Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajarkan Anak Anda Menabung Sejak Dini dengan Baik.

Berikut Ini Beberapa Cara Mengajarkan Anak Anda Menabung Sejak Dini dengan Baik.
gambar illustrasi by nissamaheswary.com

Nissamaheswary.com - “Hemat pangkal Kaya” adalah pepatah yang sudah sejak dulu diajarkan oleh orang tua secara turun menurun. Ini bukan hanya pepatah, tapi mengingatkan kita semua tentang pentingnya menabung. 

Kebiasaan menabung ini tidak muncul begitu saja, ini harus jadi kebiasaan. Oleh sebab itu, orang tua bisa mengajarkan anak anak mereka untuk menabung sejak dini.

Menabung ada banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh anak anak. Mereka bisa mengerti bahwa dengan hemat dan menabung itu bisa membuat kehidupan keuangan mereka lebih baik. Anak anak perlu dikenalkan mengenai konsep uang sejak dini yang bisa bermanfaat ketika mereka dewasa nanti.

Sebelum untuk memulai cara mengajarkan anak Anda menabung sejak dini dengan baik, Anda sebagai orang tua harus mempunyai, mengusai dan mengajarkan beberapa tips supaya mengajar cara menabung anak sejak dini berhasil.

Tip #1: Mulailah Menabung Lebih Awal.

Jika anakAnda masih balita,Anda mungkin ingin memperkenalkan ide menabung. Anda dapat menempatkan beberapa koin di celengan dan membiarkan anak Anda melakukan penyetoran 

Anda juga bisa memasukkan beberapa koin ke dalam wadah dan beri label “Menabung untuk keperluan atau kemauan anak”. Ini akan mengajari anak Anda bahwa menabung adalah kegiatan rutin.


Tip #2: Ajari AnakAnda Nilai Menabung.

Ajarkan terus anak-anakAnda pentingnya menabung. Tidak hanya menyiapkan mereka untuk masa depan yang lebih nyaman tetapi juga mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan kesabaran. 

Mengajarkan kebiasaan menabung sejak dini akan jauh lebih mudah daripada memperbaiki kebiasaan jangka panjang di kemudian hari, jadi cobalah untuk memulainya sedini mungkin.


Tip #3: Modelkan Kebiasaan Berbelanja yang Baik.

Saat Anda mengajari anak-anak Anda tentang uang, penting untuk mempertimbangkan hal-hal yang Anda lakukan dengan uang Anda sendiri. 

  • Apakah Anda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan atau tidak penting? 
  • Apakah Anda menabung untuk kebutuhan masa depan? 
  • Apakah Anda membayar keperluan yang tidak sangat diperlukan? 
  • Apakah keuangan Anda dengan pengeluaran yang boros?

Nah, untuk orang tua yang mau mengajarkan anak untuk menabung sejak dini dengan baik, cobalah simak beberapa saran cara mencobanya di bawah ini. Yuk simak.


Oke Berikut Ini Beberapa Cara Mengajarkan Anak Anda Menabung Sejak Dini dengan Baik.

1. Berikan Penjelasan tentang Uang.

Anak anak tidak secara otomatis memahami apa artinya uang. Jadi disinilah peran orang tua untuk mengenalkan kepada mereka apa itu uang, bagaimana caranya mengelola uang dan manfaat yang mereka rasakan jika menyimpan uang dengan cara menabung. Uang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari hari dan berbagai keperluan lainnya.

Meskipun demikian, Anda juga bisa menjelaskan bahwa uang memang penting tapi bukan yang paling penting dalam hidup. Sehingga mereka bisa lebih menghargai uang dan menggunakan uang seperlunya saja dan tidak langsung dihabiskan.


2. Melibatkan Anak saat Mengeluarkan Uang.

Orang tua bisa mengajak anak untuk berbelanja, disini anak bisa belajar dan memahami secara langsung bahwa uang adalah media yang digunakan untuk membayar kebutuhan sehari hari. 

Perlihatkan juga bahwa uang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok atau kebutuhan yang penting terlebih dahulu.


3. Memberikan Anak Celengan.

Setelah melibatkan anak saat mengeluarkan uang, perlihatkan juga bagaimanaAnda bisa menyisihkan uang untuk ditabung atau disimpan. Setelah itu, cobalah untuk membelikan anak celengan, lalu sarankan dia untuk melakukan hal yang sama juga. 

Celengan bisa menjadi tempat yang aman untuk anak menyimpan uang. Supaya anak termotivasi untuk senang menabung cobalah belikan celengan dengan motif atau karakter kartun yang ia sukai.


4. Memberikan sebuah Contoh.

Sudah disinggung dipoin sebelumnya, bahwa penting sekali sebagai orang tua untuk memberikan contoh kepada anak anak tentang menabung. 

Anak anak cenderung meniru apa yang orang terdekatnya lakukan, apalagi kalau mereka melihat orang tua mereka melakukannya dengan senang hati dan ceria. Oleh sebab itu, sebagai orang tua berupayalah bijak dalam mengelola uang karena anakAnda akan mengikuti teladan yang Anda berikan.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum dengan Benar Tepat dan Efektif.


5. Tidak Mengikuti Semua Keinginan Anak.

Memanjakan anak bukanlah suatu hal yang salah, yang salah adalah ketika kita terlalu memanjakannya. Misalnya orang tua memberikan semua yang anak minta, bukan hanya apa yang mereka butuhkan tapi semua yang mereka inginkan. Perilaku ini tidak bisa membantu anak untuk belajar caranya mengelola uang. Cobalah batasi dan jangan berikan semua yang anak minta.

Beri anak anak pengertian bahwa segala sesuatu tidak bisa di dapat secara instan. Untuk mendapatkannya dibutuhkan kerja keras, kesabaran dan semangat. 

Jika mereka menginginkan sesuatu, orang tua bisa menyarankan mereka untuk menabung secara konsisten. Dimana hasil dari menabung tersebut bisa digunakan untuk membeli apa yang mereka inginkan.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas tentang cara mengajarkan anak untuk menabung sejak dini dengan baik. Meskipun hal ini sederhana, tapi ketahuilah bahwa manfaat yang anakAnda rasakan karena didikan orang tuanya akan sangat berharga. 

Seiring perkembangannya, anak akan memahami pentingnya menabung dan meraih sesuatu dengan usahanya sendiri. Semoga bermanfaat.