Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Berikut Ini Trik Kode Rahasia Fungsi Tombol Keyboard Di Laptop atau PC Komputer.

Nissamaheswary.com - Berikut ini trik kode rahasia yang sangat penting dan berguna bagi Anda pemula pengguna laptop atau PC komputer, yaitu trik keyboard laptop keren yang tersembunyi dan rahasia fungsi tombol pada keyboard beserta gambarnya.

Trik Rahasia Fungsi Tombol Keyboard Laptop atau PC Komputer Yang Tersembunyi Dan Patut Anda Ketahui.
kode rahasia fungsi tombol keyboard laptop atau pc komputer yang tersembunyi

Dimana trik kode keyboard laptop yang sangat berfungsi dan berguna sekali untuk mempercepat pekerjaan kita dalam pengetikan dokumen baik, di Microsoft Word, Excel atau software aplikasi lainnya ataupun ketika Anda sedang browsing.

Karena yang paling sering digunakan atau umum digunakan dalam menggunakan keyboard laptop atau PC komputer, hanya seberapa sebagian tombol keyboard yang sudah paling umum ketahui saja. 

Dengan tidak kita sadari, bahwa sesungguhnya keyboard atau perangkat keras beserta softwarenya sudah menyediakan beberapa kode rahasia, dimana kita bisa dengan memakai tombol cepat keyboard dimana fungsinya sangat membantu sekali untuk mempercepat pekerjaan kita. 

Fungsi Tombol Pada Keyboard Beserta Gambarnya.

Walaupun beberapa fungsi tombol pada keyboard disertai beserta gambarnya, sampai sekarang ini banyak pengguna laptop atau PC komputer yang belum tahu cara menggunakan kode rahasia tombol keyboard yang tersembunyi, karena mungkin tidak tahu atau tidak pernah mencobanya. 

Berikut Ini Kode Rahasia Pada Tombol Keyboard Laptop Atau PC Komputer Yang Patut dan Wajib Anda Ketahui.

Adapun kode rahasia fungsi tombol keyboard yang sangat berguna sekali dan jarang sekali orang tahu, yaitu sebagai berikut:

  1. Tombol Keyboard F5 
  2. Tombol Keyboard F6 
  3. Tombol Keyboard Windows + D.
  4. Tombol Keyboard Windows + R.
  5. Tombol Keyboard Windows + E.
  6. Tombol Keyboard SPASI.

Berikut penjelasan arti fungsi dari setiap kode rahasia tombol keyboard untuk mempercepat pekerjaan pada laptop atau komputer asus dan beberapa merek lainnya.

I. Rahasia Tombol Keyboard F5.

Untuk yang pertama yaitu tombol keyboard F5, memiliki tiga fungsi yang sangat berguna dan jarang diketahui para penggunanya, adapun ketiga fungsi yang sangat penting dari tombol F5 adalah: 

A. Merefresh Secara Cepat.
Berikut cara penggunaannya: silahkan beralih pada tampilan berAnda layar dekstop laptop atau PC komputer → lanjut tekan tombol keyboard F5, maka secara otomatis akan Merefresh dengan cepat.

B. Bisa Melihat Tampilan Jam & Kalender Secara Cepat.
berikut cara penggunaannya: Silahkan buka Notepad dan tekan tombol keyboard F5 maka secara otomatis keluar jam dan tanggal saat itu juga, ini jika dirasa ikon jam dan kalender tidak muncul atau hilang di bawah kanan pada desktop laptop atau PC komputer Anda.

C. Merubah Dengan Menambahkan Tampilan Cahaya Layar Monitor.
Untuk merubah atau mensetting tampilan layar laptop ataupun PC komputer ini sudah umum digunakan, tetapi untuk pemula juga pasti contohnya belum tahu, Adapun cara penggunaannya untuk mensetting tampilan layar menggunakan tombol F5 ini perlu dikombinasi dengan tombol FN + F5.

Dimana dengan menggunakan tombol rahasia keyboard FN + F5 perlu dilakukan untuk mengatur kecilnya atau mengurangi ukuran cahaya yang keluar dari tampilan layar monitor, sehingga sesuai kebutuhan untuk menjaga radiasi penglihatan penggunanya juga.

Tetapi untuk keluaran laptop asus terbaru, tidak lagi menggunakan tombol kombinasi FN, untuk merek terbaru lainnya bisa menyesuaikan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi, Keyboard Laptop Error Mengetik Sendiri, Wi-Fi Laptop Tanda Silang Dijamin Ampuh.

II. Rahasia Tombol Keyboard F6.

Sedangkan bagian kedua yaitu tombol keyboard F6, memiliki dua fungsi yang sangat berguna dan jarang diketahui, adapun kedua fungsi yang sangat penting dari tombol F6 adalah: 

A. Merubah Mengurangi Tampilan Cahaya Layar Monitor.
Masih sama seperti fungsi tombol rahasia F5 yaitu kebalikannya, dimana fungsi tombol rahasia F6 dengan menggunakan kombinasi FN + F6 akan menambah terangnya cahaya layar monitor sehingga Anda bisa mengatur keredupan dan ketinggian cahaya layar sesuai dengan keinginan kita.

B. Mengkopi URL atau Alamat Sebuah Website atau Situs Secara Otomatis.
Seperti biasa ketika ketika kita sedang online atau browsing dan ketika ingin mengambil alamat link url nya, cara yang biasa digunakan yaitu blok link url nya dengan menggunakan kursor mouse lalu salin atau kopi. 

Tetapi dengan menekan tombol rahasia F6, Maka pada bagian link url ini sudah terblok dan saatnya langsung mengkopi dengan tekan ctrl + C. Selanjutnya tinggal menyalin dengan mem pastekan sesuai dengan kebutuhan kita. 

III. Rahasia Tombol Keyboard Windows + D.

Adapun fungsi tombol Windows + D, yaitu untuk kembali kelayar beranda monitor secara cepat. Sangat cocok sekali ketika kita menggunakan beberapa aplikasi atau software yang sudah terbuka dan ketika kita ingin kembali ke beranda ataupun ke layar utama desktop komputer.

Coba Anda bayangkan ketika kita sudah membuka beberapa software, kemudian ingin kembali layar beranda laptop untuk merefresh, tentunya kita harus me minimise satu persatu software atau aplikasi yang sedang terbuka, dan ini tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Dengan hanya menekan tombol keyboard Windows + D, maka secara cepat dan otomatis akan berada di layar beranda monitor ataupun Layar desktop, tinggal merefresh dengan menekan tombol keyboard F5

IV. Rahasia Tombol Keyboard Windows + R.

Fungsi rahasia tombol keyboard Windows + R yaitu untuk menghapus sisa-sisa sampah pembongkaran software yang membuat lemot laptop atau PC komputer. Adapun cara menggunakannya:

  • Tekan tombol keyboard Windows + R → Lanjut ketikan %temp% → Lanjut tekan OK atau Enter.
  • Selanjutnya pada tampilan layar atau jendela baru → Lanjut tekan ctrl + A → Lanjut tekan Delete.
  • Lanjut muncul konfirmasi dialog baru, Centang saja bagian sebelah kiri kemudian tekan atau pilih Skip, lakukan berulang-ulang.

V. Rahasia Tombol Keyboard Windows + E.

Adapun fungsi rahasia tombol Windows + E adalah untuk Windows Explorer secara cepat. Dimana yang biasa dilakukan selain menggunakan kode tombol rahasia ini biasanya dengan klik kanan pada menu start windows kiri bawah dan pilih Windows Explorer atau File Explorer.

VI. Rahasia Tombol Keyboard SPASI.

Dimana fungsi rahasia tombol keyboard Spasi bisa cepat untuk menghidupkan dan mematikan musik atau video YouTube dengan mudah yaitu dengan sekali tekan saja. 

Dengan menggunakan rahasia fungsi tombol keyboard Spasi ketika sedang menonton video YouTube, ketika Anda belum selesai karena ada urusan dan meninggalkan laptop atau komputer, Anda dapat mematikan hanya dengan menekan tombol Spasi pada keyboard.

Dan pada intinya tidak perlu menggunakan kursor mouse dan tekan ikon stop pada video YouTube. Begitu juga sebaliknya jika ingin hidupkan video lagi tinggal tekan lagi tombol keyboard Spasi maka video akan hidup atau berputar kembali.

Anda Juga Dapat Melihat Tutorial Video Trik Kode Rahasia Fungsi Tombol Keyboard Laptop atau PC Komputer, dibawah ini:


Demikianlah beberapa trik rahasia fungsi tombol keyboard laptop atau PC komputer yang belum Anda ketahui dan perlu atau wajib Anda coba. Dengan demikian Anda bisa mencobanya dari sekarang juga. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.