Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Cara Belajar Berhitung Anak TK dengan Cepat dan Mudah.

Ide Cara Belajar Berhitung Anak TK dengan Cepat dan Mudah.
ide cara belajar berhitung anak TK dengan cepat dan mudah.

Nissamaheswary.com - Bagaimana cara memberi atau mengajar menghitung dengan trik cepat untuk anak TK dengan mudah dan dapat dikuasai?. Pada postingan kali ini akan memberikan beberapa ide cara belajar berhitung untuk anak TK dengan cepat dan mudah.

Berhitung merupakan keterampilan dasar yang penting untuk dipelajari dan dikuasai anak TK. Ini membantu mengajari anak tentang penjumlahan dan pengurangan, serta keterampilan koordinasi dan kognitif. 

Ada banyak cara berbeda untuk membantu anak Anda belajar berhitung, tetapi ide-ide mudah ini akan mengajari mereka dalam waktu singkat!

Berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting bagi anak anak. Umumnya anak anak akan mulai belajar berhitung ketika mereka sudah memsuki PAUD atau TK. Nah, pada tahap pengenalan berhitung inilah harus dilakukan secara tepat supaya proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif. 

Oleh sebab itu, kita perlu membahas beberapa ide cara belajar berhitung dengan cepat dan mudah yang perlu Anda diketahui sebagia orangtuanya.

Berhitung sendiri merupakan sebuah kemampuan utama bagi seseorang yang berkaitan dengan prestasi akademik, pilihan karir, pendapatan, pekerjaan, kesehatan, pengambilan keputusan keuangan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting sekali belajar dan menguasai cara berhitung bahkan sejak dini.

Baca Juga: Berikut 5 Hal yang Wajib Diajarkan oleh Orang Tua pada Anak. 

Proses belajar berhitung anak TK akan lebih mudah apabila dilakukan dengan metode yang sederhana dan menyenangkan seperti di bawah ini. Yuk simak.

Berikut Ini 5 Ide Cara Belajar Berhitung Anak TK dengan Cepat dan Mudah.

1. Berhitung Menggunakan Jari Tangan.

Untuk belajar berhitung, anak anak bisa menggunakan jari tangan mereka. Misalnya coba minta mereka untuk menghitung jumlah jari tangan atau menunjukkan beberapa jari tangan sambil menghitungnya. 

Dengan menggunakan metode sederhana ini, anak anak lama kelamaan bisa paham caranya menghitung angka dari angka angka yang sederhana.


2. Berhitung Benda disekitar.

Disekitar kita tentu ada banyak sekali benda benda bukan? Anak TK bisa belajar caranya menjumlahkan angka dengan coba menghitung banyaknya pensil di dalam kotak pensil. Selain itu, coba hitung Kembali setelah beberapa pensil ditambahkan maupun dikurangi. 

Dengan ide menghitung benda disekitar bisa membantu anak anak untuk semakin memahami bagaimana konsep berhitung dasar mulai dari penjumlahan atau pengurangan.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja yang Efektif.


3. Jam Dinding.

Selain ide diatas, anak anak juga bisa diajarkan cara nya menghitung waktu pada jam dinding. Anda juga bisa mengajarkan mereka caranya menjumlahkan dan mengurangi dengan jam dinding. 

Misalnya Anda memberikan soal 3 + 6, maka arahkan perhatian anak ke angka tiga di jarum jam kemudian hitung 6 langkah selanjutnya yang hasilnya berhenti di angka 9. Sedangkan saat mengurangi, anak bisa menghitung kearah berlawanan dengan arah jarum jam.


4. Menghitung Langkah.

Saat anak menaiki sebuah tangga, Anda bisa memintanya untuk menghitung setiap Langkah pada anak tangganya. Apabila mereka belum berhasil melakukannya, Anda bisa membantu untuk mengucapkan angkanya. 

Tidak hanya menghitung langkah, ide lain adalah seperti menghitung banyaknya lompatan, lemparan bola atau berlari keliling halaman pada saat bermain.


5. Berhitung dengan Menggambar.

Menggambar pada umumnya adalah kegiatan yang disukai banyak anak anak. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajak mereka belajar berhitung. Bagaimana caranya? Anda bisa meminta anak untuk menggambar sebuah buah misalnya apel dalam jumlah yang Anda sebutkan. 

Metode ini juga bisa dilakukan dengan cara lain, yakni misalnya Anda yang menggambar beberapa buah apel lalu minta si anak untuk menghitung berapa jumlahnya. 

Metode ini dilakukan supaya anak bisa merasa senang dan suka untuk belajar berhitung dengan cara yang tidak biasa. Bahkan seringkali anak anak tidak sadar kalau mereka sedang belajar berhitung.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang ide cara belajar berhitung anak TK dengan cepat dan mudah yang bisa Anda ketahui

Pastinya ada banyak manfaat yang bisa di dapat dengan belajar berhitung misalnya anak bisa memahami dengan baik konsep ruang dan waktu serta bisa berpikir secara logis dan sistematis. Semoga bermanfaat.