Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Jaringan WiFi atau Hotspot di Android

trik cara mempercepat koneksi internet pada jaringan wifihotspot di Android
cara mempercepat koneksi internet jaringan wifi hotspot android

Sekarang ini dalam berselancar di dunia internet dengan laptop banyak sekali kita dengan menggunakan bantuan koneksi internet melalui hotspot atau WiFi.

Pada awal pertama ketika kita berinternet dengan menggunakan laptop, boleh kita membutuhkan kabel data ataupun kabel yang dihubungkan ke perangkat telepon atau menggunkan telepon di rumah.

Cara Menggunakan jaringan internet di laptop, sama seperti yang dilakukan pada wartel atau warung telepon yang digunakan dahulu sebelum ada banyak ada HP dan sampai sekarang sudah bermunculan HP sistem operasi Android dan Smartphone sistem operasi iOS ataupun ada juga Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Seperti yang kita temui ataupun kita lakukan pada beberapa tahun yang lalu, kita bisa berinternet di laptop dengan menggunakan bantuan jaringan koneksi internet melalui perangkat telepon rumah, dan caranya sangat sederhana hanya kita menghubungkan atau mencolokkan kabel dari perangkat laptop ke perangkat telepon atau pun juga sebaliknya. 

Perlu kita ingat juga, sebelum munculnya HP Android, cara internet di laptop menggunakan jaringan koneksi internet di HP sudah bisa kita lakukan,tetapi disini kita membutuhkan sebuah modem yang berbentuk HP. 

Cara berinternet di Laptop dengan sebuah modem HP. 

Contoh HP yang bisa dijadikan modem salah satunya dahulu yaitu Nokia e63, karena pada perangkat HP Nokia e63 terdapat sebuah fitur yang bisa digunakan untuk modem atau perangkat yang bisa menghubungkan jaringan koneksi internet.

Namun dengan kemajuan teknologi informasi yang kita gunakan kita nikmati dan kita rasakan sampai sekarang ini, sudah tidak asing lagi cara berinternet di perangkat laptop dengan menggunakan jaringan koneksi internet melalui jaringan WiFi ataupun hotspot. 

Cara berinternet di laptop tanpa menggunakan modem ataupun kabel data.

Dan yang lebih simple, sederhana dan mudah kita lakukan bagaimana cara berinternet di laptop saat ini kita bisa menggunakan melalui fitur hotspot ataupun WiFi dengan menggunakan jaringan koneksi data internet di HP Android ataupun Smartphone.

Kenapa dibilang simple sederhana dan mudah dilakukan kita bisa berinternet di laptop hanya melalui fitur jaringan hotspot ada WiFi? ya jelas faktanya demikian, pasalnya kita tidak menggunakan kabel data ataupun kabel sejenisnya yang kita hubungkan melalui laptop ke HP atau juga sebaliknya.

Cara menggunakan hotspot HP untuk Laptop.

Cara berinternet di laptop dengan menggunakan bantuan atau memanfaatkan jaringan koneksi data internet di HP Android ataupun Smartphone kita sangat mudah sekali kita lakukan, yaitu kita hanya mengaktifkan fitur jaringan WiFi yang terletak di sudut kanan bawah pada tampilan laptop kita. 

Setelah kita mengaktifkan fitur jaringan WiFi pada tampilan kanan bawah di laptop, maka sistem jaringan pada laptop akan mendeteksi ataupun mencari hotspot yang aktif di HP Android Advan Smartphone kita, ya tentunya dengan catatan terlebih dahulu kita sudah mengaktifkan atau menghidupkan jaringan hotspot pada HP Android atau Smartphone yang akan kita gunakan sebagai koneksi data jaringan internetnya.

Cara menggunakan hotspot WiFi untuk Laptop.

Jika kita mempunyai perangkat atau modem WiFi di rumah, Kita juga bisa menggunakan Jaringan WiFi tersebut untuk berselancar atau internet di laptop kita.

Caranya pun sangat sederhana dan simpel seperti kita menggunakan jaringan fitur hotspot dari HP ke laptop kita, tetapi bagi Anda yang tidak mempunyai atau tidak memasang perangkat wi-fi di rumah, tentunya Anda bisa menggunakan jaringan hotspot HP Android yang kita hubungkan ke ke laptop kita. 

Cara mempercepat koneksi internet hotspot di Android.

Namun terkadang juga kita sering menemui hal-hal seperti lemotnya jaringan koneksi data, susahnya loading pada internet laptop kita, lamanya browser ataupun Google merespon waktu kita berselancar seperti kita membuka Facebook YouTube dan berbagai jenis software aplikasi sosial media lainnya.

Hal yang seperti ini biasanya kita temui karena terlalu banyak pengguna jaringan hotspot di HP Android kita, perihal ini dimaksud seperti pada HP Android yang dijadikan untuk hotspot sedang dipakai oleh anak kita atau istri kita atau suami kita.

Selain pemakaian HP Android yang dijadikan untuk hotspot, anak ataupun istri kita juga memakai jaringan hotspot Ke HP mereka masing-masing. Maksudnya di sini, satu HP Android utama yang dijadikan koneksi internet hotspot, dipakai lebih dari satu ataupun dua pengguna.

Namun biasanya juga tidak banyak pengguna hotspot pun terkadang jaringan sangat lemot ataupun lelet, seperti habis kuota data ataupun pulsa ataupun juga seperti tidak ada sinyal.

Perlu diingat! pada jaringan hotspot sinyal di laptop, tidak bisa dijadikan sebagai dasar jika sinyal penuh maka koneksi jaringan nya bagus, ini salah pengertian yang sangat besar, pasalnya jaringan hotspot di laptop itu hanya sebagai tampilan bahwa koneksi jaringan hotspot telah terhubung dari laptop ke HP atau pun juga sebaliknya.

Yang perlu kita perhatikan dan dijadikan sebagai dasar, bahwa jaringan sinyal bagus tidaknya terletak pada HP Android kita yang dijadikan sebagai hotspot, karena kita menggunakan bantuan jaringan hotspot dengan kuota data internet pada HP Android yang kita gunakan. 

Cara mempercepat koneksi wifi hotspot di Android, sangat mudah dan sederhana sekali kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Periksa kuota data jaringan pada HP Android Anda apakah masih ataupun sudah habis.
2. Pastikan sinyal pada HP Android Smartphone Anda penuh bagus dan 4G.
3. Usahakan Anda menggunakan jaringan kuota data internet pada provider kartu Telkomsel.
4. Dan yang terakhir ini yang paling penting coba anda hapus sampah atau cache pada HP Android Anda.


Dari pengalaman penulis biasanya pada poin nomor empat yang sering dilakukan dan hasilnya sangat memuaskan, yaitu apabila koneksi internet lambat alhasil setelah menghapus semua sampah maka semua aktivitas browsing atau internet sudah normal kembali ataupun dengan kecepatan yang sangat normal. 

Perlu diingat Anda harus mengulangi atau sesering mungkin menghapus sampah lewat aplikasi hapus sampah ataupun melalui cara sederhana ataupun manual seperti pada penjelasan cara hapus sampah sampai ke akar-akarnya dijamin work dan ampuh di sini

Intinya cara mempercepat jaringan hotspot atau mempercepat koneksi hotspot WiFi Android, Yang kita pakai melawan laptop ataupun sesama HP, sangat mudah sekali atau sangat sederhana sekali dengan hasil jaringan koneksi data tidak akan lambat lagi.

Demikianlah cara mempercepat koneksi jaringan hotspot di Android, yang kita lakukan ataupun kita gunakan berinternet baik melalui HP ataupun melalui perangkat laptop dengan ataupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.