP Android ataupun smartphone yang lemot dan ngelag salah satunya juga karena terlalu banyak aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang layar atau di belakang background tanpa Anda menghapus atau mengeluarkan secara benar.

Kebiasaan yang kita sering lakukan untuk menghapus atau mengeluarkan aplikasi-aplikasi yang baru saja kita gunakan biasanya dengan kita mengeluarkan dengan cara  menekan tombol Home dan kita menggeser aplikasi ke atas ataupun menyilang pada gambar ikon silang (X) dibawa aplikasi tersebut.

Secara logika memang benar sudah kita keluarkan ataupun kita hapus tetapi pada kenyataannya aplikasi-aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar HP Android ataupun Smartphone kita. 

Dapat kita bayangkan, bagaimana kalo ada puluhan aplikasi yang masih aktip atau berjalan di balik latar belakang HP, pasti akan sangat mempengaruhi dan memperlambat kinerja ponsel.

Cara yang benar untuk menghapus aplikas-aplikasi yang sedang berjalan di balik layar atau dibalik background adalah kita menyeting di fitur Opsi pengembang atau Opsi developer, dengan merubah pilihan tanpa latar belakang.

Batas proses latar belakang atau background pada Opsi pengembang.
Dengan merubah atau menyeting batas proses latar belakang atau batas proses background pada fitur Opsi pengembang ini sangat penting sekali.

Untuk bisa mengatur atau menyetel pada batas proses latar belakang, kita harus terlebih dahulu mengaktipkan dalam menu rahasia fitur Android yang jarang diketahui banyak orang yaitu fitur Opsi pengembang di perangkat HP kita.

Cara mengaktipkan atau menyeting batas proses latar belakang atau batas proses background di Opsi pengembang ataun Opsi developer caranya sebagai berikut:

Pada Opsi pengembang atau Opsi developer --> Lanjut cari dan pilih Batas proses latar belakang --> Lanjut silahkan rubah Tanpa batas proses latar belakang.

Cara mengaktipkan batas proses latar belakang di Android
Batas proses latar belakang

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengaktipkan Batas proses atar belakang, Anda dapat juga membaca Berikut ini daftar menu rahasia HP Oppo yang jarang diketahui banyak orang.

Kelebihan mengaktipkan pada menu Batas porses latar belakang ini, kapasistas RAM pada perangkat HP secara ototmatis akan meningkatkan performa kinerja HP, alhasil kecepatan akan tetap stabil dan tidak lemot, ngelag dan error lagi.

Dengan mengaktipkan Batas proses latar belakang, pasalnya tidak ada lagi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di balik layar atau dilatar belakang perangkat HP kita.


3. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Tidak Pernah Dipakai atau Digunakan.
Yang ketiga penyebab HP lemot atau ngelag karena terlalu banyak aplikasi-aplikasi yang tidak Anda gunakan dan hanya menumpuk di beranda ataupun halaman depan layar utama di HP Android atau smartphone.

Dengan banyaknya aplikasi aplikasi yang didownload dan diinstal di HP kita karena juga olah perbuatan anak-anak kita yang hobi bermain game sehingga banyak aplikasi-aplikasi game yang di-install oleh si buah hati kita.


4. Adanya Bloatware atau Aplikasi Bawaan HP Android atau smartphone.
Dan yang terakhir penyebab HP lemot dan ngelag yang paling sering dan umum terjadi, karena adanya aplikasi bawaan pada HP Android ataupun smartphone yang jarang sekali bahkan tidak pernah Anda pakai.

Dengan adanya aplikasi bawaan, sangat disarankan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan di HP yang tidak pernah dipakai atau digunakan dan hanya akan menjadi pengganggu utama kinerja HP atau smartphone Anda.

Untuk membuang aplikasi-aplikasi bawaan atau menghapusnya Anda tidak usah kuatir, cara menghapusnya silakan baca artikel Cara menghapus Aplikasi bawaan atau bloatware di HP Android dengan mudah dan cepat.

Dengan mengetahui masalah yang paling sering terjadi penyebab HP yang lemot, secara tidak langsung Anda sudah mengetahui bagaimana caranya mengatasi HP lemot, ngelag. Semoga dapat membantu!